Top 3: Hasil Seleksi PPDB Jatim 2023 dan Cara Daftar Ulangnya

Artikel tentang hasil seleksi PPDB Jatim 2023 diumumkan hari ini, berikut cara daftar ulangnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 24 Jun 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2023, 10:03 WIB
Top 3: Hasil Seleksi PPDB Jatim 2023 dan Cara Daftar Ulangnya
Top 3: Hasil Seleksi PPDB Jatim 2023 dan Cara Daftar Ulangnya (PPDB)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim 2023 untuk jenjang SMA dan SMK telah diumumkan pada hari ini, Jumat (23/6/2023), mulai pukul 08.00 WIB pagi tadi. Pengumuman hasil seleksi PPDB Jatim 2023 jenjang SMA dapat dilihat secara online

Bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang berhasil lolos selanjutnya harus mencetak bukti penerimaan yang nantinya akan digunakan saat daftar ulang.

Daftar ulang bisa dilakukan di SMA/SMK tujuan CPDB. Untuk jadwal daftar ulang sendiri bisa dilakukan mulai Jumat (23/6/2023) hingga Sabtu (24/6/2023) mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB secara offline.

Sebelum mengetahui bagaimana tahapan daftar ulangnya, penting juga bagi Anda mengetahui cara melihat pengumuman hasil seleksi PPDB Jatim 2023 jenjang SMA/SMK. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs http://ppdbjatim.net/
  2. Selanjutnya klik pilihan 'Pengumuman'
  3. Lalu klik opsi 'Tahap I' dan kemudian klik opsi 'SMA'
  4. Nantinya akan muncul halaman berjudul 'Cetak Bukti Penerimaan Tahap I'
  5. Selanjutnya gunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan PIN untuk mengakses halaman PPDB Kota/Kabupaten. 
  6. Hasil seleksi akan muncul bersama dengan dokumen bukti pendaftaran. 
  7. Jika dinyatakan lolos, calon peserta didik selanjutnya akan diminta untuk mendaftar ulang.

Artikel tentang hasil seleksi PPDB Jatim 2023 diumumkan hari ini, berikut cara daftar ulangnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang niat Suleman temani Shahzada Dawood dalam kapal selam wisata Titanic bikin haru.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang kereta cepat Jakarta-Bandung gratis selama 3 bulan, warganet ramai-ramai tak sabar menjajal.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Hasil Seleksi PPDB Jatim 2023 Diumumkan Hari Ini, Berikut Cara Daftar Ulangnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

PPDB Jatim 2023 SMA
foto: Website resmi PPDB Jatim

Cara Daftar Ulang PPDB Jatim 2023 Bagi Calon Peserta Didik Baru yang Lolos Seleksi

1. Usai dinyatakan lolos, para CPDB tentunya harus melakukan daftar ulang, berikut ini adalah tahapan daftar ulang PPDB Jatim 2023 jenjang SMA/SMK:

2. Calon Peserta Didik Baru harus melakukan daftar ulang di sekolah tujuan secara offline sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

3. Saat melakukan daftar ulang peserta didik harus menyiapkan dokumen berupa: 

  • Bukti penerimaan
  • Fotocopy ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal
  • Fotocopy KK/SKD
  • Dokumen tambahan yang dibutuhkan oleh masing-masing kebijakan sekolah

4. Daftar ulang calon peserta didik tidak dipungut biaya. 

5. Calon Peserta Didik Baru diharuskan membawa dokumen asli. Jika terbukti melakukan pemalsuan data dan/atau dokumen, maka CPDB akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang telah ditentukan.

Selengkapnya...


2. Niat Suleman Temani Shahzada Dawood dalam Kapal Selam Wisata Titanic Bikin Haru

Shahzada Dawood (kanan) dan putranya, Suleman Dawood merupakan penumpang yang tewas dalam ledakan kapal selam wisata Titan. (Twitter/@AhsanKh15041654)
Shahzada Dawood (kanan) dan putranya, Suleman Dawood merupakan penumpang yang tewas dalam ledakan kapal selam wisata Titan. (Twitter/@AhsanKh15041654)

Pengusaha Pakistan Shahzada Dawood (48) dan putranya Suleman (19), adalah dua dari lima korban tewas seketika ketika kapal selam OceanGate mengalami 'ledakan dahsyat' hanya 1.600 kaki dari bangkai Titanic di Samudra Atlantik, pada Minggu, 18 Juni 2023.

Sebelum melakukan perjalanan dengan ayahnya, ternyata mahasiswa bisnis di Universitas Strathclyde di Glasgow ini merasa takut mengikuti ekspedisi kapal Titanic.

Hal tersebut diungkap bibi Suleman, Azmeh Dawood. Melansir dari Daily Mail, Jumat (23/6/2023), menurut Azmeh, keponakannya memberi tahu seorang kerabat bahwa dia tidak terlalu siap untuk perjalanan kapal selam wisata Titanic ini.

Tapi, Suleman merasa terdorong untuk menyenangkan ayahnya. Sebab, bertepatan di momen Hari Ayah, remaja ini ingin menunjukkan tanda cinta dengan menemani Shahzada Dawood dalam penjelajahan ini.

"Saya memikirkan Suleman, yang berusia 19 tahun, di sana, mungkin terengah-engah. Jujur saja, ini menyedihkan," ucap Azmeh kepada NBC News.

Kakak perempuan Shahzada Dawood, yang merupakan wakil ketua Engro Corporation, perusahaan dalam bidang pertanian, energi dan telekomunikasi ini merasa tidak percaya dan menganggap situasi kecelakaan tragis ini tidak nyata. Dia pun mengharapkan keajaiban.

"Saya merasa seperti terjebak dalam film yang sangat buruk. Secara pribadi saya merasa agak sulit untuk bernapas memikirkan mereka," sambung Azmeh.

OceanGate Expeditions, perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan kapal selam Titan dalam pernyataannya menyebutkan bahwa lima awak kapal selam, termasuk CEO dan pilotnya Stockton Rush "sangat disayangkan telah tewas."

Selain Shahzada Dawood dan Suleman Dawood, ada penumpang lainnya yang menjadi korban, miliarder Inggris Hamis Harding dan ahli Titanic Paul-Henri Nargeolet.

Selengkapnya...


3. Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Selama 3 Bulan, Warganet Ramai-Ramai Tak Sabar untuk Menjajal

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terparkir di Stasiun Tegalluar
Rangkaian kereta cepat terparkir di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 88,8 persen dan direncanakan beroperasi pada Juli 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pasalnya pemerintah dikatakan akan menggratiskan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung pada tiga bulan pertama masa soft operation. 

Periode promo kereta cepat Jakarta- Bandung ini berlaku mulai 18 Agustus sampai Oktober 2023 mendatang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya @ridwankamil, pada Jumat (23/6/2023).

“GRATIS SELAMA 3 BULAN PERTAMA, untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober. Pak @luhut.pandjaitan menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan kereta cepat ini. 354 km/jam adalah kecepatan tadi siang saat mengetes kereta cepat ini. Luar biasa. Halim-Padalarang hanya 20-an menit,” keterangan dalam unggahannya.

Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa dirinya telah menjajal pertama kali kereta cepat tujuan Halim-Padalarang tersebut. Nantinya pemerintah akan melanjutkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta hingga Surabaya. 

“Siang tadi, kami memulai perjalanan dari Jln. Sudirman Jakarta kita naik LRT ke Halim. Halim Padalarang dengan kereta Cepat. Dan dari Padalarang ke pusat kota Bandung naik kereta feeder, atau lanjut ke stasiun akhir Tegal Luar. Doakan proses pengetesan2 lancar dan akhirnya kemajuan infrastruktur transportasi ini bisa kita gunakan bersama-sama. Tahap 2 adalah Bandung-Kertajati-Yogya-Solo-Surabaya. Studi kelayakan disepakati untuk segera dilakukan. Hatur Nuhun,” tutupnya. 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya