Hasil Final Piala AFF U-19 2024: Gol Jens Raven Bawa Timnas Indonesia Bekuk Thailand

Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand di partai puncak.

oleh Thomas diperbarui 29 Jul 2024, 21:29 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 21:25 WIB
Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Final Piala AFF U-19 2024
Pemain Timnas Indonesia U-19, Jens Raven (kanan) berusaha merebut bola dari penguasaan pemain Thailand U-19, Singha Marasa pada laga final Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-19 sukses menjadi juara Piala AFF U-19 2024. Pasukan Indra Sjafri menang tipis 1-0 atas Thailand pada laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024). Penyerang Jens Raven menjadi penentu kemenangan.

Timnas Indonesia U-19 memulai pertandingan dengan baik. Indonesia menekan habis Thailand begitu pertandingan dimulai. Peluang emas pertama baru tercipta pada menit 13. Sayangnya aksi Arlyansyah Abdulmanan masih mampu diblok oleh pemain belakang Thailand.

Semenit kemudian gawang indonesia hampir jebol oleh aksi Thanawut Phochai. Sepakan kerasnya sudah mengecoh Ikram Algiffari. Beruntung si kulit bundar masih membentur tiang gawang.

Di menit 16, Indonesia akhirnya bisa membuka keunggulan lewat gol Jens Raven. Bola sepak pojok disundul oleh Kadek Arel yang memenangi duel dengan pemain belakang Thailand. Bola di mulut gawang kemudian dicocor oleh Jens Raven yang berdiri bebas.

Usai tertinggal, Thailand terus menekan Indonesia. Namun pertahanan timnas Indonesia yang dikomandani Iqbal Gwijangge dan Kadek Arel sangat tangguh mengadang serangan-serangan Thailand.

Indonesia justru hampir menggandakan skor pada menit 28 lewat aksi individu menawan Raven. Namun sayangnya sepakan Raven masih melambung dari gawang Thailand.

Pada pertengahan babak pertama, Indonesia harus kehilangan pemain depan andalannya Muhammad Kafiatur yang mengalami cedera sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Thailand hampir menyamakan skor di menit 35. Tendangan bebas kaki kiri Piyawat Petra membuat Ikram tertipu. Untungnya bola kembali terkena tiang gawang.

Peluang lain didapat Thailand di menit 43 lewat sepakan Thanawut yang memaksa Ikram jatuh bangun mengamankan bola sehingga keunggulan 1-0 Indonesia bisa bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Thailand Gempur Indonesia di Babak Kedua

Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Final Piala AFF U-19 2024
Para pemain starting XI Timnas Indonesia U-19 bersiap jelang dimulainya laga final Piala AFF U-19 2024 menghadapi Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di babak kedua, Thailand mati-matian mengejar ketertinggalan. Untuk menambah daya gedor, Paripan Wongsa dimasukkan menggantikan Caelan Tanadon Ryan.

Namun Thailand sangat kesulitan menembus rapatnya pertahanan Indonesia yang dikomandani Kadek Arel. Thailand terpaksa mencoba melepaskan tendangan jarak jauh. Di sisi lain timnas Indonesia lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat.

Peluang paling matang Thailand tercipta di menit 67 saat sepakan Paripan dari luar kotak penalti masih bisa dibendung oleh Ikram.

Thailand nyaris menyamakan skor di menit 78. Jirapol Saelio melepaskan sundulan dari skema tendangan bebas. Gawang Indonesia masih aman berkat tepisan dari Ikram yang maju dari sarangnya.

Paripan kembali mengancam gawang Indonesia lewat sepakan jarak jauh. Pada menit 86, tendangan Paripan susah payah ditangkap oleh Ikram. Keunggulan 0-1 mampu dipertahankan Indonesia sampai peluit pajang ditiup wasit.


Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19

Indonesia: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Buffon, Dony Tri Pamungkas, Muhammad Mufli Hidayat, Muhammad Iqbal Gwijangge; Welber Jardim, Muhammad Kafiatur, Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya