Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Laptop yang Tepat dan Aman

Dengan teknologi yang terus berkembang, laptop semakin menjadi lebih portable, ringan dan powerful. Penting untuk secara rutin membersihkan laptop Anda agar tetap berkinerja optimal.

oleh Fahmi Zaenal Mutakin diperbarui 21 Jul 2024, 14:02 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 14:02 WIB
Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Laptop yang Tepat dan Aman
Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Laptop yang Tepat dan Aman (freepik/katemangostar)

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan laptop telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Dari bekerja, belajar, hingga bersosialisasi dan hiburan, laptop memainkan peran krusial dalam mendukung berbagai aktivitas ini.

Dengan teknologi yang terus berkembang, laptop semakin menjadi lebih portable, ringan dan powerful. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan segala macam kegiatan di mana pun mereka berada.

Namun, dengan segala fungsinya yang ditawarkan, laptop juga rentan terhadap kotoran. Debu bisa mengendap di luar cover, layar, keyboard, dan port-portnya. Bahkan debu yang terperangkap di ventilasi atau kipas bisa mengganggu kinerja mesin laptop.

Oleh karena itu, penting untuk secara rutin membersihkan laptop Anda agar tetap berkinerja optimal. Pembersihan sederhana dengan kain lembut, sedikit alkohol, dan kemoceng bisa membuat laptop Anda terlihat bersih dan berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa cara yang aman untuk membersihkan laptopmu, seperti melansir dari Lifehacker, Minggu (21/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peralatan yang harus Anda siapkan sebelum membersihkan laptop

Contoh ilustrasi kain lap dari mikrofiber
Kain yang terkenal akan memudahkan untuk membersihkan dapur serta ruangan lain sebab menjadi magnet untuk kotoran-kotoran bisa kamu bersihkan dengan cara ini agar tetap wangi dan tidak bau lagi (Foto: Unsplash.com/everdrop GmbH)

Sebelum membersihkan laptop Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan proses pembersihan berjalan aman:

Pertama, pilihlah kain bebas serat atau kain mikrofiber sebagai alat pembersih utama. Keduanya sangat baik untuk membersihkan layar dan bagian-bagian sensitif laptop tanpa meninggalkan goresan.

Gunakan alkohol isopropil dengan konsentrasi 70% sebagai cairan pembersih. Alkohol ini cepat menguap sehingga aman digunakan pada port atau keyboard tanpa risiko merusak bagian dalam laptop.

Kemoceng elektrik tanpa kabel yang dilengkapi dengan bulu-bulu pembersih yang lembut sangat efektif untuk membersihkan debu dari area-area sulit dijangkau. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kompresor udara bertekanan rendah, tetapi pastikan untuk tidak menggunakan tekanan udara yang terlalu tinggi.

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan laptop dalam keadaan mati dan kabel daya sudah dilepas. Langkah ini penting untuk mencegah kerusakan akibat arus listrik dan memastikan keamanan selama proses pembersihan.

 


Cara membersihkan laptop Apple MacBook Anda

MacBook Pro
Ilustrasi render MacBook Pro karya Martin Hajek (Sumber: Tech Insider)

Apple memberikan panduan yang jelas untuk membersihkan MacBook Anda dengan aman. Untuk membersihkan bagian luar MacBook, gunakan kain lembap yang tidak berbulu. Pastikan kain tersebut hanya dibasahi dengan sedikit air. Usaplah bagian luar MacBook dengan lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Khusus untuk layar MacBook, gunakan kain yang dibasahi dengan sedikit air. Pastikan kain bersih dan basah lembap, bukan basah kuyup. Usaplah layar dengan lembut untuk menghindari meninggalkan kelembapan di celah-celahnya. Jangan pernah menyemprotkan cairan langsung ke layar.

Jika Anda memiliki noda yang membandel atau sidik jari yang sulit dihilangkan dari layar atau bagian luar MacBook, Anda dapat menggunakan larutan alkohol isopropil 70%. Basahi kain lembap dengan larutan ini dan gunakan untuk membersihkan layar atau bagian cover luar MacBook dengan lembut.

Penting untuk diingat, jangan menggunakan semprotan aerosol, pelarut, bahan abrasif, atau pembersih yang mengandung hidrogen peroksida karena dapat merusak MacBook Anda.

Untuk membersihkan port atau ventilasi udara di belakang engsel MacBook, Anda dapat menggunakan kemoceng yang lembut atau kompresor udara bertekanan rendah. Pastikan untuk melakukan pembersihan dari jarak yang aman agar tidak mendorong debu lebih dalam ke dalam port-port tersebut.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat merawat MacBook Anda dengan aman dan memastikan bahwa perangkat tetap dalam kondisi baik dan berkinerja optimal.

 


Cara membersihkan laptop Dell, HP, atau laptop Windows lainnya

Ilustrasi Bermain Laptop
Simak beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua sebelum memilih dokter anak. (unsplash.com/Christin Hume)

Petunjuk untuk membersihkan laptop Windows serupa dengan MacBook, namun dengan beberapa perbedaan dalam detailnya. 

Gunakan isopropil alkohol 70% untuk membersihkan laptop Anda. Basahi kain mikrofiber dengan alkohol ini (pastikan kain lembap, tidak basah menetes) dan gunakan untuk membersihkan bagian luar, layar dan keyboard laptop. Hindari menyemprotkan langsung alkohol ke laptop.

Isopropil alkohol cepat mengering, sehingga tidak akan menyebabkan masalah pada komponen internal laptop Anda.

Gunakan kompresor udara dengan tekanan rendah untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin terperangkap di sela-sela dan port-port laptop. Hindari tekanan udara yang terlalu tinggi untuk menghindari kerusakan.

Untuk membersihkan port dan ventilasi di bagian belakang laptop, gunakan kemoceng yang lembut. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati agar tidak merusak port-port tersebut.

Siapkan bahan-bahan seperti alkohol isopropil, kain mikrofiber, dan kemoceng sehingga Anda dapat membersihkan laptop secara teratur, idealnya setiap beberapa minggu sekali.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat merawat laptop Windows Anda dengan baik, menjaga agar tetap bersih dan berkinerja optimal. Perawatan rutin seperti ini akan membantu mempertahankan kehandalan laptop Anda dalam jangka waktu yang lama, serta mengurangi risiko masalah teknis karena akumulasi debu dan kotoran.     

INFOGRAFIS JOURNAL_Digitalisasi Teknologi Membuat Adanya Perubahan Transaksi Pembayaran
INFOGRAFIS JOURNAL_Digitalisasi Teknologi Membuat Adanya Perubahan Transaksi Pembayaran  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya