Erick Thohir Temui FIFA untuk Bahas Piala Dunia U-20, Warganet: Semoga Tuhan Memudahkan Urusannya, Pak

Warganet mendoakan Erick Thohir yang terbang ke Doha menemui FIFA untuk membahas Piala Dunia U-20 2023

oleh Sulung Lahitani diperbarui 29 Mar 2023, 17:10 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2023, 17:10 WIB
Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir terbang ke Doha, Qatar, bertemu FIFA diduga terkait aksi penolakan Israel di Piala Dunia U-20. (Foto: Dok. Instagram @erickthohir)

Liputan6.com, Jakarta Buntut kisruh penolakan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Presiden Jokowi menugaskan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menemui FIFA guna mencari solusi penolakan tersebut.

"Saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," kata Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (28/3/2023).

Erick Thohir dijadwalkan berangkat ke Doha menemui petinggi federasi sepak bola dunia itu pada Rabu (29/3/2023) dini hari WIB.

"Mohon doa untuk kami semua yang memang ditugaskan agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Dan saya harapkan ada doa dari seluruh masyarakat Indonesia," tutur Erick Thohir.

Pada akun Twitter resminya, Erick Thohir mengunggah potret dirinya tengah berada di bandara dalam perjalanan menuju Doha.

"Bismillah," tulisnya.

Warganet mengomentari cuitan Ketua Umum PSSI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 itu. Mereka mendoakan urusan Erick Thohir lancar agar menemui jalan tengah yang terbaik bagi kedua belah pihak.

"Semoga berhasil mengemban misi bangsa buat kejayaan PSSI kedepan Pak ET!" cuit @ana***.

"Doa kami menyertaimu, semoga Tuhan memudahkan segala Urusan, Amin," tulis @Heralo***.

"Jaga kesehatan, Pak Erick Thohir. Jangan lupa ngopi dulu sebelum ketemu orang FIFA, ya," cuit @YRadi***.

"Semangat pak Erick, semoga lancar dan sukses," ujar @Eka_Duta***.

"Semangat Pak! Kalo emang Bali ga bisa kita punya Papua, stadionnya bagus! Kalo mau yang deket stadion Banten cakep juga tuh," tulis @Caviar***.


Temui Petinggi FIFA untuk Bahas Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir Minta Doa dari Masyarakat Indonesia

Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir terbang ke Doha, Qatar, bertemu FIFA diduga terkait aksi penolakan Israel di Piala Dunia U-20. (Foto: Dok. Instagram @erickthohir)

Ketua Umum PSSI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 Erick Thohir bakal segera bertemu petinggi FIFA guna membahas nasib Indonesia sebagai tuan rumah ajang FIFA World Cup-20. 

Sebagai, status Indonesia sebagai lokasi penyelenggaraan turnamen belakangan memang disebut tengah berada dalam posisi rentan. Gelombang penolakan partisipasi Israel di dalam negeri membuat federasi sepak bola dunia ambil sikap. 

FIFA memilih untuk membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada Jumat (31/3/2023) mendatang. Langkah ini dianggap sebagai peringatan keras bagi Indonesia yang sudah menandatangani perjanjian sebagai tuan rumah. 

Presiden RI Joko Widodo pun langsung buka suara menanggapi polemik pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Tanah Air. Dalam keterangan pers yang diberikannya pada Selasa (28/3/2023), tokoh nomor satu Indonesia meminta Erick Thohir untuk segera menyambangi FIFA demi mencari solusi. 

Adapun Ketua Umum PSSI dijadwalkan berangkat menemui petinggi federasi sepak bola duni pada Rabu (29/3/2023) dini hari WIB. Ia mengharapkan doa restu serta dukungan dari masyarakat Indonesia agar bisa menunaikan tugas dengan baik. 

"Saya sudah mendapat instruksi, perintah dari Bapak Presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi guna mencari solusi untuk sepak bola indonesia," tutur Erick saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Selasa (28/3/2023). 

 


Belum Siapkan Solusi

Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua LOC Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir
Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua LOC Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir saat memberikan keterangan di sela-sela pertandingan Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa (28/3/2023). (Melinda/Liputan6.com)

"Tentu seperti yang sudah saya sampaikan, ini bukan hal yang mudah, dan tentu ya saya akan berusaha semaksimal mungkin." 

"Mohon doa untuk kami semua yang memang ditugaskan agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Dan saya harapkan ada doa dari seluruh masyarakat Indonesia," sambung sosok yang pernah menjabat sebagai Presiden Inter Milan tersebut.

Erick Thohir sebelumnya mengaku belum menyiapkan opsi solusi untuk diajukan kepada federasi sepak bola dunia dalam pertemuan. 

Walau begitu, Ketum PSSI menyatakan bakal lebih dulu mendengar pandangan FIFA serta membuka diskusi guna menemukan penyelesaian atas persoalan tersebut. 

"Karena ini kan event-nya FIFA, jadi tentu kita harus mendengar pandangan dari FIFA terlebih dahulu dan seperti apa konsekuensinya," tutur Erick. 

"Nah di situlah baru kita bisa mulai berdiskusi mencari ruang, bagaiamana penyelesaian yang terbaik. Jadi kalau ditanya detail, saya belum siap, ya tentu kita lihat besoklah, rencana pertemuannya itu jam 1 sampai jam 5," tandasnya.


Bantah Ada Surat Pembatalan dari FIFA

Persiapan piala dunia U20 Ketua PSSI tinjau SU GBK
Ketua Umum PSSI merangkap Ketua LOC Erick Thohir menutup tur kunjungan ke enam venue Piala Dunia U-20 dengan mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (13/3/2023). Seperti diketahui, Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan satu dari enam lokasi yang ditunjuk menjadi venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah negara santer dikabarkan berniat mengajukan diri menjadi tuan rumah pengganti Piala Dunia U-20 2023. Beberapa nama yang ramai disebut ialah Argentina, Peru, dan Qatar. 

Erick sendiri menilai niatan tersebut merupakan hal yang wajar. Walau demikian, ia menegaskan hingga kini belum ada surat keputusan dari FIFA yang menyatakan Indinesia batal menjadi tuan rumah di turnamen tersebut. 

"Belum ada surat (pembatalan status tuan rumah), kalau ada pasti tidak mungkin kita tutupi," tutur Erick kepada awak media pada Selasa (28/3/2023) malam WIB. 

"Ini kan era keterbukaan, era profesionalisme di mana kami dari kepengurusan PSSI sangat terbuka sekarang, kita banyak mendengar (masukan) dari klub-klub, suporter..." sambungnya dalam kesempatan yang sama.

Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia Menanti Sanksi? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya