Mengapa Puasa di Bulan Ramadhan Penting untuk Dilakukan Oleh Umat Muslim?

Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Lantas mengapa hal tersebut penting dilakukan umat muslim?

oleh Camelia diperbarui 22 Mar 2023, 19:05 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2023, 19:05 WIB
Amalan Sunnah di Hari Arafah
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Besok, tepatnya hari Kamis, 23 Maret 2023, seluruh umat muslim di tanah air akan menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tentu tak sedikit umat muslim yang tak sabar menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Tak hanya puasa, segala amal ibadah di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya.  

Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. 

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender lunar Muslim. Muslim dewasa yang sehat diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan dari fajar hingga senja selama satu bulan penuh. 

Berpuasa termasuk menahan diri dari minum, makan, tindakan tidak bermoral dan kemarahan. Ibadah lain seperti sholat, membaca Al-Qur'an dan amal juga dianjurkan untuk dilakukan selama bulan suci.

Selama bulan suci, umat muslim akan bangun pagi untuk makan sahur yang disebut sahur, dan mereka akan berbuka puasa saat waktu maghrib dengan makan yang disebut iftar.

Biasanya banyak masjid mengadakan buka puasa bersama, terutama bagi orang yang miskin dan membutuhkan. Sholat malam yang disebut Tarawih juga diadakan di masjid-masjid setelah berbuka puasa.


Mengapa umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan?

Pasar Ramadhan
Warga Kota Palangka Raya yang menjalankan ibadah puasa membeli anek panganan yang dijual di Pasar Ramadan di Jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya. (Liputan6.com/ Roni Sahala)

Dilansir Al jazeera, puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Ada juga ayat dalam Al-Qur'an yang mengatur puasa bagi semua umat Islam yang cukup dewasa dan sehat untuk melakukannya sepanjang hari.

Jadi sangat penting untuk umat Islam berpuasa di bulan suci Ramadhan. Puasa sebagai tindakan ibadah, kesempatan untuk lebih dekat dengan Tuhan, dan cara untuk menjadi lebih berbelas kasih kepada mereka yang membutuhkan.

Puasa juga dipandang sebagai cara untuk belajar sabar dan menghentikan kebiasaan buruk. Dengan berpuasa kita akan menahan hawa nafsu dan juga emosi. Ada banyak budaya atau tradisi yang berbeda selama Ramadhan bagi muslim di berbagai negara, apakah itu makanan khusus yang harus mereka masak, atau makan berbuka puasa bersama keluarga besar. Namun prinsip Islam seperti kedermawanan mengilhami sebagian besar tradisi ini, termasuk berbagi makanan dan mengundang tamu untuk berbuka puasa.

Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 melanda Ramadhan menjadi kurang meriah, di tengah pandemi virus corona karena semua negara, termasuk umat Islam, mengambil tindakan pencegahan untuk mengekang penyebaran virus dengan melarang atau membatasi pertemuan sosial, dan menutup masjid. Beberapa tahun lalu sholat tarawih bahkan tak boleh dilakukan berjamaah dan dianjurkan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Namun seiring berjalannya waktu, keadaan semakin membaik dan kita bisa menjalani sholat tarawih kembali di masjid secara berjamaah.


Kapan Ramadhan Berlangsung?

Menikmati Suasana Ramadhan di Masjid Biru Turki
Orang-orang berbuka puasa dengan latar belakang Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, dihiasi dengan lampu dan slogan bertuliskan "Ramadhan adalah cinta," menandai bulan Ramadhan, di distrik bersejarah Sultan Ahmed di Istanbul (13/4/2021). (AP Photo/Emrah Gurel)

Karena Ramadhan adalah bagian dari kalender lunar, tanggalnya setiap tahun berubah pada kalender Gregorian. Muslim cenderung menunggu hilal muncul sebelum mereka mengumumkan hari pertama Ramadhan. Namun, mereka masih bisa memperkirakan hari sebelumnya. Ramadhan tahun ini kemungkinan besar akan jatuh pada besok yaitu hari Kamis, 23 Maret 2023 yang juga dilakukan di sebagian besar negara mayoritas Muslim.


Berapa Lama Bulan Ramadhan Berlangsung?

Suasana Sholat Idul Fitri di Masjid Kubah Emas
Ribuan umat Islam melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/5/2021). Hari ini seluruh umat Islam dunia merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh di bulan suci Ramadhan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bulan lunar berlangsung antara 29 hingga 30 hari tergantung pada kapan bulan baru terlihat. Jika bulan tidak terlihat pada malam hari ke-29, maka Ramadhan berlangsung selama 30 hari penuh. Perayaan Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadhan. 

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya