Bisa Membuat Anda Sakit, Jangan Lakukan Ini Saat Gunakan Toilet Umum

Melakukan hal ini saat gunakan toilet umum bisa membuat Anda sakit

oleh Sulung Lahitani diperbarui 07 Nov 2021, 19:09 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2021, 19:09 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi toilet netral gender. (dok. pexels.com/@timmossholder)

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda ingin buang air, terkadang tak ada pilihan selain menggunakan toilet umum. Terlebih bila Anda tengah berada di luar rumah atau di tempat umum.

Toilet umum yang Anda gunakan mungkin terlihat berkilau bersih, namun itu tidak berarti bebas dari kuman dan bakteri. E. coli, Salmonella, dan bahkan norovirus mungkin mengintai Anda saat menggunakan toilet umum. Digunakan oleh banyak orang membuat toilet umum menjadi salah satu sarang kuman.

Thomas Russo, MD, seorang profesor dan kepala penyakit menular di Universitas di Buffalo, memaparkan hal terburuk yang Anda lakukan saat menggunakan toilet umum.

Bila Anda melakukannya, maka Anda akan memiliki risiko besar terpapar berbagai macam penyakit. Apa kah hal tersebut? Berikut penjelasannya seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hal terburuk yang Anda lakukan adalah menyentuh kenop dan pegangan pintu

Ilsutrasi toilet
Ilustrasi (sumber: Pixabay)

Di antara semua tempat yang tampak tidak menyenangkan di kamar mandi umum, pegangan harus menjadi area yang paling diperhatikan, kata Russo. Permukaan yang sering disentuh ini—termasuk gagang pintu dan gagang flush toilet—adalah tempat di mana banyak tangan orang sering melakukan kontak.

"Kita tahu bahwa kita harus mencuci tangan setelah dari toilet, tetapi lucu jika Anda memikirkan bahwa Anda mengotori tangan lagi segera setelah Anda membuka pintu," kata Russo.

Dengan kata lain, Anda harus melakukan tindakan pencegahan yang tepat agar tidak kembali tertular kuman setelah mencuci tangan.

 


Gunakan tisu atau pakaian untuk menutupi tangan Anda sebelum menyentuh pegangan

Ilustrasi Toilet
Ilustrasi Toilet (pixabay.com)

Alih-alih menjangkau dan menyentuh pegangan itu secara langsung, Russo merekomendasikan untuk menutupi pegangan dengan serbet kertas atau lengan baju atau sweter Anda sebagai penghalang.

"Tergantung arah pintunya, saya biasanya menggunakan siku saya jika memungkinkan, atau bagian dalam jaket saya, tetapi saya mencoba untuk tidak menyentuh permukaan itu dengan tangan saya sehingga saya tidak perlu khawatir," katanya.

 


Hindari menyentuh permukaan pegangan jika memungkinkan

Hindari Membawa Ponsel ke Toilet
Ilustrasi Toilet Credit: pexels.com/Fransesca

Bahkan lebih baik bila Anda melindungi tangan saat menggunakan pegangan? Tidak menyentuhnya sama sekali jika memungkinkan adalah hal yang lebih baik.

"Pria bisa pergi ke urinoir dan sebenarnya tidak menyentuh apa pun, dan banyak dari mereka memiliki mekanisme pembilasan otomatis," kata Russo.

Wanita harus menyentuh flush toilet, tetapi Anda bisa mencoba [mengaitnya] dengan siku Anda untuk tindakan tanpa sentuhan.

 


Cuci tangan Anda dengan benar setelah menggunakan toilet umum

Ilustrasi Toilet
Ilustrasi Toilet (pixabay.com)

Jangan panik bahkan jika Anda tidak punya pilihan selain menyentuh setiap pintu dan pegangan alat di dalam ruangan, kata Russo.

"Karena jika ada kekhawatiran sama sekali, atau jika Anda merasa tidak nyaman, atau jika Anda tahu Anda harus menyentuh pegangan pintu itu karena Anda tidak dapat menyiasatinya dengan trik semacam itu—langsung saja cuci tangan Anda, "ucap Russo.

Dan itu adalah sesuatu yang harus Anda lakukan ketika Anda berada di ruang publik. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menyabuni tangan dengan sabun dan menggosok setidaknya selama 20 detik (menyanyikan "selamat ulang tahun" dua kali akan berhasil, aturan praktis yang telah umum diterapkan di tengah pandemi COVID-19) saat mencuci tangan.

Dan agar Anda tidak mengotori kembali tangan yang baru saja Anda bersihkan, gunakan siku atau kaki Anda untuk mendorong pintu saat keluar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya