5 Tanda Anda Lelah Menjalani Hubungan, Coba Rehat Dulu

Kelelahan dalam hubungan menunjukkan suatu kondisi kelelahan emosional dan keterpisahan yang bisa membahayakan kesejahteraan dan ketahanan suatu hubungan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 01 Apr 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2024, 14:03 WIB
5 Tanda Anda Lelah Menjalani Hubungan, Coba Rehat Dulu
5 Tanda Anda Lelah Menjalani Hubungan, Coba Rehat Dulu - Credit: unsplash.com/Milan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hubungan cinta, semangat dan antusiasme awal terkadang bisa berkurang, sehingga menimbulkan perasaan lelah dan kecewa. 

Meskipun setiap hubungan mengalami pasang surut, penting untuk mengetahui kapan gejala ini bisa menandakan masalah yang lebih dalam.

Kelelahan dalam hubungan menunjukkan suatu kondisi kelelahan emosional dan keterpisahan yang bisa membahayakan kesejahteraan dan ketahanan suatu hubungan.

Berikut beberapa tanda kelelahan dalam hubungan, seperti melansir dari Times of India, Minggu (31/3/2024).

1. Konflik terus-menerus

Perbedaan pendapat dan perselisihan adalah hal yang biasa dalam hubungan apa pun. Namun, jika konflik menjadi hal biasa dan tidak menjadi pengecualian dan tidak terselesaikan, hal ini mungkin menandakan kelelahan.

Pertengkaran yang terus-menerus tanpa penyelesaian bisa merusak kepercayaan dan keintiman seiring berjalannya waktu.

2. Komunikasi yang tidak baik

Komunikasi yang efektif menjadi landasan bagi setiap hubungan yang berkembang. Ketika dialog yang transparan berkurang dan percakapan menjadi berulang-ulang atau tegang, hal ini bisa mengindikasikan adanya kekhawatiran yang mendasarinya.

Mengabaikan atau menghindari diskusi sama sekali bisa menumbuhkan kebencian dan memperdalam jurang pemisah di antara pasangan.

3. Pelepasan emosional

Tidak adanya hubungan emosional atau keintiman di antara pasangan merupakan tanda peringatan kelelahan. Merasa jauh secara emosional atau apatis terhadap satu sama lain mungkin menandakan masalah mendasar yang memerlukan perhatian untuk menghidupkan kembali vitalitas hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Menurunnya minat pada waktu berkualitas

Mudah Tersinggung dan Hobi Marah Pada Hal Kecil
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Carly

Mencurahkan waktu berkualitas satu sama lain sangat penting untuk membina ikatan yang kuat. Jika salah satu atau kedua pasangan terus-menerus menunjukkan ketidaktertarikan untuk berpartisipasi dalam aktivitas bersama atau menghabiskan waktu bersama, hal ini bisa menjadi indikasi kelelahan dalam hubungan.

Memprioritaskan aktivitas individu dibandingkan waktu berkualitas bersama bisa menumbuhkan perasaan terabaikan. 

5. Tidak adanya rencana masa depan

Hubungan yang sehat seringkali memerlukan diskusi tentang aspirasi, tujuan dan rencana bersama untuk masa depan. 

Namun, jika kedua pasangan menunjukkan sedikit minat dalam merencanakan atau membayangkan masa depan bersama, hal ini bisa mengindikasikan adanya ketidakpuasan atau kelelahan dalam hubungan tersebut.


6. Kurangnya keintiman fisik

pasangan bertengkar
Ilustrasi pasangan bertengkar/copyright unsplash.com/Charlie Foster

 

Keintiman fisik tidak hanya merupakan aspek penting dalam hubungan cinta, tetapi juga berfungsi sebagai indikator hubungan emosional antar pasangan. 

Penurunan besar dalam kasih sayang fisik, seperti pelukan, ciuman dan momen intim, akan menunjukkan adanya masalah mendasar dalam hubungan.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya