5 Cara Menyisir Rambut Agar Tidak Rontok yang Wajib Kalian Coba

Berikut ini deretan cara menyisir rambut agar tidak rontok yang bisa kalian lakukan.

oleh Camelia diperbarui 06 Sep 2023, 18:07 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 16:15 WIB
Menyebabkan Timbulnya Jerawat dan Perontokan Pada Rambut
Ilustrasi Rambut Rontok Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut yang sehat dan kuat tentu merupakan impian banyak orang. Sayangnya banyak yang mengalami berbagai permasalahan rambut seperti rambut rontok. Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan rambut yang dialami banyak orang baik wanita maupun pria. 

Dermatolog asal New York, Francesca Fusco berkata, "Rata-rata, kita kehilangan lima puluh hingga seratus helai rambut setiap hari. Itu hanya rambut yang sedang menjalani siklusnya, dan akan ada rambut baru yang menggantikannya."

Sebenarnya ada banyak penyebab rambut rontok, namun tak jarang juga itu karena alasan alami seperti pergantian siklus rambut. Namun, jika rambut Anda terus-menerus rontok karena menyisir, ada beberapa hal yang perlu diingat. Dilansir dari Bustle, Rabu (6/9/2023), berikut ini deretan cara menyisir rambut agar tidak rontok yang bisa kalian lakukan. 

1. Gunakan Sisir yang Tepat

Hal ini sangat penting untuk diingat saat menyisir rambut. Untungnya, ini tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk satu sisir. Dermatolog Paradi Mirmirani merekomendasikan penggunaan sikat rambut yang terbuat dari plastik dan memiliki jarak yang lebar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kurangi Menyisir Sepanjang Hari

Membasmi Kutu Rambut dengan Sisir Serit
Ilustrasi Sisir Serit Credit: pexels.com/pixabay

Semakin sering Anda menyisir rambut dan menggunakan produk pada rambut, rambut Anda akan semakin rapuh dan rusak sehingga menyebabkan lebih banyak rambut rontok. Usahakan untuk tidak menyisir rambut terlalu sering sepanjang hari, dan usahakan membiarkan rambut Anda bernapas dan rileks sesekali.

3. Jangan Menyisir Saat Rambut Basah

Salah satu hal terburuk yang mungkin Anda lakukan adalah menyisir rambut basah Anda. Rambut Anda sangat halus saat basah, jadi memberikan tekanan pada rambut akan membuat helaian rambut lebih mudah patah. Namun untuk mencegah kerontokan rambut yang tidak perlu, daripada menyisir rambut saat basah, pastikan rambut sudah kering terlebih dahulu.


4. Menyisir Rambut per Bagian Kecil

Memerhatikan Cara Menyisir Rambut
Ilustrasi Cara Menyisir Rambut Credit: unsplash.com/Prior

Daripada menyikat dari akar ke ujung, sikatlah dalam bagian-bagian kecil. Mulailah menyisir setengah dari ujung dan gerakkan ke atas dan ke bawah dari sana. Kemudian pindah ke akar rambut Anda dan sapukan sedikit di atas tanda setengahnya. Dengan begitu, Anda tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada helaian rambut halus Anda.

5. Cuci atau Ganti Sikat Rambut Anda secara Rutin

Sama seperti alat atau produk lain yang Anda gunakan selama ini, selalu penting untuk menggantinya demi alasan higienis. Saat Anda menggunakan sisir rambut berulang kali, Anda terus-menerus menumpuk bahan kimia dan produk yang memengaruhi folikel rambut setiap kali digunakan. Cuci sisir Anda atau beli yang baru secara rutin.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya