6 Hoaks Sepekan, dari Kejuaraan Seks sampai Pembagian Dana

Deretan hoaks yang sedang beredar hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 12 Jun 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 12:00 WIB
Cek Fakta minum air bikin orang pingsan
Cek Fakta minum air sambil telepon bikin orang pingsan.

Liputan6.com, Jakarta- Keberadaan hoaks di sekittar kita harus dihindari, caranya dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui informasi yang didapat benar atau hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral.

Kenali deretan hoaks yang sedang beredar hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

1. Swedia Gelar Kejuaraan Seks Eropa

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 7 Juni 2023.

Unggahan klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa berupa tangkapan layar foto bendera Swedia dan pasangan lelaki dan perempuan, di dalamnya terdapat tulisan sebagai berikut.

"Swedia Deklarasikan S*ks Sebagai Olahraga, Bahkan Mengadakan Kompetisinya"

Selain itu juga terdapat tangkapan layar tulisan sebagai berikut.

"Swedia secara resmi mendaftarkan s*ks sebagai olahraga. Swedia menjadi negara pertama yang akan menggelar Kejuaraan S*ks Erope. kejuaraan ini berlangsung di bawah bimbingan Federasi S*ks Swedia. Kejuaraan s*ks ini akan berlangsung selama enam minggu di Gothenburg pada 8 Juni mendatang.

Dalam kejuaraaan ini, para peserta akan melakukan aktivitas seksual di bawah 16 disiplin ilmu, termasuk rayuan, s*ks oral, penetrasi, dan lainnya.

Diberitakan Live Mint, Kejuaraan Seks Erope ini diikut! oleh 20 orang partisipan dari berbegai negara. Pemenang akan diputuskan oleh panel yeng terdiri dari tiga juri serta penilaian penonton.

Kejuaraan tersebut telah mendorong oreng-orang dari berbagai orientasi seksual untuk ikut berpastisipasi. Penyelenggara seks mengatakan bahwa penggabungan orientasi seksual juga merupakan bagian dari olahraga tersebut den akan menjadi terobosan perkembangan di antara negere-negara Eropa.

“Penggabungan orientasi seksual sebagai begian deri taktik olahraga akan menjadi terobosan perkembangan di antara negera-negara Eropa, kate penyelenggara Senin (5/6/2023).

Ketua Federasi S*ks Swedia, Dragan Bratych

Tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Astaghfirullah...

Swedia secara Resmi menDaftarkan S*ks sebagai Olahraga.

Swedia menjadi negara Pertama yg akan menggelar Kejuaraan S*ks Eropa.

Kejuaraan ini berlangsung di bawah Bimbingan Federasi S*ks swedia.

Kejuaraan S*ks ini akan berlangsung selama 6 minggu di Gothenburg pada 8 juni mendatang.

** Baca selengkapnya di postingan 👇🏽_____________

Aye Nggak mo nanya.. " ade yg minat buat ikutan ?? " .. 🫣🤭.

#AkhirZaman

#KuatkanImandanImun

#IkutiUlamaGarisLurus

Benarkah klaim Swedia menggelar kejuaraan seks Eropa? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

2. Foto Susi Pudjiastuti Bersama Prabowo Membawa AC Mini

<p>Cek Fakta foto Susi Pudjiastuti dan Prabowo.</p>

Beredar di media sosial postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun bernama Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ itu mengunggahnya pada 7 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Susi Pudjiastuti bersama Prabowo sedang memegang sebuah AC mini. Postingan itu disertai narasi:

"Ya Tuhan, saya tertipu! Saya tidak berharap orang ɪnԀᴏnᴇѕɪɑ membeli barang palsu di Shoppee, Lazzada.😭 Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. ЅᴇЬɑɡɑɪ Mᴇntᴇrɪ Kᴇlɑᴜtɑn Ԁɑn Рᴇгɪkɑnɑn, saya berharap yang terbaik untuk semuanya.Bulan lalu, saya melakukan perjalanan bisnis ke Jᴇρɑnɡ dengan Mᴇntᴇrɪ Рᴇrtɑһɑnɑn. Cuaca di Jᴇρɑnɡ sangat panas, bisa mencapai 40 derajat. Saya perhatikan bahwa kebanyakan orang Jᴇρɑnɡ menggunakan ɑᴄ cerdas daripada ɑᴄ konvensional untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menghemat listrik 3 kali lebih banyak. Saya membeli satu untuk mencobanya.Ketika saya menerima produk, saya langsung memeriksanya. ɑᴄ Jᴇρɑnɡ bekerja dengan sangat baik, tidak banyak mengkonsumsi listrik dan cepat dingin. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mendinginkan seluruh ruangan seluas 28m2. Apalagi ɑᴄ-nya sangat kompak, tidak berisik, bisa dipindahkan kemana-mana dengan sangat mudah. ɑᴄ memiliki membran ion untuk menyaring bakteri, menyaring debu halus, dan menyerap kelembapan, sehingga saya tidak lagi sakit tenggorokan, kulit kering, dan tidur lebih nyenyak. 👍 Sejak mengganti ɑᴄ lama dengan yang Jᴇρɑnɡ ini, tagihan listrik keluarga saya bisa dihemat sekitar Rp1.500.000 per bulan. 🤗Luar biasa!💯Pulang ke Indonesia, saya pesan 2 sebagai oleh-oleh untuk keluarga, ganti ɑᴄ biasa. Tapi ketika saya menerima barang saya sangat kecewa. Itu palsu, dari Сɪnɑ, tidak seperti yang saya beli di Jᴇρɑnɡ. Mencoba menghubungi toko tetapi tidak berhasil.😡Saya menghubungi toko domestik Jᴇρɑnɡ dan diberi tahu bahwa mereka tidak menjual di Shoppee atau Lazzada. Mereka baru saja membuka cabang resmi ini di Jakarta. Ini tokonya 👉 bit.ly/japan-shareSaya telah memesan 3000 untuk kapal nelayan saya. Pengiriman sangat cepat dan saya hanya butuh 2 hari untuk menerima barang. Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ sangat khawatir dengan kesulitan dan penderitaan masyarakat, maka dari itu beliau sangat ingin ɑᴄ buatan Jᴇρɑnɡ ini memasyarakat di Indonesia agar masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman tanpa khawatir dengan tagihan listrik.😍🎁Pada kesempatan pembukaan, toko domestik Jᴇρɑnɡ diskon 50%, beli 1 gratis 1 dan pengiriman gratis untuk 99 pelanggan tercepat. Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. Pesan di sini untuk membeli yang asli! Jangan beli barang palsu di Shopee!"

Lalu benarkah postingan foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang membawa AC mini? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

3. Video Gudang Mobil Listrik di AS Terbakar

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video gudang mobil listrik di Amerika Serikat (AS) terbakar akibat baterai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 Mei 2023.

Unggahan klaim video gudang mobil listrik di AS terbakar akibat baterai tersebut menampilkan sejumlah mobil yang sedang parikir dengan bertingkat terbakar disertai asap hitam.

Unggahan video tersebut diberiketerangan sebagai berikut.

"KENDARAAN LISTRIKDi AS, kebakaran terjadi di gudang mobil listrik yang sedang menunggu untuk dijual ke klien, ketika baterai satu mobil terbakar."

Benarkah klaim video gudang mobil listrik di AS terbakar akibat baterai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....


Hoaks Berikutnya

4. Presiden Jokowi Lantik Anies Baswedan Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G Plate. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul:

"JOKOWI LANTIK ANIES BASWEDAN GANTIKAN POSISI JHONNY G PLATE"

Di dalam video terdapat narasi sebagai berikut:

"Keputusan Mutlak Jokowi, sah Anies Baswedan gantikan posisi G Plate??"

Video itu dilengkapi dengan foto Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang sedang bersalaman dengan Anies Baswedan.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G Plate? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

5. Daftar Jalan di Jakarta yang Terapkan Tarif Parkir Rp 60 ribu per Jam

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi daftar jalan di Jakarta yang menerapkan tarif Rp 60 ribu per jam. Pesan berantai itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Mei 2023.

Berikut isi pesan berantai dalam postingannya:

"*_ayo siap² gunakan transportasi umum_* sekedar informasi saja

🙏https://finance.detik.com/.../catat-ini-lokasi-yang-tarif...

Catat ! Lokasi ini akan menerapkan tarif parkir Rp 60 rb / jam, berlaku untuk MOBIL dan MOTOR:

1. Taman Indonesia Monas

2. Parkiran Blok M Square

3. Parkir Samsat Barat

4. Plaza Interkon

5. Park and Ride Kalideres

6. Pasar Mayestik

7. Ruas Jalan Mangga Besar

8. Ruas Jalan Boulevard Raya

9. Ruas Jalan Denpasar Raya

10. Jalan Gajah Mada

11. Jalan Hayam Wuruk

12. Jalan KH Hasyim Ashari

13. Jalan Ir. H Juanda

Dan tempat² yang ada gedung perkantoran dan ada jalur Transjakarta"

Lalu benarkah pesan berantai berisi daftar jalan di Jakarta yang menerapkan tarif Rp 60 ribu per jam? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Pembagian Dana Bantuan Rp 25 Juta dari BPJS

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 April 2023.

Unggahan klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS berupa tulisan sebagai berikut.

"Terima kasih telah menghubungi BPJS INDONESIA..??

Selamat Anda Terpilih.!!!

Selaku Penerima Dana Bantuan BPJS(PIN Locked Anda *25SD47* )Terdaftar Di Kantor BPJS Indonesia Jakarta Pusat. Menerima Dana Bantuan 25jt Urutan Ke - 7

Sebelum Dana Bantuan Di Cairkan Mohon Di Lengkapi Berkas Anda Sesuai Prosedur di kantor BPJS Pusat.

*SYARAT & KETENTUAN WAJIB DI ISI DENGAN LENGKAP SESUAI DATA IDENTITAS ANDA??*

*➀* _Nama Lengkap :_

*➁* _No Induk KTP :_

*➂* _Tempat/Tgl Lahir :_

*➃* _Jenis Kelamin :_

*➄* _Alamat Lengkap :_

*⇒* _Kel/Desa :_

*⇒* _Kecamatan :_

*⇒* _Kabupaten :_

*⇒* _Provinsi :_

*⇒* _Pekerjaan :_

*II. DATA REKENING TABUNGAN*

*➅* _Nama Bank :_

*➆* _Nomor Rekening :_

*➇*_ Nama Pemilik Rekening :

*➈*_Cabang Bank :_

*III. SYARAT KIRIM FOTO*

*⇒* _Foto KTP :_

*⇒* _Foto Selfie Pegang KTP :_

*⇒* _Foto KK/ Kartu Keluarga :_

*=>*_Foto Buku tabungan

~~~~~~~~~~~~~

Harap di isi sesuai alamat domisili tempat tinggal andadi karenakan data-data anda akan di infut di data basecamp komputer menerima dana bantuan bpjs di tahun 2023.

❊ *SALURAN BANTUAN DANA BPJS* ❊

Bertanggung jawab dan melayani dengan setulus hati serta memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan."

Benarkah klaim pembagian dana bantuan Rp 25 juta dari BPJS? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....


Kesimpulan

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya