Final Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Digelar di Jakarta, Tim PON Jawa Timur Putri Diganti GMC

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament akan menggelar final Regional Jawa di Jakarta. Ada perubahan dalam tim peserta.

oleh Thomas diperbarui 16 Agu 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2024, 20:00 WIB
Final Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Digelar di Jakarta
Final Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Digelar di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta- Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 akan digelar Cilandak Town Square, Jakarta Selatan pada Sabtu (17/8/2024). Para peserta sudah tidak sabar menatap laga penentuan. Persaingan sengit akan tersaji karena perubahan regulasi panitia tahun ini.

Pada edisi 2024, pihak penyelenggara hanya mengambil satu tim terbaik di masing-masing kategori di Play In Regional Jawa. Situasi ini membuat peserta yang lolos ke Final Regional Jawa semakin teruji.

Dari 4 Play In yang dilaksanakan di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menghasilkan 20 tim terbaik dari lima kategori. Mulai kategori KU12 Mix, KU15 Putra, KU18 Putra, KU23 Putra, dan KU23 Putri.

Matthew Bryan, salah satu peserta Final Regional Jawa dari klub Berns Basketball 3 yang merupakan peserta di kategori KU23 Putra mengaku, persaingan di Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini lebih seru. Ini karena sejak awal para peserta sudah dihadapkan pada persaingan yang ketat untuk dapatkan tiket Final Regional Jawa.

“Semakin seru perubahan regulasi yang dibuat penyelenggara. Kami jadi terpacu motivasi menang di setiap pertandingan agar bisa sampai di final,” ungkap Matthew yang menjadi juara di KU23 Putra di dua edisi sebelumnya.

Menurut Matthew, persaingan di Final Regional Jawa ini membutuhkan konsentrasi tinggi. Juga persiapan yang matang.

“Untuk bisa juara kami butuh persiapan matang di kerja sama tim dan mental. Semoga nanti bisa juara lagi,” ujar Matthew yang sebelumnya juara bersama Kota Bandung di tahun pertama dan bersama Amo Alfa di tahun kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim PON Jatim Berhalangan Ikut

Final Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Digelar di Jakarta
Final Regional Jawa 3X3 Indonesia Tournament Digelar di Jakarta

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament merupakan kegiatan pembinaan Basket 3X3 yang diselenggarakan oleh PT Supersport Sensation (SSS) International bersama PP PERBASI dan didukung oleh Bank Mandiri Tbk.

Sebagai penyelenggara, PT SSS International yang diwakili penanggung jawab acara Chaerul Anwar Azis mengatakan bahwa dalam babak Final Regional Jawa ini ada perubahan peserta. Perubahan itu terjadi di kategori KU23 Putri.

Tim PON Jawa Timur Putri yang merupakan juara di Play In Regional Jawa Timur memutuskan undur diri di Final Regional Jawa.

Mereka memutuskan undur diri karena jadwal Final Regional Jawa bertabrakan dengan agenda training center (TC) Tim PON Jawa Timur Putri. Mereka menjadwalkan gelar try out ke luar negeri, yaitu Thailand.

Chaerul menghormati putusan Tim PON Jawa Timur Putri dan kemudian mengambil langkah cepat. Chaerul mengatakan bahwa pihak penyelenggara sudah menetapkan tim pengganti.

“Tim PON Jatim Putri digantikan GMC Putri yang merupakan Runner Up Play In Jawa Tengah di Solo. Pemilihan berdasarkan poin FIBA yang dimiliki tim,” jelas Buyo, sapaan karib Chaerul Anwar Azis.

“Tepatnya adalah Poin FIBA yang sudah diakumulasi oleh pemain dalam tim. Jadi bukan di turnamen kita saja sehingga diputuskan lah GMC Putri sebagai pengganti Tim PON Jawa Timur,” lanjutnya.


Persaingan Sengit

Buyo menegaskan, dengan perhatian peserta ini tidak akan mengurangi persaingan menjadi yang terbaik di Mandiri 3X3 Indonesia Tournament.

“Tim yang lolos di Final Regional Jawa ini adalah terbaik dari masing-masing kategori di masing-masing daerah. Jadi final ini merupakan persaingan tim terbaik. Mereka telah berjuang keras untuk sampai di sini dan mereka dipastikan akan lebih semangat jadi yang terbaik di Final Regional Jawa,” tegas Buyo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya