Hasil BRI Liga 1 Semen Padang vs PSS Sleman: Taklukkan Super Elja, Kabau Sirah Petik Kemenangan Perdana

Semen Padang sukses memetik kemenangan perdananya di BRI Liga 1 2024/2025 setelah mereka unggul tipis 1-0 atas PSS Sleman dalam matchday ketiga yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, pada Senin (26/8/2024).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 26 Agu 2024, 17:37 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 17:37 WIB
Foto: Borneo FC Gulung Semen Padang di BRI Liga 1 2024/2025
Semen Padang sukses memetik kemenangan perdananya di BRI Liga 1 2024/2025 usai menghajar PSS Sleman 1-0 pada Senin (26/8/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Semen Padang sukses memetik kemenangan perdananya di BRI Liga 1 2024/2025. Kepastian ini didapat setelah mereka unggul tipis 1-0 atas PSS Sleman dalam pekan ketiga yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, pada Senin (26/8/2024).

Adalah Kenneth Ngwoke yang jadi bintang kemenangan Kabau Sirah dalam laga kali ini. Dia mencetak gol semata wayang dari titik putih pada menit ke-4, yang gagal diseimbangkan Super Elang Jawa hingga peluit panjang berbunyi.

Menilik jalannya laga, Semen Padang memang cukup agresif mengganggu pertahanan PSS Sleman sejak babak pertama. Gol pembuka langsung tercipta pada menit ke-4 usai Kabau Sirah mendapat hadiah tendangan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Kenneth Ngwoke.

Tim racikan Hendri Susilo kembali mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-16. Dodi Alekvan Djin mencoba melakukan eksekusi langsung, tetapi gagal berbuah gol lantaran bola yang ditembakkannya masih membentur tiang gawang.

Super Elang Jawa berupaya membalas setelahnya. Hokky Caraka mulai menunjukkan taring sebagai striker timnya, tetapi hingga cooling break, belum ada gol penyeimbang yang mampu diciptakan.

Gol kedua Semen Padang sudah ada di depan mata pada menit 42. Salah seorang penggawanya menembak bola, tetapi gagal menembus jaring kawalan Ega Rizky sebab si kulit bundar lagi-lagi membentur tiang gawang.

Kenneth coba menjangkau bola untuk mengembalikannya ke gawang PSS Sleman. Akan tetapi, upaya backheel yang dia lakukan tak berakhir baik sebab posisi sang pemain memang tidak ideal. Dia nampak mengalami keram sesaat setelahnya. Kenneth kemudian dinyatakan tak bisa melanjutkan permainan akibat cedera.

Tak ada perubahan yang terjadi di pengujung babak pertama. Cardoso nyaris menyamakan kedudukan saat injury time, tetapi bola dimentahkan tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Semen Padang bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Semen Padang vs PSS Sleman

Hokky Caraka
Pemain PSS Sleman, Hokky Caraka beraksi dalam laga versus Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/8/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kebuntuan masih menyelimuti duo kesebelasan di awal babak pertama. Tak ada gol tambahan tercipta hingga pertandingan berjalan lebih dari 50 menit.

Semen Padang sempat menggandakan keunggulan pada menit 58. Ryohei Michibuchi yang sebelumnya dimasukkan sebagai pengganti Kenneth di babak pertam melepas tendangan melengkung yang mengarah ke tiang jauh usai memanfaatkan backheel Cornelius Stewart

Kiper PSS Sleman Ega Rizky tak mampu menjangkau bola untuk melakukan penyelamatan. Keuntungan bagi Super Elja lantaran gol tersebut dianulir setelah wasit melakukan pengecekan VAR. Stewart sudah berada pada posisi offside sebelum memberi umpan kepada pemain Jepang.

Kabau Sirah tertimpa nestapa di menit 74. Alih-alih mendapat gol kedua, satu lagi pemain pentingnya Firman Juliansyah justru harus ditarik keluar akibat meengalami cedera. Ramadhan lantas dimasukkan sebagai pengganti.

Kevin Gomes sempat coba membahayakan pertahanan Semen Padang di menit 78. Dia mengirim crossing yang diteruskan dengan heading oleh Tocantins, tetapi Cawor yang diharapkan mampu menuntaskan aksi dengan menjebloskan bola ke gawang malah gagal menjangkau si kulit bundar.

PSS Sleman tak kunjung berhasil menemukan solusi untuk mencetak angka penyeimbang di 5 menit akhir pertandingan waktu normal. Hingga akhir injury time, PSS Sleman masih buntu. Skor 1-0 bertahan sampai bubaran, yang sekaligus menandai kemenangan pertama buat Semen Padang di BRI Liga 1 2024/2025.


Susunan Pemain Semen Padang vs PSS Sleman

Foto: Penampakan Wasit Asing di Pekan Perdana BRI Liga 1 2024 / 2025
PT LIB dan PSSI menepati janjinya untuk memakai jasa wasit asing untuk kompetisi BRI Liga 1 2024 / 2025. Laga pekan perdana antara Semen Padang vs Borneo FC dipimpin oleh wasit asing asal Yordania Adham Mohammad Tumah. (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Semen Padang: Mochammad Dicky; Frendi Saputra, Tin Martic, Kim Min-kyu, Jan Vargas, Dodi Alekvan Djin; Firman Juliansyah, Rosad Setiawan, Bruno Dybal; Kenneth Ngwoke, Cornelius Stewart

PSS Sleman: Ega Rizky; Achmad Figo, Fachrudin Aryanto, Cleberson, Phil Ofosu-Ayeh; Moon Chang-jin, Betinho, Wahyudi Hamisi; Nicolao Cardoso, Hokky Caraka, Danilo Alves


Posisi Semen Padang di BRI Liga 1 2024/2025

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya