Berapa Jumlah Penonton dan Tamu Spesial di Penutupan dan Final Piala Dunia 2022?

Para penonton diminta untuk datang 1,5 jam sebelum pertandingan, mengingat adanya Closing Ceremony (Upacara Penutupan) Piala Dunia 2022.

oleh Dito Pramudyaseta diperbarui 18 Des 2022, 15:30 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 15:30 WIB
Al Hilm Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: Twitter @adidasfootball @adidas)
Al Hilm, bola resmi pertandingan Semifinal dan Final Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Final Piala Dunia 2022 Qatar akan diselenggarakan hari ini, Minggu 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB. Argentina dan Prancis akan menjadi finalis yang bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Dunia FIFA yang dihelat 4 tahun sekali tersebut.

Sebelum babak final dimulai, ofisial Piala Dunia 2022 telah menyiapkan Closing Ceremony atau Upacara Penutupan yang tak kalah meriahnya dengan pembukaan pada 20 November lalu. Upacara penutupan Piala Dunia 2022 akan menjadi tontonan menarik dan mengharukan yang sayang untuk dilewatkan penggemar bola di seluruh dunia.

Dilansir FIFA, pertandingan yang akan diselenggarakan di Stadion Lusail Iconic ini diperkirakan bakal kedatangan sekitar 88.000 penonton. 

Jumlah ini terbilang masih sangat jauh dibanding final Piala Dunia 1950 yang mempertemukan Uruguay dan tuan rumah Brasil. Saat itu, hampir 200 ribu penonton datang ke stadiun Maracana, Brasil. 

Untuk penonton TV, diperkirakan akan ada 1,5 miliar pasang mata yang menyaksikan pertandingan final ini. Sebagai catatan, final Piala Dunia 2018 antara Prancis dan Kroasia ditonton oleh 1,12 miliar orang.

Para penonton yang langsung menyaksikan final Piala Dunia 2022 diharapkan untuk datang 1,5 jam sebelum pertandingan final dimulai, mengingat adanya Closing Ceremony meriah yang akan disajikan.

Closing Ceremony nantinya akan berdurasi skitar 15 menit dan akan mengangkat persatuan dunia dalam turnamen 29 hari melalui puisi dan musik yang ditampilkan.

Musik yang akan dibawakan nanti merupakan gabungan dari Soundtrack Resmi Piala Dunia Qatar 2022 seperti (Hayya Hayya) Better TogetherArhbo, dan Light the Sky

Beberapa nama yang dipanggil untuk mengisi acara ini adalah Davido, Aisha, Ozun, Gims, Nora Fatehi, Balqees, Rahma Riad, dan Manal.

 


Presiden Argentina Tidak Datang

Foto: Banyak yang Tumbang, Lima Pemain Prancis Absen saat Latihan Menjelang Laga Final Piala Dunia 2022 Melawan Argentina
Raphael Varane dan Ibrahima Konate menjadi yang terbaru di antara lima pemain Prancis yang absen tersebut. Mereka dikabarkan terkena virus pernapasan Timur Tengah (MERS) yang disebabkan oleh paparan unta atau sering disebut flu unta. (AFP/Franck Fife)

Pertandingan besar ini akan ditonton oleh banyak orang penting di dunia, termasuk tentunya Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dirinya akan datang secara langsung untuk memberikan dukungan pada Les Bleus. 

Sayangnya, hal yang sama tidak bisa dilkaukan oleh Presiden Argentina Alberto Fernández. Melalui Twitter-nya, dia mengaku akan menonton final Piala Dunia keenam Argentina itu di rumah melalui TV.


Tamu Lain

Lionel Messi Kembali Berlatih Jelang Final Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina, Lionel Messi (tengah) memakai sepatu saat mengikuti sesi latihan di Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022. Argentina akan melawan Prancis pada final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12). (AP Photo/Manu Fernandez)

Dilansir Doha News, beberapa nama besar lainnya juga akan datang, mayoritas berasal dari jazirah Arab. Seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Ada juga perwakilan dari Aljazair, Yordania, Palestina, Senegal, Rwanda, Liberia, dan Rusia.

Dilansir situs resmi The White House (Gedung Putih), Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga telah mengumumkan penunjukan Delegasi Presiden untuk menghadiri Upacara Penutupan Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Seperti misalnya Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar Amerika Serikat untuk Qatar Timmy T. Davis, dan Direktur Olahraga Austin FC, dan Mantan Kapten Tim Nasional Pria AS Claudio Reyna.


Bintang Prancis

Foto: 4 Pemain MU yang Pernah Meraih Trofi Piala Dunia, Raphael Varane dan Lisandro Martinez Bersaing Jadi yang Kelima
Paul Pogba. Gelandang tengah Prancis berusia 29 tahun ini menjadi pemain keempat alias terakhir Manchester United yang mampu merebut trofi Piala Dunia. Momen itu terjadi pada Piala Dunia 2018 di Rusia saat Prancis memenangi laga final atas Kroasia dengan skor 4-2 di mana ia juga menyumbang satu gol dalam laga tersebut. Pada awal musim 2022/2023 Paul Pogba meninggalkan MU untuk kembali ke Juventus. Sayang, cedera memaksanya absen di Piala Dunia 2022 di mana Prancis akhirnya melaju ke final. (AFP/Franck Fife)

Dilansir Mirror, beberapa bintang Prancis lain juga diberitakan akan hadir untuk menonton final nanti, mulai dari Paul Pogba, N'Golo Kante, dan Presnel Kimpembe.

Perlu diketahui bahwa ketiganya termasuk dalam skuad Prancis yang berhasil membantu memenangan Piala Dunia 2018 Rusia lalu. Sayangnya, di Piala Dunia 2022 Qatar ini mereka cedera dan tak bisa berlaga untuk negaranya.

Namun untuk Pogba, juga diberitakan bahwa klubnya saat ini Juventus tidak memperbolehkannya melakukan penerbangan jarak jauh saat masih dalam masa pemulihan.

Infografis Final Piala Dunia 2022
Infografis Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya