Lakukan 5 Tips Ini Jika Ingin Berikan Obat pada Kucing yang Sakit

Berikut tips bantu kamu agar kucing mau menelan obatnya.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 16 Des 2022, 14:45 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 14:45 WIB
Makanan kucing  (sumber: Pixabay)
Makanan kucing (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Saat kucing peliharaan sedang sakit, dokter mungkin akan memberikan obat untuk dikonsumsi kucing setiap hari. Obat yang diberikan dapat berupa sirup, tablet, pil maupun obat tetes.  Untuk memberikan obat-obat ini kepada "anabul" kamu membutuhkan trik khusus agar kucing tidak panik dan malah lari saat akan diberikan obat.

Memberi obat pada kucing bisa menjadi tantangan bagi kamu bahkan bagi dokter hewan yang berpengalaman sekalipun. Cara termudah untuk memberi kucing kamu tablet atau pil adalah dengan menyembunyikannya dalam makanan, seperti makanan basah.

Akan lebih mudah lagi jika kamu meminta bantuan orang lain untuk memegangi kucingmu. Dengan begini kamu lebih leluasa saat akan memasukkan obat ke mulut kucing atau meneteskannya di mata maupun telinga. Namun, beberapa kucing mungkin memuntahkan obatnya, jadi penting untuk mengamati kucing kamu setelah makan obat.

Mengutip Daily Paws, Jumat (16/12/2022), jika kucing kamu pandai dalam memuntahkan obatnya, berikut ini tips agar kucing mau menelan obatnya.

1. Langsung Masukkan ke Dalam Mulut Kucing

Metode yang paling umum adalah cukup berikan pil secara langsung kepada kucing. Pertama, letakkan tablet di mulutnya ke arah belakang lidah dan dengan lembut lalu tutup mulutnya. Kemudian, masukkan air ke tenggorokannya atau tawarkan sedikit makanan sebagai pengejarnya.

"Penting untuk menindaklanjuti dengan air atau makanan jika kamu tak ingin pil tersangkut di kerongkongannya, karena hal itu dapat menyebabkan iritasi," kata Dokter Hewan, Sarah Wooten, DVM.

Teknik ini bekerja paling baik jika kucing belum mencicipi pil terlebih dahulu, jadi cobalah untuk memasukkannya ke bagian belakang lidah. Beberapa pil terasa pahit atau berkapur dan dapat menyebabkan kucing mengeluarkan air liur secara berlebihan dan menolak untuk menelannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sembunyikan di Dalam Camilan

Makanan kucing  (sumber: Pixabay)
Makanan kucing (sumber: Pixabay)

Terkadang kamu perlu sedikit licik, Wooten mengatakan bahwa menyembunyikan pil di dalam camilan, dalam makanan favorit kucing atau di dalam kantong pil dapat mendorongnya untuk menelannya tanpa menyadari bahwa dia sedang minum obat. Metode ini mungkin tidak akan bekerja dengan pil yang lebih besar, tetapi tablet kecil dapat disembunyikan dan ditelan dengan mudah.

3. Teteskan Pil dengan Air dari Makanan Basah

Teteskan pil dengan air dari makanan basah dan berikan kepada anabul kamu. Kelembapan tambahan dan aroma yang lezat akan membuatnya lebih mudah untuk menerimanya. Ketahui juga bahwa, beberapa pil mulai larut dengan cepat ketika terkena uap air, jadi teteskan pil dengan cepat dan segera berikan.

Meskipun kamu tidak boleh memberikan mentega pada anabul sebagai camilan, Wooten mengatakan bahwa menggunakannya untuk melapisi pil tidak masalah jika kamu tidak memiliki makanan basah di rumah.

 


4. Larutkan

Ilustrasi kucing, makanan kucing
Ilustrasi kucing, makanan kucing. (Photo by Laura Chouette on Unsplash)

Beberapa kucing lebih baik minum obat cair daripada pil keras, jadi cobalah melarutkan tablet dalam air atau campuran makanan basah. Setelah dicairkan, gunakan jarum suntik untuk menyuntikkan obat ke dalam mulut anabul. Kamu juga dapat bertanya kepada dokter hewan apakah obat kucing yang ingin dikonsumsi tersedia dalam bentuk cair atau tidak, sehingga kamu tidak perlu lagi melarutkannya.

5. Gunakan Pet Piller

Pet piller membuat pemberian pil kepada anabul menjadi cepat dan aman, yang kamu perlu lakukan hanyalah memasukkan pil ke dalam bilik dan menekan plunger untuk memasukkannya ke bagian belakang mulutnya. Ini adalah prosedur yang sederhana, tetapi Wooten mengatakan jika kamu tidak tahu cara menggunakan pet piller, mintalah dokter hewan untuk memberikan caranya.


5 Alasan Kucing Enggan Makan Makanan Keringnya

Makanan kucing
Makanan kucing (sumber: Pixabay)

Kamu pasti ingin memastikan hewan peliharaanmu memiliki makanan yang lengkap, tetapi apa yang terjadi jika kucing tidak mau makan makanan kering? Makanan kucing tersedia dalam dua jenis utama, basah atau kering. Namun, sama seperti makanan basah yang dapat berupa jeli atau saus, kibble --olahan makanan anjing atau kucing-- kering tersedia dalam berbagai ukuran, kualitas, dan rasa.  

Artinya, hanya karena kucing kalian tidak menyukai satu jenis makanan kering, bukan berarti dia tidak menyukai semuanya. Mungkin ada banyak alasan lain mengapa kucing tidak mau makan makanan keringnya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah hanya makanan keringnya saja yang tidak disukainya atau apakah dia tidak memakan makanan apa pun sama sekali. Hal ini akan membantu kalian untuk mengetahui masalah berikut yang mungkin terjadi seperti dikutip Pets Radar, Senin (5/12/2022).

Selengkapnya di sini...

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya