Cara Hilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata dengan Bahan-Bahan Alami

Lingkaran hitam di bawah mata dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetika, usia, kurang tidur, alergi, dehidrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran mata.

oleh Camelia diperbarui 18 Mar 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2023, 17:00 WIB
Inovasi Serum Berbahan Ekstrak Kaktus dan Kafein untuk Atasi Masalah Kantung Mata
Ilustrasi wajah. (dok. Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetika, usia, kurang tidur, alergi, dehidrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Meskipun mungkin sulit untuk menghilangkannya secara permanen, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan penampilannya dan mencegahnya menjadi lebih buruk. 

Semua orang bisa mengalami permasalahan ini, tak hanya mengganggu penampilan lingkar hitam di bawah mata juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Dilansir dari Times of India, berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran mata. 

Deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran mata

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam dan kantong di bawah mata, jadi usahakan tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.

Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat membuat lingkaran hitam lebih terlihat, jadi pastikan Anda minum banyak air sepanjang hari.

Kelola alergi

Alergi dapat menyebabkan bengkak dan perubahan warna di sekitar mata. Jika Anda memiliki alergi, usahakan untuk menghindari pencetus dan minum antihistamin sesuai kebutuhan.

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit halus di sekitar mata dan membuat lingkaran hitam lebih menonjol. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit Anda.

Gunakan kompres dingin

Menerapkan kompres dingin ke mata dapat mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran mata selanjutnya

Mengatasi Mata Panda
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Gunakan krim mata

Carilah krim mata yang mengandung kafein, vitamin K, atau retinol, yang dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam.

Pertimbangkan perawatan kosmetik

Jika lingkaran hitam Anda parah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan perawatan kosmetik seperti terapi laser atau pengisi yang dapat disuntikkan.

Penting untuk diingat bahwa lingkaran hitam mungkin tidak sepenuhnya dihilangkan, tetapi dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat meminimalkan tampilannya dan mencegahnya menjadi lebih buruk. Meskipun tidak ada jaminan obat untuk lingkaran hitam, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu mengurangi tampilannya:


Bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda

Penyebab dan Gejala Kanker Mata pada Anak
Penyebab dan Gejala Kanker Mata pada Anak (Sumber: Pixabay)

Irisan mentimun: Tempatkan irisan mentimun dingin di mata Anda selama 10-15 menit. Mentimun memiliki sifat pencerah kulit dan anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam.

Kantong teh: Tempatkan kantong teh bekas (dingin) di mata Anda selama 10-15 menit. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di sekitar mata.

Kompres dingin: Gunakan kompres dingin, seperti waslap yang dicelupkan ke dalam air dingin, untuk membantu mengurangi pembengkakan dan memperlancar aliran darah ke area tersebut.

Minyak almond: Oleskan beberapa tetes minyak almond di bawah mata Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Minyak almond kaya akan vitamin E, yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan memperbaiki tekstur kulit.

Jus tomat: Campurkan jus tomat dan jus lemon dengan perbandingan yang sama dan oleskan ke area bawah mata dengan bola kapas. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Jus tomat mengandung lycopene, antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya lingkaran hitam.

Air mawar: Rendam kapas dalam air mawar dan letakkan di mata Anda selama 10-15 menit. Air mawar memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan pada kulit serta dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak di sekitar mata.

Ingatlah bahwa pengobatan ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang, dan sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki lingkaran hitam yang terus-menerus.


Waspada, Sakit di Mata Bisa Jadi Tanda Penyakit Stroke

Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures
Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures

Stroke mata terjadi karena kurangnya aliran darah yang cukup ke jaringan yang terletak di bagian depan saraf optik. Penyumbatan ini bisa menyebabkan perubahan penglihatan secara tiba-tiba seperti kabur, area gelap, atau bayangan. Tanda penting lainnya adalah ketika stroke mata terjadi, hampir selalu terjadi hanya pada salah satu mata. 

 

Melansir dari Times of India, Senin (13/3/2023), sesuai data, penglihatan kembali 80 persen dari waktu jika terjadi penyumbatan yang tidak terlalu serius di arteri yang lebih kecil. Namun, jika pengobatan ditunda, bisa menimbulkan konsekuensi yang mengerikan bagi penglihatan karena kurangnya aliran darah ke jaringan yang terletak di bagian depan saraf optik.

Ketika saraf optik terputus sama sekali dari pasokan nutrisi dan oksigen, itu bisa merusak jaringan saraf, yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

Menurut situs Universitas Penn, kebanyakan individu dengan stroke mata mengalami kehilangan penglihatan di satu mata saat bangun di pagi hari. Kehilangan penglihatan ini dikaitkan dengan tidak ada rasa sakit. 

Selengkapnya...

INFOGRAFIS JOURNAL_ Ancaman Krisis Pangan Sudah Didepan Mata?
INFOGRAFIS JOURNAL_ Ancaman Krisis Pangan Sudah Didepan Mata? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya