Perkuat Timnas E-Basketball Indonesia, Perbasi Ingin Kompetisi Rutin Digelar 3 Kali Setahun

Turnamen e-basketball akan rutin digelar untuk menjaring talenta guna memperkuat timnas e-basketball Indonesia. Filipina menjadi lawan terberat.

oleh Thomas diperbarui 02 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 12:00 WIB
Perkuat Timnas E-Basketball Indonesia, Perbasi Ingin Kompetisi Rutin Digelar 3 Kali Setahun
Perkuat Timnas E-Basketball Indonesia, Perbasi Ingin Kompetisi Rutin Digelar 3 Kali Setahun

Liputan6.com, Jakarta- Tak cuma timnas basket konvensional yang diperkuat, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) juga memperkuat Timnas E-Basketball Indonesia. Perbasi bakal menggalakan turnamen e-basketball guna menjaring talenta yang memperkuat timnas e-basketball Indonesia.

Salah satunya ajang pencarian bakatnya adalah E-Basketball Championship 2024 yang resmi digelar di Gamer’s Paradise Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 31 Agustus 2024. Kejuaraan bentukan Bidang Esports PP Perbasi itu itu diikuti 64 peserta terpilih dari ratusan pendaftar.

Kejuaraan berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga momen penentuan pemenang pada 23.35 WIB. Kejuaraan menyajikan total hadiah Rp 10 juta.

“Ini kejuaraan offline yang pertama kami adakan. Tidak menutup kemungkinan akan ada kejuaraan-kejuaraan lainnya di kemudian hari. Kami ingin bangkitkan skena E-Basketball dan mencari potensi untuk memperkuat Timnas E-Basketball ke depan,” terang Ketua Bidang Esports PP PERBASI Pasya Marta Putra dalam sambutannya.

“Terima kasih untuk para peserta. Animonya luar biasa. Bahkan kami harus menolak pendaftaran karena keterbatasan tempat dan demi efektifitas pelaksanaan,” lanjutnya.

Pasya menjelaskan, peserta yang datang ke Gamer’s Paradise untuk ikuti kejuaraan ini tidak hanya berasal dari Jabodetabek. Bahkan tercatat ada yang datang dari Semarang, Surabaya, Bandung, hingga Papua.

“Kami berharap ke depan bisa mencetak Professional Player lebih banyak lagi, sekaligus menghidupkan skena E-Basketball di daerah-daerah. Sehingga akan banyak talenta dan memperkuat Timnas E-Basketball kita,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keinginan Perbasi

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menyambut baik ajang ini. Indonesia memang butuh banyak kegiatan untuk menambah jam terbang dan meningkatkan kualitas sekaligus memperbanyak referensi untuk menguatkan Timnas E-Basketball ke depan.

“Kita ingin mengejar target kita menjadi juara di level Asia Tenggara maupun Asia. Kita harus bisa melewati Filipina sebagai papan atas E-Basketball Asia. Sekaligus menatap persaingan di level dunia. Ke depan, kita akan dorong memperbanyak kegiatan-kegiatan seperti ini. Semua untuk Indonesia,” tegas Nirmala.

“Kegiatan seperti ini bagus untuk talent scouting kita, untuk mencari bibit-bibit baru lagi yang lebih profesional. Minimal acara seperti ini diadakan 2-3 kali dalam setahun karena kurang kalau hanya setahun sekali,” lanjut Nirmala.


Timnas E-Basketball Indonesia Ikut Kejuraan eFIBA Season 2

Pada pelaksanaan E-Basketball Championship ini dihadiri selain Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi juga ada Waketum Bidang Marketing dan Komunikasi PP Perbasi Eddi Dhanusaputro, dan Ketua Bidang Legal, Etik, Disiplin PP Perbasi George Fernando Dendeng juga Ketua Bidang Esports PP Perbasi Pasya Marta Putra. Juga perwakilan LPDUK Mia Audina.

Dalam kejuaraan ini, tiga peserta akhirnya keluar sebagai pemenang. Untuk juara ditempati Sean Oliver yang berhak dengan hadiah Rp 5.500.000.

Kemudian posisi runner up ditempati Raja Fernando Siahaan yang membawa pulang hadiah Rp 3.000.000. Lalu peringkat ketiga ditempati Muhammad Althaf yang berhak atas hadiah Rp 1.500.000.

Dalam kesempatan ini, juga diperkenalkan skuad Timnas E-Basketball Indonesia. Mereka pada November 2024 akan bersaing di eFIBA Season 3 2024.

Pada eFIBA Season 2 Regional Asia, Timnas E-Basketball Indonesia menjadi runner-up.

Skuad Timnas E-Basketball saat ini diperkuat oleh Herdanto Antaris Purnomo, Davin Sean Oliver, Muhammad Ikram Setiadi, Farrellino Athar Nasution, dan Samuel Yonathan Sinaga. Sementara manajer didapuk oleh Pasya Marta Putra.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya