Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres

Forest healing menjadi satu terapi yang saat ini mulai banyak digunakan dalam bidang psikologi.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 02 Okt 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 06:00 WIB
Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres
Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Jakarta Forest healing adalah salah satu terapi psikologi yang bisa digunakan untuk meredakan berbagai jenis simtom psikologi seperti stres.

Menurut koordinator program Forest Healing Fakultas Psikologi (Fapsi) Universitas Padjadjaran (Unpad) Hammad Zahid Muharram, M.Psi., Psikolog., forest healing menjadi satu terapi yang saat ini mulai banyak digunakan dalam bidang psikologi.

Forest healing tidak bisa menyembuhkan, karena penyembuhan stres perlu terapi CBT (Cognitive Behavioral Therapy) . Akan tetapi, sifatnya meredakan, lebih tidak separah sebelumnya,” kata Zahid mengutip laman resmi Unpad, Rabu (2/10/2024).

Zahid menambahkan, manusia memiliki ikatan kuat dengan alam. Ketika manusia berada di hutan, ia akan merasakan iklim mikro yang berbeda dengan di kota ataupun di luar alam. Iklim mikro tersebut banyak dihasilkan dari zat phytoncide yang dikeluarkan tumbuhan secara alami.

“Zat ini dinilai mampu meningkatkan kadar kesehatan manusia selama berada di alam bebas,” ujar Zahid.

Ini melatarbelakangi Fapsi Unpad mulai mengenalkan metode terapi forest healing, tidak hanya untuk mahasiswa internal, tetapi juga mahasiswa dari luar Fapsi Unpad.

Aktivitas tersebut mulai dikenalkan kepada peserta program International Internship Program (IIP) 2024 yang digelar di kawasan hutan lereng Gunung Mandalawangi, perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, Rabu 11 September 2024.

Dalam kegiatan kembali ke alam, sembilan mahasiswa Royal Melbourne Institute of Technology, Australia, dan lima mahasiswa Fapsi Unpad mengikuti kegiatan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbicara dengan Pohon

forest healing
Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Selama mengikuti forest healing, peserta IIP Fapsi Unpad diajak untuk berada lebih lama di alam bebas. Kegiatan dimulai dengan berjalan kaki memasuki kawasan perladangan di lereng yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan lindung.

Uniknya, seluruh peserta menggunakan sandal jepit selama berjalan dan berada di hutan. Dipandu Dosen Fapsi Unpad Noer Fauzi Rachman, PhD, Psikolog, peserta menyusuri trek kebun menuju kawasan perbatasan dengan hutan.

Sesampainya di area ladang tanaman tembakau, peserta didorong sejenak bercengkrama dengan alam. Setiap peserta diminta untuk hening sejenak mendengar desir angin dan suara-suara yang terdengar di alam.

Setelahnya, peserta diajak untuk menyentuh pohon, berbicara dengan pohon, memeluk pohon, memetik bunga liar, hingga masuk ke kebun kopi sembari mencicipi buah kopi.

Tidak selesai di situ, peserta diajak masuk lebih dalam ke semak belukar dan kembali memeluk dan berbicara dengan pohon.


Terkoneksi dengan Empat Elemen Alam

Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres.
Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres. Foto: (Ade Nasihudin/Liputan6.com)

Di akhir kegiatan peserta diajak untuk turun ke sungai, bermain dengan air, dan mencoba menangkap ikan dengan menggunakan jala.

Menurut Zahid, aktivitas tersebut bukan tanpa alasan. Secara marwah, manusia merupakan bagian dari alam, sehingga ketika terkoneksi dengan alam, secara otomatis manusia telah kembali ke satu lingkup ekologi alami manusia.

Layaknya empat elemen dalam film Avatar, forest healing juga membuat peserta makin terkoneksi dengan empat elemen tersebut. Zahid menjelaskan, ketika peserta berjalan dengan metode bertelanjang kaki (barefoot), aktivitas tersebut merepresentasikan koneksi dengan tanah.

“Kemudian ketika diam, duduk rileks sambil lihat awan, pemandangan, dan menghirup napas itu elemen udara. Elemen api itu ketika mereka berbicara dan memeluk dengan pohon, karena api itu simbol kehangatan,” paparnya.

Elemen air terepresentasikan ketika peserta terjun ke sungai selepas berjalan di hutan. Zahid menjelaskan, air merupakan pelengkap dari semua elemen yang sudah terkoneksi. Selelah apapun fisik peserta setelah berjalan jauh di hutan, air bisa kembali menyegarkan tubuh peserta.

“Ketika kita kembali ke air, kita pun terkoneksi ke sumber kehidupan,” jelasnya.


Berharap Jadi Produk Fapsi Unpad

Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres.
Forest Healing, Berbicara dengan Pohon hingga Memetik Bunga Liar untuk Redam Stres. Foto: (Ade Nasihudin/Liputan6.com)

Pilot Project Zahid mengatakan, forest healing merupakan pendekatan baru dan mulai banyak digunakan. Sebagian besar masih digunakan oleh orang-orang non-psikologi dengan tujuan komersial.

Berbeda jika pendekatan ini digunakan oleh orang psikologi. Seluruh aktivitas selama di alam ada proses evaluasi yang dilakukan.

“Bedanya, ada processing yang dilakukan, apakah terapinya efektif (untuk meredakan stres) atau tidak,” ujarnya.

Di Fapsi Unpad sendiri, kegiatan ini menjadi proyek perdana yang dikenalkan. Rencananya, aktivitas ini akan menjadi salah satu layanan yang akan dikembangkan oleh fakultas.

“Harapannya, ini bisa jadi produk fakultas,” pungkasnya.

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya