Kumpulan Video Hoaks Gunung Meletus, dari Merapi hingga Semeru

Berikut kumpulan hoaks video gunung meletus.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 14 Jun 2024, 14:04 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2023, 13:30 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar gunung meletus beredar di tengah masyarakat, kabar bohong tersebut disajikan dengan beragam kemasan salah satunya adalah video.

Hoaks video gunung meletus yang beredar biasanya disertai dengan narasi yang tidak sesuai, hal ini tentu dapat menyesatkan penerima video yang langsung mempercayainya.

Keberadaan hoaks video gunung meletus tidak bisa disepelekan sebab dapat mengecoh bahkan menyesatkan, hal ini juga dapat menimbulkan kecemasan.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi video seputar gunung meletus, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran pada sejumlah video, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks video gunung meletus.

Video Erupsi Gunung Anak Krakatau pada 5 Februari 2022

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Erupsi Gunung Anak Krakatau pada 5 Februari 2022 (sumber: Facebook).

Sebuah video yang diklaim erupsi Gunung Anak Krakatau beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 5 Februari 2022.

Dalam video tersebut, tampak material letusan dan awan panas menyembur dari sebuah gunung. Video itu direkam dari atas sebuah kapal oleh seorang laki-laki.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan meletusnya Gunung Anak Krakatau pada 5 Februari 2022.

"ANAK KRAKATAU MULAI BATUK

Patutlah waspada, utamanya bagi warga yang berada tak jauh dari Gunung Krakatau, karena saat ini sudah memperlihatkan aktifitasnya.

Sesuai laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut bahwa Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda telah meletus sejak pukul 11.00 setidaknya delapan kali pada hari ini, pada Jumat, 4 Februari 2022.

Karenanya Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM mengingatkan agar warga perlu mewaspadai terjadinya erupsi susulan.Doa untuk keselamatan Indonesia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.900 kali ditonton dan mendapat 1 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan erupsi Gunung Anak Krakatau pada 5 Februari 2022? Simak hasil penelusurannya di sini.

 


 Video Gunung Merapi Meletus

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Gunung Merapi meletus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gunung Merapi meletus, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Maret 2023.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut menampilkan gunung sedang mengeluarkan asap dan guguran debu, dalam video tersebut juga telihat jalan sepi dan kendaraan sedang menjauh dari arah gunung tersebut.

Unggahan klaim video Gunung Merapi meletus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Merapi meletus 😭😭😭..yg punya sanak saudara sekitar Magelang,Muntilan,Klaten ,Boyolali..tolong di hubungi...semoga smua nya pada sehat selalu... Aamiin"

Benarkah klaim video Gunung Merapi meletus? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 


Erupsi Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klim video lahar Gunung Semeru
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klim video lahar Gunung Semeru

Video Erupsi Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Twitter, pada 7 Desember 2021.

klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun menampilkan pemandangan gunung sedang erupsi dengan kepulan asap ke langit dam dibawahnya terdapat air terjun.

Kemudian video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Semeru Mountain volcanic eruption from 2 days ago"

Benarkah klaim video erupsi Gunug Semeru disertai air terjun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 Video Aliran Lahar Gunung Semeru

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klim video lahar Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video lahar Gunung Semeru. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Desember 2021.

Unggahan klim video lahar Gunung Semeru menampilkan cairan berwarna merah yang sedang tumpah di antara asap putih.

"PANTAUAN UDARA 5 DESEMBER 2021

LAHAR GUNUNG SEMERU"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut

"Lahar Semeru..."

Benarkah klim video lahar Gunung Semeru? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya