7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Tanpa Menjadi Sombong

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang kurang percaya diri, namun jangan khawatir berikut deretan tips untuk meningkatkan kepercayaan diri.

oleh Camelia diperbarui 18 Jul 2023, 17:21 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2023, 16:11 WIB
Percaya Diri
Ilustrasi Percaya Diri Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa beberapa orang kurang percaya diri, dan pengalaman masa lalu adalah salah satunya. Cara seseorang dibesarkan dan diperlakukan sebagai seorang anak dapat mempengaruhi seluruh sikap mereka di masa depan.

Selain itu, di zaman sekarang ini, pemasaran produk bertujuan untuk membuat orang merasa kekurangan sesuatu sehingga dapat membuat mereka membeli suatu produk untuk mengisi kekosongan tersebut. Namun jangan khawatir, berikut ini deretan cara meningkatkan kepercayaan diri Anda tanpa terlihat sombong dilansir dari Brightside:

1. Cobalah untuk mengabaikan keyakinan yang membatasi Anda

Terkadang orang cenderung berkonsentrasi pada hal-hal yang menurut mereka tidak dapat dilakukan, dan mereka membiarkan pikiran-pikiran ini membuat mereka tetap rendah diri. 

Mereka mengurangi kemampuan mereka lebih dari yang mereka pikirkan, dan mereka membiarkan hal-hal negatif menjalankan hidup mereka. Ketika momen-momen seperti ini muncul di depan Anda, balikkan keadaan dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa mencobanya. Tidak ada salahnya mencoba dan jika Anda berhasil, Anda akan membuktikan pada diri sendiri bahwa tidak ada yang mustahil bagi Anda selama Anda mau berusaha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Hadapi ketakutan Anda dan dapatkan kendali atas hidup Anda

Ilustrasi kebebasan, menikmati hidup, percaya diri
Ilustrasi kebebasan, menikmati hidup, percaya diri. (Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay)

Ketika kita membiarkan rasa takut menguasai diri kita, kita cenderung kehilangan kendali atas hidup kita dan juga kehilangan kepercayaan diri. Jadi, alih-alih menyerah pada ketakutan terbesar kita, kita bisa memutuskan untuk menatapnya langsung. 

Ini adalah satu-satunya cara agar kita dapat menaklukkannya dan meninggalkannya untuk selamanya. Ini adalah kemenangan pribadi yang menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat mengendalikan hidup kita, apapun yang terjadi.

3. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Dalam sebuah penelitian tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan diri mereka sendiri dengan orang lain di media sosial merasa sangat iri. 

Dan ketika mereka merasa iri terhadap orang lain, mereka juga merasa tidak enak dengan diri mereka sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri akan kesuksesan Anda dalam hidup dan hal-hal yang telah Anda capai sejauh ini. Apa yang Anda lihat secara online tidak selalu akurat, dan Anda harus selalu mengingatnya.


4. Bersikaplah tegas

Ilustrasi Percaya Diri.
Ilustrasi Percaya Diri. (Photo Copyright by Pixabay)

Stres dan kurangnya rasa percaya diri adalah hal yang sering membuat orang tidak memiliki ketegasan dalam kegiatan sehari-hari. Tapi ini adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting yang membuat orang lain menghormati Anda dan menunjukkan bahwa Anda selalu membela hak-hak Anda.

Cara Anda berdiri dan cara Anda menyusun kata-kata Anda memainkan peran penting dalam membuat maksud Anda didengarkan dan dihormati. Anda tidak perlu malu atau bersikap santai ketika meminta hak-hak dasar Anda.

5. Jaga pikiran dan tubuh Anda

Ada empat hal yang dibutuhkan otak dan tubuh Anda agar dapat bekerja dengan kemampuan terbaiknya yaitu pola makan yang baik, olahraga, tidur, dan meditasi. Keempat hal ini juga merupakan aktivitas yang membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dan terlihat lebih tegas di masyarakat. Keempat kegiatan ini telah terbukti meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, sekaligus memberi Anda sikap yang lebih positif.


6. Jangan takut untuk menerima pujian atas pencapaian Anda

Ilustrasi bekerja, percaya diri, bahagia, tertawa
Ilustrasi bekerja, percaya diri, bahagia, tertawa. (Photo by Mateus Campos Felipe on Unsplash)

Beberapa orang takut bahwa membanggakan pencapaian mereka akan membuat mereka terlihat sombong dan angkuh. Namun, hal ini tidak benar, karena membiarkan atasan Anda tahu bahwa sesuatu yang Anda lakukan telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa bisa sangat bermanfaat bagi Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga akan merasa nyaman dengan diri Anda sendiri karena mengetahui bahwa hasil kerja keras Anda diketahui oleh orang-orang yang paling penting. Tentu saja, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan bahasa dan sikap yang tepat.


7. Mempelajari keterampilan baru

Ilustrasi percaya diri
Ilustrasi percaya diri. (Photo by Sebastian Pandelache on Unsplash)

Tidak ada orang yang tahu segalanya atau sempurna dalam hal yang sudah mereka ketahui, yang berarti pertumbuhan selalu menjadi pilihan. Anda bisa mendengarkan podcast dan buku-buku bimbingan untuk mendapatkan inspirasi dan mulai mengasah keterampilan Anda. 

Saat pengetahuan Anda terus bertambah, Anda akan melihat bahwa kepercayaan diri Anda juga meroket dengan cara yang terbaik. Mengisi kekurangan yang Anda rasakan tidak hanya akan membangun Anda di mata Anda sendiri, tetapi juga di mata orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya