6 Hoaks Terkini, dari Richard Eliezer sampai Ahok

Simak 6 hoaks terkini yang beredar di tengah masyarakat.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 02 Mar 2023, 15:26 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 13:00 WIB
Cek Fakta Jumatan
Cek Fakta Menag Yaqut akan pindahkan sholat Jumat ke hari Sabtu.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks masih menjadi masalah di tengah perkembangan era digital, sebab dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat hingga negara.

Kabar bohong tersebut tentu harus dihindari agar kita tidak dirugikan karena mempercayainya, salah satunya dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi viral yang beredar di tengah masyarakat, hasilnya sebagian terbukti tidak benar.

Simak 6 hoaks terkini yang beredar di tengah masyarakat.

1. Richard Eliezer Dipanggil Jokowi ke Istana, Dijanjikan Naik Jabatan

Kabar tentang terdakwa kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Richard Eliezer dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan dan dijanjikan naik jabatan beredar di media sosial.

Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook oada 16 Februari 2023 lalu. Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "BREAKING NEWS ICAD DIPANGGIL KE ISTANA, DIJANJIKAN NAIK JABATAN OLEH JOKOWI KAPOLRI".

Pada video berdurasi 8 menit 23 detik itu, menampilkan thumbnail foto Jokowi yang didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Richard Eliezer yang tengah duduk bersama.

"BHARADA E DIJANJIKAN NAIK JABATAN OLEH KOKOWI KAPOLRI USAI KELUAR DARI PENJARA," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 20 ribu kali direspons dan mendapat 1.200 komentar dari warganet.

Benarkah Richard Eliezer dipanggil Jokowi ke Istana Kepresidenan dan dijanjikan naik jabatan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

2. Video Banjir Tanggul Gresik Jebol

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tanggul Gresik jebol, kabar tersebut beredar lewat aplikasi WhatsApp dan diunggah salah satunya diungah akun Facebook, pada 24 Februari 2023.

Unggahan klaim video tanggul Gresik jebol tersebut menampilkan sejumlah mobil di jalan raya terendam banjir dan ada sebagian yang mengapung.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Innalilahi wainnailaihi rojiuun..Tanggul Brantas wil Driyodrejo Gresik jebol.Gimana kabar saudara kita disana?"

Benarkah klaim video tanggul Gresik jebol? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

3. Video CEO Pfizer Albert Bourla Targetkan Lenyapkan 50 Persen Populasi Dunia pada 2023 dengan Vaksin 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim CEO Pfizer Albert Bourla menargetkan vaksin melenyapkan 50 persen populasi dunia pada 2023. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Februari 2023.

Klaim CEO Pfizer Albert Bourla menargetkan vaksin melenyapkan 50 persen populasi dunia pada 2023, berupa video CEO Pfizer Albert Bourla yang sedang berbicara sebagai berikut.

"Ehhh

Minggu pertama kami meeting pada 19 Januari di California, dan membentuk suatu tujuan untuk 5 tahun kedepan dan salah satunya, pada 2023 kami akan lenyapkan 50 % dari jumlah populasi dunia."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Albert Bourla CEO Pfizer target dari vksin global 2023 melenyapkan 50% populasi dunia

#zeipalestina"

Benarkah Klaim CEO Pfizer Albert Bourla menargetkan vaksin melenyapkan 50 persen populasi dunia pada 2023? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...


Hoaks Berikutnya

4. Menag Yaqut Cholil Qoumas Pikir-pikir Pindahkan Sholat Jumat ke Hari Sabtu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas masih berpikir ide sholat Jumat dipindah ke hari Sabtu. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 22 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Menteri Yaqut pikir-pikir dulu soal sholat Jumat pindah di hari Sabtu"

Akun itu menambahkan narasi:

"Cross cek, ada yg faham.kebenaran rencana Menag Yaqut ttg sholat Jumat yg akan diganti ke hari Sabtu kah ? KL benar berarti Yaqut pengikut zionis Israel. Krn didlm Islam hanya ada sholat khusus di 3 waktu Jum'at, Idhul Fitri dan Idhul Adha. Diharapkan MUI tidak tinggal diam"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas masih berpikir ide sholat Jumat dipindah ke hari Sabtu? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

5. Richard Eliezer Dapat Pangkat Setara Brigadir J dan Langsung Dilantik Jokowi

Kabar tentang Richard Eliezer mendapat pangkat setara dengan almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan dilantik oleh Jokowi beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 Februari 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "GANTIKAN PANGKAT BRIGADIR J, JOKOWI LANGSUNG LANTIK BARADA E MALAM INI". Thumbnail dalam video tersebut memuat gambar Presiden Jokowi yang tengah berjalan didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Terdapat juga foto Richard Eliezer menggunakan seragam polri, seakan-akan tengah dilantik menduduki jabatan tertentu.

"G3GER MALAM INI !! J0KOWI LANGSUNG L4NTIK B4RADA E, GANTI KAN P0SISI BRIGADIR Y0SUA--," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.400 kali direspons dan mendapat 358 komentar dari warganet.

Benarkah Richard Eliezer mendapat pangkat setara Brigadir J dan akan dilantik oleh Jokowi? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

6. Ahok Resmi Jadi Ketua KPK pada 24 Februari 2023

Kabar tentang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi jadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 24 Februari 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 Februari 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berjudul "UPDATE TERKINI AHOK JADI KETUA KPK, KEINGINAN AHOK MASUK KABINET KERJA JOKOWI AKHIRNYA TERWUJUD".

Gambar thumbnail video tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi tengah berjabat tangan dengan Ahok. Keduanya tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

"Vir4l ~ 24 F3bruari 2023 ~ Ah0k Resmi Jadi K3tua K-pk," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.900 kali direspons dan mendapat 1.600 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Ahok resmi menjabat Ketua KPK pada 23 Februari 2023? Simak hasil penelusurannya di sini...

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya