Diusung 28 Pengprov, Keponakan Prabowo Berpeluang Jadi Calon Tunggal Ketum Perbasi

Untuk menjadi caketum Perbasi, butuh 15 surat dukungan dari Pengprov. Total Pengprov aktif Perbasi saat ini 31.

oleh Thomas diperbarui 20 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 18:00 WIB
Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi
Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi (Liputan6.com/Thomas)

Liputan6.com, Jakarta- Keponakan Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono akhirnya benar-benar maju menjadi calon ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2024-2028. Budi sudah menyerahkan berkas-berkas dan melengkapi persyaratan untuk menjadi ketum Perbasi pada Jumat (20/9/2024).

Budi bahkan berpeluang besar menjadi calon tunggal ketum Perbasi 2024-2028. Pasalnya dia mendapat dukungan dari 28 pengprov Perbasi. Saat ini Perbasi memiliki total 31 pengprov yang aktif.

Dukungan 28 pengprov ini membuat calon lain yang ingin maju mustahil memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Untuk menjadi calon ketum Perbasi, diperlukan setidaknya 15 dukungan pengprov. Kedatangan Budi diterima langsung Ketua Tim Penjaringan Setia Dharma Madjid yang didampingi Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.

"Saya barusan menyerahkan berkas pencalonan saya sebagai ketum Perbasi. Sudah kami serahkan ke tim penjaringan pak Darma. Saya ditemani oleh para ketua Pengprov Perbasi, ada 19 orang yang datang menemani saya langsung," tutur Budi.

Budi Djiwandono berjanji akan meneruskan perjuangan dan dedikasi ketua Perbasi sebelumnya Danny Kosasih yang baru meninggal dunia pada awal September 2024. Danny sendiri memang akan berakhir masa kepengurusannya pada Oktober nanti dan sudah tidak bisa mencalonkan diri karena telah memimpin dua periode.

"Insyaallah saya bisa menirukan teladan dan meneruskan perjuangan serta dedikasi pak Danny yang tiada hentinya pada bola basket nasional," kata Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendaftaran Caketum Perbasi Dibuka Sampai 23 September 2024

Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi
Budi Djiwandono maju sebagai calon ketua umum Perbasi (Liputan6.com/Thomas)

Meski Budi sudah mendapat dukungan dari 28 pengprov dengan satu pengprov akan segera menyusul memberikan surat dukungan, Tim Penjaringan masih menunggu hingga hari Senin 23 September 2024 untuk menetapkan calon ketum Perbasi 2024-2028.

"Sejauh ini baru satu calon yang mengembalikan formulir. Masih ada waktu sampai Senin untuk calon lain mengembalikan formulir. Jika tidak ada lagi kita tutup dan tanggal 25 kita sampaikan hasil siapa yang maju sebagai calon ketum Perbasi," ujar Setia.

Tim Penjaringan menyatakan Budi sejauh ini sudah memenuhi persyaratan mencalonkan diri menjadi ketum Perbasi. Selain dukungan dari 28 pengprov, Budi juga sudah menyerahkan uang deposit Rp 500 juta yang wajib dipenuhi setiap calon ketum.

Beberapa pengprov Perbasi yang memberikan dukungan kepada Budi antara lain Nusa Tenggara Barat, Banten dan Jawa Timur. Bahkan ketua Perbasi Jatim Evi Ekawati yang sempat akan mencalonkan diri menjadi ketum kini ikut memberikan dukungan untuk Budi.

"Setelah melihat mas Mudi mau menjalankan amanah yang awalnya masuk bursa saya banting stir mendukung penuh," tutur Evi.


Calon Pesaing Budi Djiwandono

Sebenarnya ada dua orang yang mengambil formulir pencalonan ketua umum Perbasi. Selain Budi, ada Yos Paguno. Namun belum jelas apakah Yos akan melanjutkan pencalonan setelah melihat Budi mendapatkan dukungan dari 28 pengprov Perbasi.

Pemilihan ketua umum baru PP Perbasi periode 2024-2028 akan dilakukan pada 28-30 Oktober 2024 di Jakarta. Proses pendaftaran sudah dimulai pada Agustus ini dengan pengambilan formulir diilakukan pada 14 Agustus sampai 23 Agustus 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya