Kenapa Karim Benzema Selalu Pakai Perban di Tangan Kanannya?

Pesepakbola Karim Benzema selalu terlihat mengenakan perban di tangan kanannya saat sedang bermain, apa sih alasannya?

oleh Muhammad Farhan diperbarui 20 Okt 2022, 14:56 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 13:11 WIB
Foto: Deretan 5 Pemain Aktif dengan Torehan Gol Terbanyak ke Gawang Barcelona, Cristiano Ronaldo Masih yang Terdepan
Karim Benzema. Striker Real Madrid asal Prancis ini hingga kini tercatat telah mencetak 12 gol dan 10 assist ke gawang Barcelona hanya bersama Real Madrid dalam 42 laga. Saat berseragam Olympique Lyon ia gagal mencetak satu gol pun ke gawang Barcelona dari total 3 laga di Liga Champions musim 2007/2008 dan 2008/2009. Gol ke-12 baru saja dicetaknya dalam laga El Clasico di pekan ke-9 Liga Spanyol 2022/2023 (16/10/2022). (AFP/Thomas Coex)

Liputan6.com, Jakarta - Perban yang menyelimuti pergelangan sampai telapak tangan telah menjadi ciri khas penyerang andalan Real Madrid, Karim Benzema. Bukan sekadar hiasan semata, Benzema punya alasan khusus mengapa ia menggunakan perban di tangan kanan setiap menjalani pertandingan.

Dilansir Marca, Kamis (20/10/2022) bahwa banyak orang mengira bahwa Karim Benzema memakai perban tangan setiap kali bertanding sebagai jimat keberuntungan agar striker asal Perancis itu tampil bagus di lapangan.

Namun, bukan itu yang menjadi alasan di balik perban di tangan kanan Benzema. Rupanya, perban tersebut digunakan Benzema untuk melindungi jari tangan kanannya yang mengalami cedera dalam laga Real Madrid hadapi Real Betis di La Liga Spanyol, pada Januari 2019.

Dalam laga tersebut, Karim Benzema bertabrakan dengan Marc Bartra sehingga menyebabkan jari kelingkingnya patah. Benzema pun harus absen selama dua bulan untuk tindakan operasi serta pemulihan.

Sebenarnya, operasi jari tangan Benzema berjalan dengan lancar. Pasca operasi, dia menjalankan rehabilitasi untuk cepat-cepat kembali merumput awal musim 2019/2020.

Sayangnya, Benzema menghiraukan saran dokter. Ia langsung bermain di pertandingan selanjutnya. Sekitar enam hari setelah menjalani operasi, Benzema bermain penuh 90 menit melawan Sevilla di Santiago Bernabeu.

Gara-gara nekat tetap bermain, pemain Real Madrid ini menderita cedera tambahan. Meski tidak jelas kapan cedera kedua terjadi, Benzema mengonfirmasinya dalam sebuah jumpa pers pra-musim di awal musim 2021/2022.

"Saya memang dioperasi tetapi masalahnya saya harus absen dua bulan, dan saya mau bersama rekan-rekan satu tim saya. Lalu [kelingking] saya cedera lagi, tetapi sekarang saya tak punya waktu untuk dioperasi lagi jadi itulah mengapa saya bermain pakai perban," kata Karim Benzema, dikutip dari Marca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perban Bawa Keberuntungan

Karim Benzema - Real Madrid - Ballon d'Or - 18 Oktober 2022
Striker Real Madrid Karim Benzema memenangkan trofi Ballon d'Or 2022 dalam acara penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa, 18 Oktober. (AP Photo/Francois Mori)

Meski terlihat seperti orang yang sedang terluka, Karim Benzema merasa sudah tak terganggu atas perban yang menyelimuti tangan kanannya usai kelingkingnya patah pada tahun 2019.

Selama memakai perban tersebut, percaya atau tidaknya performa striker asal Prancis tersebut konsisten selama tiga musim terakhirnya. Walaupun usia Benzema memasuki usia senja bagi atlet sepak bola, yakni 34 tahun.

Puncak karier Benzema adalah saat Real Madrid menyabet gelar La Liga ke-35 dan Liga Champions ke-14 musim 2021/2022.

Pemain andalan Timnas Prancis itu mencetak 44 gol dan membukukan 15 assist dari seluruh kompetisi yang berbuah manis bagi Los Blancos.

Berdasarkan statistik di atas, Karim Benzema pantas mendapatkan gelar individu paling prestisius, yakni Ballon d'Or 2022.

Menilik prestasi itu tidak heran kalau masih banyak penggemar sepak bola yang menganggap bahwa perban tangan kanan Karim Benzema sebagai jimat, termasuk saat Benzema mendapat Ballon d'Or 2022.


Adidas Buat Film Pendek Karim Benzema

Karim Benzema
Rayakan Ballon d'Or 2022, Adidas release film pendek khusus Karim Benzema berjudul "Impossible is Nothing.". (Dok. Adidas)

Sebelumnya, Karim Benzema terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2022. Penghargaan ini juga diberikan oleh mantan pelatih sekaligus legend Real Madrid, Zinedane Zidane. Keduanya saling berpelukan sambil usai pemberian trofi tersebut, pada Selasa (18/10/2020) dini hari lalu.

Penyerahan piala tersebut menandakan akhir dari masa kejayaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, dengan Ronaldo berada di peringkat ke-17 dan Messi bahkan tidak masuk daftar untuk pertama kalinya sejak 2005.

Ditunjuknya Benzema sebagai peraih Ballon d'Or 2022 merupakan puncak karier pemain asal Prancis tersebut selama berkarier di Eropa, terutama sejak didatangkan dari Lyon, pada 2005 silam.

Sejak itu juga Benzema ditunjuk menjadi brand ambassador merek ternama yakni Adidas. Atas pencapaian Ballon d'Or 2022 Karim Benzema, Adidas ikut merayakan kesuksesan pemain bernomor punggung 9 itu dengan merilis film pendek khusus. 

Film pendek berjudul Hand Of Gold itu ditayangkan melalui kanal YouTube Adidas.


Fokus Bermain

Real Madrid Kokoh Puncaki Klasemen Liga Spanyol Usai Benamkan Elche
Pemain Real Madrid Karim Benzema (kedua kiri) merayakan dengan rekan satu timnya usai mencetak gol ke gawang Elche pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Stadion Martinez Valero, Elche, Spanyol, 19 Oktober 2022. Real Madrid mengalahkan Elche dengan skor 3-0. (AP Photo/Alberto Saiz)

Usai meraih penghargaan Ballon d'Or 2022, Karim Benzema kembali fokus pada pertandingan selanjutnya, sehingga dirinya menjadi starting melawan Elche.

Real Madrid munumbangkan tuan rumah Elche dengan tiga gol tanpa balas, Kamis (20/10) dini hari tadi.

Dalam pertandingan ini, Karim Benzema berkontribusi dalam kemenangan dengan mencetak gol menit ke-75 untuk menggandakan keunggulan 2-0. Sedangkan dua gol lainnya dari Federico Valverde dan Marco Asensio di penghujung laga.

Infografis Real Madrid
Infografis Real Madrid (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya