Dukungan Membara untuk Tim Indonesia di Olimpiade 2024

Tim Indonesia berkekuatan 29 atlet akan mencoba mengharumkan nama bangsa di Olimpiade 2024.

oleh Thomas diperbarui 25 Jul 2024, 22:11 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 14:26 WIB
Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024
Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024

Liputan6.com, Jakarta- Olimpiade 2024 sebentar lagi resmi dimulai pada 26 Juli 2024 meski beberapa cabang olahraga ada yang sudah memulai pertandingan lebih awal. Tim Indonesia yang berkekuatan 29 atlet sebagian besar sudah tiba di Prancis.

Kontingen Tim Indonesia sendiri diberangkatkan secara bertahap sejak awal bulan ini. Pada 13 Juli lalu, para atlet bulutangkis Indonesia telah diberangkatkan menuju Paris. Jonatan Christie dan kawan-kawan berangkat lebih awal karena menjalani training camp di sekitar Paris.

Menyusul kemudian tim panahan bertolak ke Prancis pada 14 Juli, angkat besi pada 22 Juli, dan renang pada 23 dan 24 Juli. Selain itu, tim panjat tebing akan menyusul berangkat ke Paris pada 27 Juli.

Seperti diketahui, kontingen Indonesia sendiri secara resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024) lalu.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta para atlet untuk optimistis dan bersemangat dalam menghadapi pertandingan melawan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia. Presiden memberikan dukungan penuh, sekaligus menekankan pentingnya sportivitas dan kebanggaan mewakili Indonesia di ajang tertinggi dunia tersebut.

Di Olimpiade 2024, Indonesia mengirimkan 29 atlet dari 12 cabang olahraga. Jumlah ini menjadi delegasi terbesar sejak Olimpiade Beijing di 2008 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemeriahan Olimpiade di Indonesia

Atlet Indonesia yang ikut Olimpiade 2024
Atlet Indonesia yang ikut Olimpiade 2024

Sebelumnya, Komite Olimpiade Nasional (NOC) telah mengumumkan Aice sebagai Official Ice Cream yang akan mendukung berbagai aspek keberhasilan partisipasi kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris tahun ini. Dalam kesempatan pengumuman pada Jumat (5/7/2024) lalu, Aice menjelaskan bahwa dukungan perusahaan akan berupa beberapa program dan inisiatif.

Kerja sama ini mencakup berbagai program dan inisiatif untuk mendukung atlet, sejak fase persiapan hingga berlangsungnya pertandingan di Olimpiade. Selain itu ada juga dukungan penuh dalam program mengampanyekan kehadiran Indonesia di Olimpiade kali ini.

Yang menarik, Aice akan menjalankan program pembudayaan olahraga lewat pendekatan akar rumput bagi “anak sekolah” dan juga “warga kampung”. Aice di Agustus akan mengadakan “Olimpiade Kampung” dengan melibatkan partisipasi warga dan melibatkan mobilisasi yang dilakukan oleh pengurus RT.


Ajak Masyarakat Dukung Atlet di Olimpiade

Sedangkan dalam “Olimpiade Sekolah” Aice akan melibatkan banyak siswa dalam format pertandingan. Dua program yang akan melibatkan akar rumput di banyak wilayah Indonesia ini sedianya diniatkan untuk membangkitkan semangat anak muda untuk olahraga. Diharapkan kampanye ini mampu mengajak masyarakat memberikan dukungan penuh kepada atlet yang bertanding di Paris sekaligus memperkuat budaya pembibitan olahraga di masyarakat bawah.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Aice ke atlet Olimpiade kita. Ini membuktikan komitmen besar Aice dalam membantu persiapan para atlet Indonesia. Kerjasama ini adalah bukti nyata adanya sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam memajukan olahraga di Indonesia," ungkap Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.


Atlet Indonesia Siap Tempur

Menghadapi Olimpiade 2024, para atlet Indonesia sudah siap tempur seperti yang diutarakan Diananda Choirunisa, atlet panahan.

“Persiapan kami sejauh ini telah mencakup banyak simulasi pertandingan, dan venue latihan kami dibuat semirip mungkin dengan venue di Olimpiade Paris. Jadi, kami sudah 100 persen siap. Untuk seluruh masyarakat Indonesia, mohon doa dan dukungannya agar tim panahan dan tim Indonesia dapat mengibarkan bendera merah putih di tiang tertinggi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebanyak mungkin di Olimpiade Paris 2024. Dengan adanya dukungan dari Aice, kami merasa lebih siap dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik di Olimpiade Paris 2024," kata Diananda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya