Profil dan Agama Danilla Riyadi yang Sukses di Dunia Musik dan Akting

Danilla Riyadi adalah musisi keren yang diakui oleh banyak musisi. Ia memiliki suara unik, lagunya menarik, dan memiliki keahlian dalam bermain gitar. Tidak hanya itu, ia dikagumi kaum muda dan dinobatkan sebagai ratu musik indie.

oleh Adelia Rahmawati diperbarui 09 Jan 2024, 18:38 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 18:27 WIB
10 Gaya Indie Danilla Riyadi yang Kerap Membius di Atas Panggung, Kenakan Blazer hingga Dress Pink
Danilla tampil gaya khas anak indie kenakan kemeja animal print dengan blazer dan celana hitam [@danillariyadi]

Liputan6.com, Jakarta Danilla Riyadi dikenal sebagai seorang musisi yang keren dan sudah diakui oleh beberapa musisi ternama. Kemampuannya dalam bernyanyi dengan suara unik dan merdu, bakat menulis lagu, serta keahlian dalam memainkan gitar, telah menandai prestasinya dalam dunia musik. 

Lebih dari itu, karya-karya Danilla Riyadi sangat disukai oleh kalangan anak muda penggemar musik indie, bahkan meraih gelar sebagai ratu musik indie berkat kepopulerannya di kalangan tersebut. 

Oleh karena itu, tidak sedikit pula dari penggemarnya yang penasaran dengan profil dan biodata Danilla Riyadi. Berikut profil Danilla Riyadi yang dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (09/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil dan Biodata Danilla Riyadi

[Fimela] Danilla Riyadi
Danilla Riyadi (Daniel Kampua/Fimela.com)

Nama Lengkap : Danilla Jelita Poetri Riyadi

Pendidikan : Universitas Persada Indonesia Jurusan Broadcasting

Kewarganegaraan : Indonesia

Instagram : @danillariyadi

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : 12 Februari 1990

Akun Youtube : Danilla Riyadi

Zodiak : Aquarius

Profesi : Penyanyi, penulis lagu, aktris

Tahun Aktif : 2013 sampai sekarang

Situs Web : danillaofficial.com

Danilla adalah putri dari Wansyah Fadli dan Ika Ratih Poespa. Ia lahir pada 12 Februari 1990 di Jakarta, memiliki keturunan Tionghoa, dan mewarisi bakat seni yang kuat dari keluarganya.

Ibunya seorang penyanyi Jazz, sementara neneknya dulu terkenal sebagai penyanyi keroncong pada era 60-an. Pamannya, Dian Pramana Poetra juga seorang musisi terkenal. Bahkan, menurut beberapa sumber, ayahnya adalah seorang vokalis dan gitaris di salah satu grup band. 

Oleh karena itu, tak heran jika Danilla Riyadi mengikuti jejak keluarganya untuk meniti karier sebagai musisi. Selain bakatnya, tentu saja, kerja kerasnya juga turut berperan dalam meraih ketenaran seperti sekarang.

Sayangnya, Danilla pernah menjadi korban bullying karena ukuran tubuhnya yang lebih besar daripada teman-teman sebayanya. Hal tersebut membuatnya dijauhi dan kesulitan mendapatkan teman bermain.


Agama Danilla Riyadi

Danilla Riyadi
(Instagram/danillariyadi)

Danilla Riyadi telah menganut agama Kristen sejak lahir bersama dengan keluarganya. keyakinannya tak hanya ia jadikan sebagai pijakan dalam kehidupan pribadi, tetapi juga sebagai sumber inspirasi dalam setiap melodi dan lirik yang ia ciptakan.


Pendidikan

6 Potret Kocak Artis saat SMA Vs Kini Ini Kocak Banget
Danilla Riyadi saat SMA vs kini (Sumber: Twitter/danillajpr)

Selama berkuliah di Jurusan Broadcasting, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I, ia sempat berhenti kuliah selama dua tahun karena sibuk menekuni karier musiknya. 

Agar bisa melanjutkan kuliahnya, ia harus mandiri mencari uang karena sang ayah tak menyetujui keputusannya saat ia memutuskan untuk berhenti kuliah.


Perjalanan Karier

[Fimela] Penampilan Danilla Riyadi di BNI Java Jazz Festival 2022
Penampilan Danilla Riyadi di BNI Java Jazz Festival 2022

Pada 1973, saat berusia 17 tahun, Danilla Riyadi diberi kesempatan untuk membuat album solo oleh Richard Buntario, teman dari pamannya yang seorang sutradara. Meskipun demikian, perempuan asal Jakarta ini memulai perjalanan karir di dunia tarik suara pada 2010 dengan mendirikan band bernama Orca.

Tahun 2014, album debutnya yang berjudul ‘Telisik’, dirilis dengan empat single populer seperti ‘Buaian’, ‘Ada di Sana’, ‘Berdistraksi’, dan ‘Terpaut Oleh Waktu’. Album ini diakui sebagai salah satu album terbaik oleh Rolling Stone Indonesia dan membantu Danilla meraih gelar Best New Act. 

Di awal karirnya, ia juga berkiprah sebagai bagian dari tim kreatif di MNCTV dan bahkan mengajar di Gymboree untuk memperoleh penghasilan tambahan. Tahun 2016, ia membuat video klip untuk lagu ‘Junko Furuta’ sebagai ungkapan keprihatinannya terhadap kasus pemerkosaan yang marak saat itu. 

Album keduanya yang berjudul ‘Lintasan Waktu’, dirilis pada 3 Agustus 2017 dan berhasil menjadi salah satu album terbaik tahun itu. Pada 2018, ia dinominasikan dalam kategori Album of the Year dan Female Singer of the Year di Indonesian Choice Awards.

Terus mengembangkan bakatnya, ia menciptakan dan menjadi produser sebuah album mini yang menyoroti isu sosial dengan judul ‘Fingers’. Danilla juga menciptakan serta menyanyikan lagu ‘Batas’ sebagai lagu di film ‘KKN di Desa Penari’ pada 2020. 

Tidak hanya dalam bidang musik, ia juga merambah dunia seni peran dengan berperan dalam beberapa film seperti ‘Pretty Boys’, ‘Koboy Kampus’, dan ‘Losmen Bu Broto’. Perannya di ‘Pretty Boys’ bahkan membawanya meraih nominasi sebagai Aktris Pendatang Baru Terpilih di Piala Maya 2019.

Untuk meningkatkan pendapatan, ia memiliki berbagai bisnis di bidang merchandise dengan nama ‘Buah Tangan Danilla’, juga vape liquid, serta bisnis di F&B dengan menjual donat bernama ‘Lawless Donuts’.


Penghargaan

7 Potret Danilla Riyadi saat Tampil di Atas Panggung, Curi Perhatian
Danilla Riyadi (Sumber: Instagram/danillariyadi)
  • Anugerah Musik Indonesia 2022 – Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik – KIW
  • Anugerah Musik Indonesia 2021 – Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Urban Terbaik – Don’t Touch Me (bersama Marion Jola & Ramengvrl)

Apa Saja Lagu Hits Danilla?

Terdapat beberapa lagu hits Danilla antara lain yaitu ‘Ada Disana,’ ‘Terpaut oleh Waktu,’ dan ‘Berpisah.’


Apakah Danilla Terlibat Dalam Proyek Film?

Meski terkenal sebagai penyanyi, Danilla juga merambah ke dunia film dalam beberapa proyek.


Apakah Danilla Sudah Menikah?

Meski sukses dalam musik dan akting, Danilla belum menikah hingga kini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya