Perusahaan Ini Ciptakan Senjata Laser yang Bisa Membakar Manusia dari Jarak Jauh

Perusahaan di Tiongkok tengah mengembangkan senjata yang memiliki fungsi seperti sinar laser

oleh Sulung Lahitani diperbarui 03 Jul 2018, 20:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2018, 20:00 WIB
Perusahaan Tiongkok Ciptakan Sinar Laser yang Dapat Membakar Manusia dari Jarak Jauh
Ilustrasi laser (iStock)

Liputan6.com, Tiongkok - Pasti terdengar menakutkan jika ada sebuah pistol yang bisa membakar target dari jarak 800 meter. Itulah yang tengah dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok bernama ZKZM Laser.

Menurut South China Morning Post, perusahaan tersebut tengah mengembangkan senjata yang memiliki fungsi seperti sinar laser. Berkas senapan tersebut tak dapat dilihat dengan mata telanjang, tapi dapat membakar kulit dan jaringan manusia secara cepat.

Yang mengerikan, laporan itu mengklaim senjata yang disebut senapan laser ZKZM-500 itu dapat membakar pakaian, bahkan lewat jendela yang tertutup. Senjata itu beratnya 3 kg dan didukung oleh baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang, serta dapat melakukan 1.000 tembakan dalam 2 detik.


Selanjutnya

Laser-01
Peswat menuju New York dari London terpaksa kembali setelah pilot tak enak badan terkena sinar laser. (Guardian)

Meski demikian, banyak yang meragukan klaim tersebut. Spekulasi yang beredar bahwa itu semua hanyalah propaganda pemerintah. Mengapa?

Hal ini dikarenakan, butuh banyak energi untuk menghasilkan laser yang dapat memanaskan suhu hingga mampu membakar manusia. Padahal logikanya, hal tersebut tak akan tercapai bila hanya menggunakan baterai lithium-ion.

Banyak hukum fisika yang memengaruhi di sini. Sebuah laser bila melewati batas 800 meter, akan mengalami atenuasi. Ini berarti bila cahaya laser melewati medium, laser akan kehilangan intensitasnya.

Meski memang, sinar laser dapat dengan mudah mencapai jarak 800 meter, setelah mencapai target, laser hanya akan memiliki sebagian kecil kekuatan yang dimilikinya di awal. Ini jelas tak cukup untuk membakar manusia atau bahkan pakaian mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya