Hasil Copa America 2024: Diwarnai Drama Adu Penalti, Kanada Kalahkan Venezuela dan Tantang Argentina di Semifinal

Kanada sukses menyegel tiket ke babak semifinal Copa America 2024. Hasil ini diperoleh setelah Les Rouges unggul atas Venezuela dalam pertandingan panjang 8 besar yang berakhir dengan adu penalti di AT&T Stadium pada Sabtu (6/7/2024) pagi WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 06 Jul 2024, 10:33 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 10:22 WIB
Venezuela vs Kanada - Copa America 2024
Jon Aramburu dari Venezuela berebut bola dengan pemain Kanada Jacob Shaffelburg dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 antara Venezuela vs Kanada di Stadion AT&T, Arlington, Texas pada Sabtu (6/7/2024) pagi WIB. Kanada maju ke semifinal setelah mengalahkan Venezuela lewat adu penalti. (Ron Jenkins/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kanada sukses membuat sejarah sekaligus menyegel tiket ke babak semifinal Copa America 2024. Hasil ini diperoleh setelah Les Rouges unggul atas Venezuela dalam pertandingan panjang 8 besar yang digelar di AT&T Stadium pada Sabtu (6/7/2024) pagi WIB.

Timnas Venezuela dan Kanada semula cuma mampu bermain imbang 1-1 hingga akhir injury time babak kedua. Situasi itu memaksa laga berlanjut ke adu penalti, di mana Les Rouges mengunci keunggulan 4-3 atas La Vinotinto.

Menilik jalannya laga, Timnas Kanada memang tak menyia-nyiakan peluang untuk menciptakan keunggulan di babak pertama. Les Rouges yang sejatinya hanya berstatus sebagai debutan mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Venezuela untuk mencetak gol pada menit 13 melalui aksi Jacob Shaffelburg.

Venezuela langsung mencoba mengejar ketertinggalan setelahnya. Akan tetapi hingga pertengahan paruh pembuka, La Vinotinto masih nampak begitu sulit menjebol lini pertahanan Timnas Kanada.

Gempuran cukup aktif sempat diberikan oleh Venezuela memasuki 5 menit akhir waktu normal babak pertama. Jose Salomon Rondon memperoleh peluang di dalam kotak penalti, tetapi header-nya dengan cepat mampu diantisipasi oleh lini belakang Les Rouges.

Kedua tim terus bermain dengan tempo cepat sampai pengujung waktu normal babak pertama. Tambahan waktu 4 menit diberikan wasit di masa injury time, tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Kanada bertahan hingga turun minum.


Babak Kedua Venezuela vs Kanada

Venezuela vs Kanada - Copa America 2024
Tani Oluwaseyi dari Kanada berebut penguasaan bola dengan pemain Venezuela Yordan Osorio dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 di Stadion AT&T di Arlington, Texas pada Sabtu (6/7/2024) pagi WIB. (Sam Hodde/Getty Images/AFP)

Venezuela mencoba mengejar ketertinggalan di babak kedua. Namun, hingga 15 menit pertandingan berjalan pasca turun minum, tak ada gol serta peluang terlalu berbahaya yang berhasil dibuat.

Kebuntuan La Vinotinto baru terpecah pada menit 64. Striker Jose Salomon Rondon berhasil membuat kejutan ketika dia melepas tendangan chip jarak jauh ke paruh lapangan Kanada.

Lini pertahanan Les Rouges kala itu memang sedang kosong. Kiper Maxime Crepeau juga maju agak jauh dari bawah mistar gawang, sehingga bola melaju nyaman ke jaring. Kedudukan sementara berubah menjadi 1-1.

Liam Millar langsung coba mengembalikan keunggulan timnya 3 menit berselang. Pemain yang baru dimasukkan di babak kedua itu mendapat celah untuk mengirim tendangan on-target, tetapi masih terlalu lemah, sehingga mudah diamankan oleh Rafael Romo.

Kanada kembali memperoleh peluang bagus lewat Tani Oluwaseyi pada menit 80. Meski cukup terdesak, posisinya ideal untuk melesakkan bola ke jaring, andai si kulit bundar yang dikirimnya tak sedikit lebih tinggi dari mistar gawang.

Venezuela dan Kanada mulai kehabisan waktu untuk menentukan pemenang. Hingga akhir injury time babak kedua, tidak ada gol baru tercipta. Alhasil laga mau tak mau berlanjut ke adu penalti.


Adu Penalti Venezuela vs Kanada

FOTO Kanada Lolos Semifinal Copa America 2024
Wajah gembira para pemain Kanada menyambut kemenangan atas Venezuela via adu penalti dalam perempat final Copa America 2024, Sabtu (6/7/2024). (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Jose Salomon Rondon mengawali adu penalti Venezuela vs Kanada. Pria yang menyandang status sebagai kapten tim itu mampu menunaikan tugasnya dengan baik, untuk mencetak angak pertama bagi La Vinotinto.

Kanada menyusul lewat aksi Jonathan David. Dia sukses menambah panas adu penalti lantaran aksinya dari titik putih gagal diselamatkan Rafael Romo.

Nasib Venezuela dan Kanada sama-sama buruk di penendang kedua. Tembakan Yangel Herrera melebar dari tiang gawang, yang disusul kegagalan serupa oleh Liam Millar tak lama berselang.

Venezuela dan Kanada kembali berimbang di penendang ketiga. Namun, La Vinotinto gagal lagi di eksekutor keempat. Kanada bisa saja unggul andai tembakan Stephen Eustaquio tak berhasil dibaca Rafael Romo. Situasi ini tak ayal membuat sesi adu penalti kian memanas, apalagi setelah Jhonder Cadiz dan Alphonso Davies sama-sama berhasil menjalankan tugas sebagai eksekutor kelima.

Kanada baru bisa mengunci tiket semifinal setelah memasuki penendang keenam. Wilker Angel dari Venezuela gagal, sementara Ismael Kone menunaikan tugas dengan baik. Hasil ini praktis membuat laga berakhir dengan 4-3 untuk keunggulan Les Rouges, yang mengantar mereka melaju ke semifinal menghadapi sang juara bertahan Argentina.


Susunan Pemain Venezuela vs Kanada

Venezuela vs Kanada - Euro 2024
Salomon Rondon dari Venezuela saat pertandingan perempat final opa America 2024 antara Venezuela vs Kanada di Stadion AT&T di Arlington, Texas pada Sabtu (6/7/2024) pagi WIB. (Sam Hodde/Getty Images/AFP)

Timnas Venezuela: Rafael Romo; Jon Aramburu, Nahuel Ferraresi, Yordan Osorio, Miguel Navarro; Cristian Casseres Jr; Eduard Bello, Jose Martinez, Yangel Herrera, Yeferson Soteldo; Jose Salomon Rondon

Timnas Kanada: Maxime Crepeau; Alphonso Davies, Derek Cornelius, Moise Bombito, Alistair Johnston; Stephen Eustaquio, Jonathan Osorio; Jacob Shaffelburg, Jonathan David, Richie Laryea; Cyle Larin

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya