Warna yang Tidak Anda Sukai Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Menurut Terapis

Tahukah Anda bahwa warna yang tidak Anda sukai ternyata bisa ungkap kepribadian, berikut penjelasannya.

oleh Camelia diperbarui 04 Jul 2023, 15:04 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 07:02 WIB
Warna yang Tidak Anda Sukai Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Menurut Terapis
Warna yang Tidak Anda Sukai Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Menurut Terapis (Sumber: PIxabay)

Liputan6.com, Jakarta - Baik secara sadar atau tidak sadar, Anda kemungkinan besar akan tertarik pada warna tertentu dibandingkan warna lain. Psikologi warna, yang mengeksplorasi bagaimana warna pilihan Anda membentuk dan mencerminkan perilaku dan suasana hati Anda, dapat memberikan beberapa petunjuk tentang alasannya.

"Warna bisa sangat kuat dalam membangkitkan respons emosional tertentu, yang dapat mengikat kepribadian," jelas psikoterapis dan CEO Holistic Wisdom, Lisa Lawless, PhD.

Sebaliknya, memiliki reaksi negatif yang jelas terhadap satu warna juga bisa mengungkapkan seperti apa kepribadian Anda. Ingin mengetahui apa yang dikatakan warna yang paling Anda benci tentang kepribadian Anda menurut pakar psikologi? Berikut ulasannya dilansir dari Best Life, Senin (3/7/2023).

Biru

Biru adalah warna yang sangat populer, sedemikian rupa sehingga ketika jajak pendapat YouGov mensurvei warga dari 10 negara yang berbeda, semua 10 melaporkan preferensi yang kuat untuk warna tersebut.

"Biru sering dikaitkan dengan perasaan ketenangan, stabilitas, dan keandalan. Hal ini berlaku untuk berbagai warna di alam, dan biru sering mengingatkan orang pada langit dan perairan, yang menurut kebanyakan orang menarik," jelas Lawless.

Psikoterapis menjelaskan bahwa jika seseorang sangat tidak menyukai warna biru, itu bisa menunjukkan bahwa mereka memiliki kepribadian yang karismatik dan mendambakan kegembiraan.

"Mereka mungkin menganggap biru membosankan dan monoton dan lebih menyukai warna yang lebih dinamis. Orang lain mungkin menganggap biru sebagai sesuatu yang membuat depresi atau dingin dan tertarik pada warna yang menawarkan lebih banyak semangat dan kehangatan," catatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hijau

Ilustrasi warna hijau
Ilustrasi warna hijau/Teepeejoy.com.

Warna hijau dikaitkan dengan kesehatan, ambisi, dan vitalitas. Itu cenderung mengingatkan orang pada pohon, rumput, dan simbol lain dari alam yang berkembang.

Daniel Rinaldi, terapis dan pendiri Live Your F'N Life Coaching, mengatakan bahwa mengingat asosiasi ini, sangat tidak menyukai warna hijau dapat menunjukkan bahwa hal-hal seperti pertumbuhan, kedamaian, dan harmoni lebih rendah dalam daftar prioritas Anda.

"Anda mungkin seseorang yang menghargai rutinitas terstruktur dan tidak menyukai ketidakpastian, seperti dalam ketidakpastian yang indah dari flora dan pertumbuhan alam," jelasnya.

Lawless menambahkan bahwa orang lain melihat warna hijau melalui lensa yang berbeda. "Itu bisa melambangkan asosiasi negatif seperti iri hati atau keserakahan bagi sebagian orang karena hubungannya dengan uang dan dongeng menyoroti hubungan hijau dengan kecemburuan."


Ungu

Ilustrasi kain berwarna ungu (pixabay)
Ilustrasi kain berwarna ungu (pixabay)

Ungu adalah warna berani yang sering dianggap unik, aneh, dan kreatif. Itu sebabnya, jika Anda membenci warna ungu, itu mungkin mencerminkan tipe kepribadian yang lebih praktis.

"Orang yang tidak menyukai warna ungu mungkin menunjukkan penolakan terhadap kreativitas dan imajinasi," jelas Rinaldi. "Kamu mungkin seseorang yang bersandar pada logika daripada terlibat dalam pengejaran seperti mimpi."

Lawless menawarkan pandangan lain tentang mengapa warna ungu mungkin tidak menarik bagi beberapa orang.

"Ungu sering dikaitkan dengan royalti, yang dapat membuat beberapa orang melihatnya sebagai pamer dan sia-sia. Ini sering digunakan dalam pengaturan agama dan spiritual dan dapat dikaitkan secara negatif dengan sihir, guna-guna, berkabung, dan kematian. Karena merupakan warna yang jarang ditemukan di alam, warna ini juga dapat diasosiasikan dengan kepalsuan."


Pink

Ilustrasi Baju Pink
Ilustrasi baju pink (dok. Pixabay.com/JESHOOTS-com/Putu Elmira)

Kedua ahli sepakat bahwa ketidaksukaan yang kuat terhadap warna pink kemungkinan besar terkait dengan hubungan Anda dengan gender.

"Pink sering diasosiasikan dengan feminitas dan anak-anak," jelas Lawless. "Hal ini mungkin benar terutama bagi mereka yang menganut keyakinan misoginis yang menyamakan feminitas dengan kelemahan atau kedangkalan. Pengkodean warna berdasarkan gender ini dapat membuat merah muda terasa memuakkan bagi mereka."

Rinaldi mengatakan bahwa meskipun penolakan terhadap warna pink sering kali merupakan penolakan terhadap feminitas itu sendiri, itu juga bisa menjadi penolakan terhadap stereotip yang diasosiasikan dengan wanita. Lawless setuju bahwa beberapa orang mungkin tidak suka warna pink karena hubungannya dengan norma gender biner.


Merah

Ilustrasi warna merah
Ilustrasi warna merah (Gambar oleh Dr Carl Russell dari Pixabay)

Merah paling sering diasosiasikan dengan gairah, keberanian, dan intensitas dan bagi banyak orang, itulah daya tarik utama warna tersebut. Namun, Lawless menunjukkan bahwa itu juga dapat memiliki asosiasi negatif, seperti agresi dan bahaya.

"Lampu lalu lintas dan tanda berhenti dapat menunjukkan peringatan dan ancaman terhadap keselamatan pribadi, sedangkan darah dapat dikaitkan dengan bahaya," jelasnya. "Bagi sebagian orang, itu bisa mengingatkan mereka pada warna yang terlalu provokatif untuk selera pribadi mereka."

Karena asosiasi ini, merah mungkin terasa terlalu kuat atau berlebihan bagi mereka yang lebih menyukai lingkungan yang tenang dan menenangkan, katanya.

Jika Anda membenci warna merah, "Anda dapat memilih pengalaman yang lebih tenang dan pendiam, menghindari situasi yang membutuhkan energi atau perhatian tinggi," kata Rinaldi.


Oranye

Padu Padan Outfit Warna Oranye yang Tepat Agar Tidak Norak
Sebagai warna yang menyala, oranye bisa kamu padukan dengan inner cream yang netral [@biyanofficial]

Lawless mengatakan bahwa oranye biasanya melambangkan kreativitas, kegembiraan, dan kehangatan. Namun, beberapa orang melihatnya sebagai warna yang terlalu merangsang dan tidak canggih. Yang lain mengaitkannya dengan Halloween, yang dapat menimbulkan konotasi negatif, seperti takhayul, ketakutan, perubahan, dan ketidakstabilan.

"Seseorang yang tidak menyukai warna oranye mungkin memiliki preferensi untuk moderasi," kata Rinaldi, menambahkan bahwa mereka yang membenci warna mungkin lebih menyukai estetika yang tidak mencolok daripada elemen yang menarik perhatian. "Itu juga bisa menunjukkan ketidaksukaan terhadap spontanitas dan preferensi untuk prediktabilitas," tambahnya.


Kuning

Parade Busana Seleb Dunia di Show Pertama Pharell Williams untuk Louis Vuitton, Ada Jackson Wang, Rihanna hingga Song Joong Ki
Beyonce tampil bright dengan set satin berwarna kuning dengan kacamata besar khas Louis Vuitton [Louis Vuitton]

Warna kuning masuk dalam daftar warna yang disukai, menurut jajak pendapat YouGov. Para ahli menjelaskan mengapa warna bisa sangat terpolarisasi.

"Kuning sering diasosiasikan dengan kegembiraan, optimisme, dan energi dan dapat merangsang mental," kata Lawless. "Namun, warna kuning juga bisa merangsang secara berlebihan dan menimbulkan rasa cemas bagi orang-orang."

Rinaldi setuju bahwa warna tersebut mungkin terasa berlebihan bagi sebagian orang. "Jika Anda sangat tidak menyukai warna kuning, itu bisa menyiratkan preferensi untuk keseriusan dan kehati-hatian daripada optimisme. Anda mungkin menemukan warna-warna cerah dan cerah yang berlebihan dan lebih menyukai hal-hal yang lebih tenang. Ini mungkin juga menunjukkan kecenderungan introspeksi dan perhatian."

Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023
Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya