5 Alasan Mengapa Anda Harus Menanam Sayuran Hijau Sendiri

Menanam sayuran tidak hanya akan membantu Anda tetap bugar, tetapi juga menjadi cara yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 19 Okt 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2022, 16:00 WIB
sayur hijau
ilustrasi sayuran hijau/copyright unsplash.com/Quin Engle

Liputan6.com, Jakarta - Makanan yang kita konsumsi dari toko-toko kelontong yang menjual berbagai macam sayuran nyatanya tidak segar dan merupakan salah satu faktor utama di balik beberapa penyakit ada di tubuh kita.

Mengutip dari laman House Loving, Selasa (19/10/2022), tingkat polusi sekarang ini telah berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

Mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk menindaklanjutinya dengan berkontribusi untuk mengambil jejak dan pengurangan emisi karbon, salah satunya dengan bercocok tanam menanam sayuran.

Ada kemungkinan besar bahwa pikiran itu mungkin sudah terlintas di benak Anda, tetapi setelah melihat dan mendapatkan kebingungan tentang upaya yang harus dilakukan, Anda mungkin telah menepis gagasan itu.

Menanam sayuran tidak hanya akan membantu Anda tetap bugar, tetapi juga menjadi cara yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Berkat kesibukan yang ada, sekarang ini banyak orang yang cenderung memilih makanan beku dari toko bahan makanan yang akan cepat disajikan dan membutuhkan sedikit waktu dan usaha.

Selain itu, makanan cepat saji mempunyai dampak dan pengaruh buruk terhadap kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Makanan cepat saji tidak cukup untuk memenuhi semua nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Dimana sayuran di toko dikemas dengan bahan pengawet dan sama sekali tidak sehat dibandingkan dengan yang akan Anda tanam.

Berikut lima alasan utama mengapa Anda harus memulai untuk menanam sayuran hijau sendiri di rumah dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rasa yang Lebih Baik

diet keto
ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Perbedaan rasa akan langsung terasa jika Anda adalah konsumen biasa dari toko bahan makanan. Hasil bumi yang Anda dapatkan dari pekarangan rumah Anda sendiri tidak hanya segar, tetapi juga cukup kaya akan semua nutrisi.

Barang-barang yang akan Anda temukan di toko mungkin dipanen melalui metode pertanian komersial, dan pupuk tertentu digunakan untuk umur simpan yang lebih lama.

Selain itu, pengaruh obat-obatan seperti yang digunakan dalam bercocok tanam juga akan merubah cita rasa.

Sayuran hijau harusnya memberikan rasa yang segar dan membuah tubuh semakin bugar dan sehat ketika mengonsumsinya.

Dengan membuat kebun sendiri pula Anda akan melihat bagaimana rasa segar sebenarnya dari sayuran hijau yang baru dipetik.


2. Lebih Banyak Varietas

Ilustrasi hasil perkebunan
Ilustrasi hasil perkebunan (Dok. Unsplash/ Anurag Arora)

Ketika berbicara tentang sayuran hijau, Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan. Namun di toko hanya akan ada pilihan yang terbatas.

Memiliki kebun akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan berbagai macam sayuran hijau yang Anda inginkan di piring.

Ini akan menjadi media yang kondusif untuk menambahkan tekstur dan rasa pada makanan Anda.

Anda bebas untuk mencoba menanam sayuran-sayuran yang sebelumnya jarang ditemui.

Bahkan Anda juga bisa mencoba untuk menanam sayuran-sayuran hijau yang berasal dari luar negeri, seberapa bebas dan bagaimana kebun anda cukup dan muat untuk menampung semua sayuran.

Salah satu keuntungan lagi adalah Anda bisa membuat varian salad sayuran dengan berbagai macam jenis sayuran baru yang membuat rasanya makin beragam dan enak.


3. Sebuah Penghilang Stres

Ilustrasi stress (unsplash)
Ilustrasi stress (unsplash)

Sebagian besar dari kita merasa cemas bahkan tentang hal-hal terkecil dan akhirnya berjuang keras untuk menenangkan diri.

Terlepas dari metode-metode seperti terapi dan latihan, kita harus mencoba menemukan cara-cara khusus yang memungkinkan kita untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berkebun, dan Anda juga bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dengan memberikan tugas tertentu kepada setiap anggota.

Selain dapat menenangkan pikiran dari stress, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah mengonsumsi makanan yang sehat.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat, kebutuhan akan nutrisi harian juga akan tercukupi sehingga tubuh akan memberikan respon positif dan mengurasi rasa stress yang Anda rasakan.


4. Menghemat Uang

ilustrasi uang, orang kaya, keserakahan
ilustrasi uang, orang kaya, keserakahan. (Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash)

Dibandingkan dengan pengeluaran bulanan di toko bahan makanan, memelihara kebun halaman belakang Anda akan cukup ekonomis.

Ini akan memberi Anda hasil yang signifikan dalam anggaran bulanan, dan Anda selanjutnya dapat membuatnya menguntungkan dengan menjual kelebihan produk dari kebun yang anda buat di pasar lokal.

Menanam sayuran juga akan memberi Anda ketenangan pikiran bahwa sayuran yang Anda konsumsi adalah sayuran organik dan tidak mengandung pestisida atau jenis pupuk lainnya yang berbahaya.

Anda dapat menabung uang sisa untuk hal lainnya yang lebih penting dan bermanfaat.

Apakah tidak cukup menarik ketika dalam waktu bersamaan Anda menerapkan pola hidup sehat dan mengatur kesehatan perekonomian dan pengeluaran.


5. Lebih Sedikit Pemborosan

Ilustrasi boros belanja
Ilustrasi belanja (Foto: unsplash.com/JP Valery)

Saat mendapatkan makanan dari toko, kita cenderung mendapatkan lebih banyak dari yang kita butuhkan, sehingga tidak perlu mengunjungi kembali toko pada hari yang sama.

Namun kadang ketika mengunjungi toko akan muncul rasa implusif dimana Anda membeli barang-barang yang seharusnya tidak terlalu dibutuhkan.

Tanpa sadar Anda telah mengeluarkan uang lebih untuk membeli banya barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Selain boros dalam pengeluaran, faktor lainnya adalah dalam proses pembuatan dan konsumsi, ada kemungkinan besar porsi tertentu terbuang sia-sia.

Ketika menanam sayuran Anda, pilihan limbah akan jauh lebih rendah karena Anda hanya akan memasak jumlah yang dikonsumsi.

Anda juga dapat mengkombinasikan resep-resep yang ditemukan dengan porsi yang diinginkan.

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya