Deretan 5 Wasit Piala Dunia dengan Gaji Termahal

Berikut daftar wasit-wasit di Piala Dunia Qatar 2022 yang menerima bayaran atau gaji termahal

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 01 Des 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2022, 14:00 WIB
Grup A Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador
Wasit Daniele Orsato mengganjar kartu kuning kiper Timnas Qatar, Saad Al Sheeb usai menjatuhkan pemain Timnas Ekuador, Enner Valencia di dalam kotak penalti dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al-Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Doha - Piala Dunia merupakan ajang sepak bola terbesar yang diadakan setiap empat tahun sekali. Perhelatan ini memberi peluang bagi para pesepakbola yang mewakili negaranya untuk menyalurkan kemahirannya.

Di samping para pemain sepak bola, ada juga orang-orang yang memastikan agar permainan berjalan dengan lancar dan baik. Salah satu orang yang mengatur berjalannya pertandingan secara langsung di lapangan adalah wasit.

Kinerja wasit yang baik sering kali dikaitkan dengan bayaran yang mereka terima. Sama seperti para bintang sepak bola, cara mereka mengatur keberlangsungan turnamen membuat wasit cukup menonjol dalam setiap pertandingan. Hal ini karena mereka memastikan deklarasi poin dan berusaha untuk menjaga permainan dalam disiplin tertinggi.

Di pertandingan Piala Dunia Qatar 2022, terdapat 36 wasit lapangan, 69 asisten wasit, dan 24 asisten wasit video dari enam konfederasi FIFA ikut serta dalam turnamen yang digelar di Qatar.

Mereka memimpin 64 pertandingan kompetisi sejak 20 November sampai 18 Desember 2022.

Melansir situs Sport News Africa pada Kamis, 1 Desember 2022, sejak Piala Dunia 2018 di Rusia, FIFA telah memberikan bayaran sebesar 68.000 Euro (Rp1,1 miliar) untuk wasit pusat.

Sementara untuk setiap asisten wasit, mendapat bayaran sebesar 24.500 Euro (Rp398 juta).

Kini, Di Qatar, wasit pusat mendapat 2.881 Euro (Rp46 juta) untuk setiap pertandingan selama babak penyisihan grup, dan 9.604 Euro (Rp156 juta) untuk pertandingan sistem gugur dan final.

Berkaitan dengan jumlah pendapatan wasit selama bekerja mengatur pertandingan Piala Dunia Qatar 2022, berikut ini lima nama wasit yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia pada tahun 2022 menurut situs Sports Unfold.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Antonio Miguel Mateu Lahoz

FOTO: Manchester City Terancam Gagal Juara, Musuh Pep Guardiola Jadi Wasit Final Liga Champions
Antonio Miguel Mateu Lahoz secara resmi dipercaya UEFA untuk memimpin laga final Liga Champions antara Manchester City kontra Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Antonio Miguel Mateu Lahoz sempat menjadi wasit kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2014. Ini membuatnya termasuk sebagai wasit internasional terkemuka.

Oleh karena ini, dirinya kembali terpilih untuk memimpin kualifikasi dan turnamen Piala Dunia 2018.

Antonio telah memimpin pertandingan La Liga sejak 2008. Pada 2011, dia menjadi wasit yang tedaftar di FIFA dan telah memimpin banyak pertandinga EL Clasico.

Terakhir, Antonio juga memimpin final Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Chelsea.


4. Damir Skomina

Damir Skomina
Damir Skomina (AFP/JOHANNES EISELE)

Selanjutnya ada Damir Skomina. Damir biasa bertugas sebagai wasit keempat di berbagai pertandingan berbeda, salah satunya adalah final Liga Champions UEFA 2013.

Damir Skomina juga pernah menangani pertandingan Super Cup dan Liga Eropa EUFA 2017 antara AJax dan Manchester United.


3. Bjorn Kuipers

Bjorn Kuipers
Bjorn Kuipers. (Paul ELLIS / AFP)

Akun Twitter Front Office Sports, @FOS menyebut Bjorn Kuipers sebagai wasit terkaya di dunia. Bjorn telah memimpin berbagai pertandingan sepak bola bergengsi, termasuk Super Cup UEFA 2011, Final Liga Eropa UEFA 2013, dan Final Piala Konfederasi FIFA 2013.

Selain itu, dia juga meimpin final Liga Champions UEFA 2014 dan final Piala Dunia U-20 di 2017.


2. Daniele Orsato

Foto: Serba yang Pertama di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Gol Enner Valencia, VAR, hingga Kekalahan Tuan Rumah yang Perdana
Sebelumnya, Enner Valencia sempat menggetarkan jala gawang tuan rumah Qatar. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Daniele Orsato setelah Michael Estrada berada dalam posisi offside setelah ditinjau dari VAR. Ini menjadi keputusan VAR pertama di Piala Dunia 2022. (AP/Manu Fernandez)

Di peringkat kedua ada Daniele Orsato bertanggung jawab atas pertandingan Bayern Munich dengan Paris Saint-German dalam Final Liga Champions UEFA 2020.

Daniele dinobatkan sebagai wasit terbaik tahun 2020 oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFTHS). Pertandingan baru yang dia pimpin adalah turnamen pembukaan Piala Dunia 2022 antara Qatar dan Ekuador.

 


1. Felix Brych

Felix Brych
Duel Italia Vs Spanyol menjadi laga kesembilan yang dipimpin Felix Brych pada Euro 2020. (AFP/Julio Munoz)

Terakhir adalah Felix Brych. Felix Brych merupakan salah satu wasit Eropa yang paling dihormati di generasinya. Dirinya telah memegang pangkat wasit kelompok Elite UEFA dan memiliki lisensi FIFA sejak 2017.

Seiring waktu, Felix Brych telah memimpin pertandingan penting seperti final Liga Eropa UEFA antara Sevilla dan Benfica di 2014. Ia juga turut memimpin final Liga Champions UEFA di 2017. 

Pada 2008, dirinya terpilih sebagai salah satu wasit yang memimpin pertandingan Piala Dunia yang dilaksanakan di Rusia.

Infografis Piala Dunia
Infografis Piala Dunia (Liputan6.com? Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya