5 Masjid Megah dengan Arsitektur Unik di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Jul 2015, 03:29 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2015, 03:29 WIB
5 Masjid Megah dengan Arsitektur Unik di Indonesia
Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah.

Citizen6, Sumatera Barat 1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat dibangun pada tahun 2007. Masjid ini sempat tertunda pembangunannya akibat gempa yang terjadi di tanah minang. Namun pada akhirnya dapat diresmikan pada Februari 2014. Arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat ini memakai rancangan yanng dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain yang juga diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara.

Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad. Dengan luas 4.430 meter persegi, lantai dua diperkirakan dapat menampung 5.000-6.000 jemaah.

Meski tidak rutin, Masjid Raya Sumatera Barat telah dipusatkan sebagai tuan rumah kegiatan keagamaan skala regional seperti tablig akbar, pertemuan jemaah, penyelenggaraan Salat Ied hingga Salat Jumat setiap minggunya. Sejak awal tahun 2012, pemerintah provinsi memusatkan kegiatan wirid rutin jajaran pegawai negeri sipil untuk memperkenalkan masjid. Namun, frekuensi pemakaian masjid untuk aktivitas ibadah masih terbatas karena belumrampungnya fasilitas listrik dan ketiadaan air bersih. Jadi, kalau main ke Sumatera Barat bisa dong mampir barang sejenak :)

Selengkapnya

Pengirim:

Rijal Fahmi

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya