Puasa Bukan Alasan Kekalahan Indonesia dari Arsenal

"Kalau puasa tidak masalah dan tidak mempengaruhi pertandingan. Kepercayaan diri yang saya lihat menjadi masalah," ujar Jacksen.

oleh jeffrey diperbarui 15 Jul 2013, 01:40 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2013, 01:40 WIB
jaksen-130715a.jpg
Pelatih Tim Nasional Indonesia Dream Team Jacksen F. Tiago mengungkapkan, kekalahan telak 0-7 dari Arsenal, dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (14/7/2013), tidak ada kaitannya dengan puasa yang dijalani sebagian besar anak asuhannya.

Namun, yang menjadi masalah adalah kepercayaan diri anak asuhannya hingga mempengaruhi jalannya laga. Akibatnya Indonesia Dream Team menelan kekalahan telak.

Seperti diketahui, pertandingan diselenggarakan bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan dan mayoritas pemain timnas adalah umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Kalau puasa tidak masalah dan tidak mempengaruhi pertandingan. Kepercayaan diri yang saya lihat menjadi masalah. Mereka tidak percaya diri untuk memegang bola karena nama besar Arsenal," kata Jacksen usai pertandingan.

Sementara itu, pelatih berdarah Brasil ini berencana melakukan pembicaraan dengan pengurus PSSI untuk meningkatkan mental bertanding pemain timnas. Sehingga ke depannya, pemain bisa bermain lebih baik lagi.

"Secara mental, kita kembalikan kepada individu masing-masing untuk tetap percaya diri. Dan apa yang kita lakukan dalam latihan, akan berbuah positif ke depannya," tambahnya. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya