Pakar Kebugaran Sebut Kardio Tak Akan Menurunkan Berat Badan, Ini yang Seharusnya Dilakukan

Sekarang diyakini bahwa latihan beban jauh lebih bermanfaat bagi mereka yang ingin mengecilkan lingkar pinggang.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 03 Agu 2024, 10:04 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 10:04 WIB
Ilustrasi olahraga lari, jogging
Ilustrasi olahraga lari, jogging. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kita, dan olahraga adalah pilihan utama bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kebugaran mereka.

Namun, tidak semua latihan diciptakan sama. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, mereka mungkin berpikir kardio adalah cara yang tepat. Namun, meskipun penting untuk dilakukan, itu bukanlah tiket emas untuk menurunkan berat badan menurut para ahli kebugaran.

Bahkan, sekarang diyakini bahwa latihan beban jauh lebih bermanfaat bagi mereka yang ingin mengecilkan lingkar pinggang.

Pakar kebugaran dan pelatih daring River Hardy mengatakan salah satu mitos terbesar dalam industri kebugaran adalah bahwa kardio lebih baik daripada latihan beban, padahal, pada kenyataannya, mengangkat beban berarti tubuh Anda akan membakar lemak lebih lama.

"Kardio memiliki tempatnya dalam rutinitas latihan, tetapi sejauh ini merupakan yang paling tidak penting," katanya seperti dilansir dari Mirror.

"Kardio adalah alat tambahan yang hebat untuk membakar sejumlah kalori ekstra agar seseorang mengalami defisit yang lebih besar daripada yang mereka alami saat ini hanya dengan nutrisi saja. Namun, bagian terpenting dari rutinitas latihan apa pun adalah angkat beban."

Ia menambahkan bahwa latihan beban harus menjadi "tulang punggung" program Anda dan menyarankan bahwa dasar yang bagus untuk memulai adalah tiga kali latihan angkat beban selama 45 menit diikuti dengan 15 menit kardio pascasesi.

"Berlatihlah dengan beban dan Anda akan tetap membakar kalori seperti yang Anda lakukan dengan kardio, tetapi sebagai manfaatnya Anda akan mengubah bentuk otot dan tubuh Anda. Sesuatu yang tidak akan dilakukan oleh kardio."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Latihan ketahanan dan beban lebih efektif

Ilustrasi fitness di gym.
Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)

Menurut Healthline, latihan ketahanan dan beban "lebih efektif daripada kardio dalam membangun otot ramping, dan massa otot, serta membakar lebih banyak kalori saat istirahat daripada jaringan lain, termasuk lemak."

Senada dengan hal ini, pelatih pribadi Solomon Kennady menjelaskan bahwa Anda "terus membakar kalori setelah latihan" dengan beban, sedangkan seperti latihan kardio lainnya, pembakaran kalori berakhir segera setelah latihan Anda berakhir.

Ia menambahkan: "Hal ini karena otot membutuhkan energi untuk mempertahankan dirinya. Jadi, semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang akan dibakar tubuh Anda saat beristirahat.

"Saya yakin bahwa dengan menggabungkan angkat beban dan kardio dengan beban, Anda akan melihat hasil terbaik. Kardio lebih baik di akhir sesi latihan beban karena begitu Anda memulai kardio, tubuh Anda memanfaatkan energi cadangan karena Anda telah membakar semua energi yang terkumpul dalam latihan beban dan ini berarti Anda akan membakar lemak lebih cepat."

 


Pembakaran kalori saat beristirahat cukup besar

Laki-laki Gym Fitness
Ilustrasi sedang gym dan fitness (Photo by William Choquette on Pexels)

Membangun otot juga dapat "membantu meningkatkan metabolisme saat istirahat" yang merupakan tingkat pembakaran kalori tubuh Anda saat beristirahat.

"Seberapa banyak energi yang Anda keluarkan selama pemulihan setelah sesi latihan beban bergantung pada intensitas sesi Anda," Healthline menambahkan, seraya menambahkan bahwa semakin banyak otot yang Anda bangun, semakin banyak lemak yang akan dibakar tubuh Anda. Namun, peringatannya adalah bahwa hal ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Namun, latihan kardio tetap baik untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan suasana hati Anda.


Dokter Gigi Ungkap Kesalahan Menyikat Gigi yang Sebabkan Gigi Menjadi Kuning

Jangan Lupa Sikat Gigi Sehabis Sahur, Bantu Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa
Ilustrasi sikat gigi setelah sahur. (dok. Diana Polekhina/Unsplash.com)

Jika Anda menyadari masih ada noda membandel pada gigi setelah menyikat gigi, mungkin Anda melakukan salah satu kesalahan umum saat menyikat gigi ini.

Kita semua mendambakan gigi putih bersih, tetapi pergi ke dokter gigi untuk memutihkannya bisa mahal. Untungnya, ada beberapa cara untuk membuat gigi putih berkilau tanpa harus pergi ke dokter gigi, menurut pakar gigi Dr. Shaadi Manouchehri.

Ia menggunakan TikTok dengan nama @dr.shaadi.manouchehri untuk berbagi beberapa kiat terbaiknya untuk menghindari gigi menguning - dan itu hanya dari beberapa kebiasaan sederhana saat ia berbagi cara menghindari cara menyikat gigi yang salah.

"Ada tiga waktu yang tidak boleh Anda lakukan sama sekali. Saya seorang dokter gigi, dan ini satu-satunya saat Anda akan mendapati saya melarang Anda menyikat gigi. Mari kita bahas," katanya.

Pertama, ia menghimbau orang untuk tidak menyikat gigi langsung setelah muntah. Meskipun itu mungkin hal pertama yang ingin Anda lakukan, sang ahli berkata: "Isi lambung sangat asam dan gigi Anda terbuat dari mineral. Jadi, saat isi lambung masuk ke mulut, mulut menjadi sangat asam, dan jika Anda langsung menyikat gigi, Anda akan semakin menggosok asam itu ke gigi."

Jadi, tunggu setidaknya 30 hingga 60 menit sebelum menyikat gigi. Yang dapat Anda lakukan adalah berkumur dengan obat kumur terlebih dahulu dan minum air putih untuk membantu menetralkan asam lebih cepat.

Selengkapnya...

Infografis jenis-jenis olahraga kekinian
Infografis jenis-jenis olahraga kekinian. (Dok: Tim Grafis Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya