Kilas Balik Euro 2000: Prancis Rebut Gelar Kedua di Turnamen Ikonik

Pada partai pamungkas penuh drama, Timnas Prancis mengalahkan Italia melalui gol emas.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 04 Jun 2024, 23:10 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 12:00 WIB
FOTO: Kisah Ritual Unik Laurent Blanc Kecup Kepala Fabian Barthez Berlanjut, Prancis Juara di Piala Eropa 2000
Prancis sukses keluar sebagai jawara Piala Eropa 2000 berkat gol emas David Trezeguet saat mengalahkan Italia 2-1 pada partai final. (AFP/Philippe Huguen)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa yang kini memakai nama Euro terus menggoreskan sejarah. Kompetisi ini jadi kompetisi sepak bola besar pertama yang memiliki dua tuan rumah.

Belgia dan Belanda dipilih sebagai penyelenggara mengalahkan Spanyol serta Austria yang juga berminat.

Hadirnya dua tuan rumah membuat kualifikasi Euro 2000 hanya menyediakan 14 tiket. Norwegia lolos untuk pertama kali, ironisnya hingga kini masih tercatat sebagai satu-satunya penampilan mereka di kompetisi.

Fase awal turnamen menghadirkan dua grup neraka. Di Grup A, Portugal dan Rumania membuat kejutan dengan menyisihkan Jerman dan Inggris. Sementara Belanda dan Prancis mampu meredam ancaman kuda hitam Republik Ceko dan Denmark.

Turut melaju ke babak gugur Italia, Turki, Spanyol, dan Yugoslavia. Ketatnya persaingan membuat Belgia jadi penonton di rumah sendiri.

Prancis melaju ke partai puncak seusai menyisihkan Spanyol dan mengakhiri laju Portugal. Mereka bertemu Italia di final yang membekuk Rumania serta Belanda.

Pada partai pamungkas penuh drama, Timnas Prancis menyamakan kedudukan lewat Sylvain Wiltord pada injury time babak kedua. David Trezeguet kemudian memastikan kesuksesan Les Bleus melalui gol emas. Prancis pun merebut gelar kedua menyusul prestasi 1984.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bintang Euro 2000

Foto: 5 Pemain yang Gagal Meraih Ballon d'Or saat Menjuarai Euro Bersama Timnas, Pertanda Buruk Bagi Wakil Italia?
Zinedine Zidane. Peraih trofi Euro 2000 bersama Timnas Prancis ini juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di akhir turnamen. (AFP/Patrick Hertzog)

Zinedine Zidane mencetak dua gol pada final Piala Dunia 1998 untuk membawa Prancis berjaya. Namun, torehan tersebut tidak membuahkan gelar pemain terbaik.

Di Euro 2000, Zidane bersinar sepanjang turnamen dan kerap menentukan kesuksesan Les Bleus. Termasuk kala mengkonversi penalti pada tambahan waktu semifinal melawan Portugal yang berbuah gol emas kemenangan 2-1.

 


Fakta Menarik Euro 2000

FOTO: 6 Kiper Hebat Yang Gagal Menggantikan Posisi Gianluigi Buffon di Timnas Italia
3. Francesco Toldo. Satu-satunya kiper yang mampu merebut posisi Gianluigi Buffon saat mengalami cedera jelang Putaran Final Euro 2000 dan membawa Italia finish di posisi ke-2 di turnamen tersebut. Buffon kembali jadi pilihan utama setelah Kualifikasi PD 2002. (AFP/Patrick Hertzog)
  • Grup D Euro 2000 berisi para mantan juara yakni Belanda, Prancis, Republik Ceko (sebagai bagian Cekoslovakia), dan Denmark.
  • Prancis menjadi juara Piala Dunia yang kemudian memenangkan Piala Eropa. Hingga kini mereka jadi satu-satunya negara yang mampu melakukannya. Sebanyak tujuh pemain jadi starter di dua final ajang tersebut.
  • Yugoslavia mengimbangi Slovenia pada laga pembuka Grup C meski kehilangan Sinisa Mihajlovic akibat kartu merah di menit ke-60. Saat itu mereka sedang tertinggal 0-3.
  • Kiper Italia Francesco Toldo mementahkan tiga penalti pada semifinal melawan Belanda. Satu terjadi pada waktu normal dan dua di adu penalti.
  • Empat kakak beradik berpartisipasi di Euro 2000. Mereka adalah Patrick dan Daniel Andersson (Swedia), Gary dan Phil Neville (Inggris); Frank dan Ronald de Boer (Belanda), serta Emile dan Mbo Mpenza (Belgia).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya