Bukan Cuma Guardiola, FA Inggris Sempat Dekati Sosok Lain Sebelum Tunjuk Thomas Tuchel Jadi Pelatih Timnas

FA Inggris rupanya sempat mendekati sosok pelatih papan atas lain di samping Pep Guardiola terkait prospek menukangi tim nasional, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada eks manajer Chelsea dan Bayern Munchen Thomas Tuchel.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 18 Okt 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 06:30 WIB
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti
Selain juru taktik Manchester City Pep Guardiola, FA Inggris diisukan turut mendekati pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti terkait prospek menukangi tim nasional, sebelum mereka pada akhirnya menunjuk Thomas Tuchel untuk menjadi suksesor Gareth Southgate di The Three Lions. (AFP/Oscar Del Pozo)

Liputan6.com, Jakarta - FA Inggris rupanya sempat menghubungi sosok pelatih top lain, di samping Pep Guardiola, sebelum menunjuk Thomas Tuchel untuk menjadi suksesor Gareth Southgate di tim nasional.

Laporan yang dilansir dari SportsMole mengeklaim asosiasi sepak bola Inggris turut mengontak manajer Real Madrid Carlo Ancelotti terkait peluang menukangi skuad The Three Lions.

Sebagaimana diketahui, Tuchel sendiri baru saja diumumkan sebagai juru taktik baru bagi Harry Kane dan kawan-kawan pada Rabu (16/10/2024) pagi waktu setempat.

Pengangkat tersebut sekaligus mengakhiri penantian tiga bulan Timnas Inggris, yang sementara ini ada di bawah asuhan pelatih interim Lee Carsley, sejak cabutnya Southgate menyusul kekalahan dari Spanyol di final Euro 2024.

CEO FA Mark Bullingham lantas terang-terangan mengakui pihaknya sempat mewawancarai sekitar 10 manajer untuk menjadi kandidat pelatih baru Timnas Inggris, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada Tuchel.

Nama Carlo Ancelotti pun kabarnya muncul sebagai salah satu calon yang didekati, mengingat juru taktik Los Blancos cukup familair dengan atmosfer sepak bola Inggris usai dua kali bertugas di klub Premier League Chelsea dan Everton.

Malahan di tim pertama, Ancelotti tercatat pernah mempersembahkan gelar liga, Piala FA, serta trofi Community Shield bagi klub London Barat

Eks Pemain Inggris Buka-bukaan soal Upaya FA Dekati Ancelotti

FOTO Real Madrid Juara Liga Champions 2023/2024
Carlo Ancelotti dan para pemain Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions 2023/2024, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. (GLYN KIRK / AFP)

Adalah eks pemain Inggris Gary Lineker yang buka-bukaan soal upaya FA mendekati Carlo Ancelotti sebelum penunjukan Thomas Tuchel sebagai manajer baru tim nasional.

Asosiasi sepak bola Inggris disebut terkesan dengan CV Ancelotti, dan sempat berencana menjadikan dia sebagai pelatih Italia kedua yang menukangi Timnas Inggris setelah Fabio Capello bertugas pada 200 hingga 2012.

"Tampaknya sudah dipastikan bahwa mereka (FA Inggris) memang menghubungi Pep Guardiola pada musim panas. Dan saya juga mengetahui bahwa mereka tuurt berbicara kepada Carlo Ancelotti," ungkapnya dalam podcast The Rest is Football, sebagaimana dinukil dari SportsMole.

Timnas Inggris Bukan Satu-satunya yang Coba Rekrut Carlo Ancelotti

Foto: Deretan 5 Pelatih Top Italia Terakhir yang Berkiprah di Liga Inggris, Brighton Datangkan Nama Baru
Carlo Ancelotti. Pelatih berusia 63 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membesut Real Madrid di periode keduanya ini tercatat pernah menangani 2 klub di Liga Inggris, yaitu Chelsea dan Everton. Ia mengarsiteki Chelsea selama 2 musim pada 2009/2010 dan 2010/2011. Sementara bersama Everton ia bertahan selama 1,5 musim mulai pertengahan musim 2019/2020 hingga akhir musim 2020/2021. (AFP/Pool/Peter Powell)

Sementara itu, Timnas Inggris bukan satu-satunya negara yang pernah coba merekrut pelatih pemenang gelar LaLiga dan Liga Champions 2023/2024 bersama Real Madrid itu.

SportsMole mengungkap Carlo Ancelotti sempat diyakini telah mencapai kesepakatan untuk menjadi manajer Brasil menyusul adanya keterkaitan kuat antara dia dengan Selecao.

Akan tetapi, juru taktik asal Italia mendadak membuat manuver kejutan dengan memperpanjang kontrak bersama Real Madrid.

Ancelotti sendiri juga mengakui bahwa dirinya sempat berkontak dengan presiden asosiasi Brasil, Ednaldo Rodrigues, sekitar pengujung 2023, sebelum membuat keputusan akhir untuk bertahan di Los Blancos.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya