Cek Fakta: Hoaks Soimah Bagi-Bagi Rp 500 Ribu untuk Tahun Baru

Beredar kabar hoaks Soimah bagi-bagi Rp 500 ribu untuk tahun baru lewat akun Facebook.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 28 Des 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2020, 20:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Soimah Bagi-Bagi Rp 500 Ribu untuk Malam Tahun Baru (sumber: Facebook)
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Soimah Bagi-Bagi Rp 500 Ribu untuk Malam Tahun Baru (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah untuk tahun baru beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah pada (28/12/2020).

Akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit 36 detik.

Dalam video tersebut, terlihat artis Soimah tengah menyantap hidangan sambil menyapa penggemarnya lewat rekaman video.

Di samping video itu terdapat gambar abstrak. Akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah lalu meminta warganet untuk menebak angka yang tersembunyi di dalam gambar abstrak tersebut, kemudian menuliskannya di kolom komentar.

"SPESIAL UNTUK TAHUN BARU bagi bagi🎉🎉

500 Orang pertama yang berhasil menebak Angka dengan benar akan mendapatkan UANG tunai 500.000 ribu rupiah dari saya. Lakukan sekarang semoga kamu beruntung," tulis akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah.

Benarkah Soimah bagi-bagi hadiah Rp 500 ribu untuk tahun baru? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah untuk tahun baru lewat akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah.

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram resmi yang dikelola Soimah, @showimah.

Dalam salah satu unggahannya, Soimah membantah bahwa pihaknya membagikan uang Rp 500 ribu untuk tahun baru lewat akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah.

Akun Instagram @showimah juga mengunggah gambar tangkapan layar konten yang diunggah akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @showimah

"Halo gaes, jangan mudah percaya kalo ada akun abal2 yg meng atas namakan saya, sy gak pernah bikin2 give away apalagi yg katanya live, kebetulan saudara sy dan teman sy iseng2 mantau dan kroscek ke saya,🤣🤣🤣 heii ... akun g*bl*k, jgn menjadi penipu pake nama orang ya, nanti kamu bakalan kena karma di tipu sama orang lho, untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu, karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya ya🙏," tulis akun Instagram @showimah.

 

 


Kesimpulan

Kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah untuk tahun baru lewat akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah ternyata tidak benar atau hoaks.

Faktanya, Soimah tidak pernah membagi-bagikan hadiah berupa uang tunai lewat media sosial. Akun Facebook Soimah Pancawati live bagi bagi hadiah bukan akun resmi yang dikelola Soimah.

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya