Jarang Diketahui, 10 Jenis Sayuran Ini Tinggi Protein dan Baik untuk Tubuhmu

Berikut adalah daftar 10 sayuran berprotein teratas yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, dari peringkat tertinggi hingga terendah.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Agu 2024, 13:12 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 13:11 WIB
Ilustrasi kacang polong
Ilustrasi kacang polong (Sumber: Pixabay/piviso)

Liputan6.com, Jakarta Protein penting untuk banyak bagian tubuh, mulai dari rambut hingga otot, dan sangat penting dalam menjaga struktur tubuh Anda tetap sehat. Anda mungkin tahu bahwa kacang-kacangan, susu, daging, unggas, dan makanan laut merupakan sumber protein, tetapi tahukah Anda bahwa beberapa sayuran juga mengandung banyak protein?

Sementara sayuran lain juga mengandung protein, jumlah makronutrien ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah protein dalam daftar 10 sayuran berprotein tinggi teratas kami. Dengan demikian, semua sayuran merupakan bagian penting dari pola makan sehat apa pun. Sayuran kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Untuk memastikan Anda mendapatkan semua asam amino yang diperlukan, makanlah berbagai makanan kaya protein sepanjang hari selain sayuran berprotein tinggi ini, termasuk biji-bijian utuh, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah daftar 10 sayuran kaya protein yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, dari peringkat tertinggi hingga terendah. Dihimpun dari Eatingwell, ini dia.

1. Kacang Polong

1 cangkir: 8 g protein, menurut USDA

Kacang polong merupakan sayuran yang kaya protein dan sangat serbaguna. Kacang polong juga merupakan sumber serat yang baik, dengan 35% dari rekomendasi harian per cangkir. Tambahkan kacang polong ke pasta, tumis, atau sup favorit Anda malam ini untuk meningkatkan nutrisi dan protein.

2. Bayam

1 cangkir: 6 g protein, menurut USDA

Selain menjadi sayuran dengan protein tertinggi kedua dalam daftar ini, bayam juga memiliki banyak manfaat. Bayam penuh dengan nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, dan vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, melindungi penglihatan, meningkatkan aliran darah yang sehat, dan banyak lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Artichoke

[Fimela] Artichoke
Artichoke | unsplash.com

1 cangkir: 4,8 g protein, menurut USDA

Seperti banyak sayuran lain dalam daftar ini, artichoke kaya akan protein, serat, dan banyak nutrisi lainnya. Artichoke adalah sayuran beraroma dan bersahaja yang layak untuk Anda makan.

4. Jagung Manis

1 cangkir: 4,7 g protein, menurut USDA

Bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan sebagian orang, jagung manis adalah makanan bergizi dengan manfaat kesehatan yang mengesankan. Mirip dengan kacang hijau, jagung manis merupakan sumber serat yang baik—12% dari RDA per cangkir—yang membantu Anda tetap kenyang dan puas, terutama jika dipadukan dengan protein.

5. Alpukat

1 cangkir: 4,6 g protein, menurut USDA

Ada banyak alasan untuk menikmati alpukat, mulai dari mengelola berat badan hingga meningkatkan kesehatan jantung Anda. Selain protein, alpukat merupakan sumber kalium dan serat yang baik. Meskipun banyak yang menyukai roti panggang alpukat klasik, ada banyak cara untuk menikmati sayuran berprotein tinggi ini yang tidak dalam bentuk roti panggang.

 


6. Asparagus

Asparagus
Asparagus. Image by Pezibear from Pixabay

1 cangkir: 4,3 g protein, menurut USDA

Asparagus adalah sayuran berprotein tinggi dan rendah karbohidrat dengan sejumlah manfaat nutrisi. Asparagus merupakan sumber folat dan vitamin A yang baik, yang penting untuk pertumbuhan sel, penglihatan, dan kesehatan kulit.

7. Kubis Brussel

1 cangkir: 4 g protein, menurut USDA

Kubis Brussel memadukan serat dan protein dengan beberapa vitamin dan nutrisi untuk membuat Anda merasa kenyang dan ternutrisi. Belum lagi, kubis Brussel memiliki manfaat kesehatan mulai dari menjaga ketajaman mental hingga melawan kanker dan menurunkan tekanan darah.

Dengan 4 g protein yang terdapat dalam setiap cangkir kubis Brussel mentah, cobalah memanggangnya dengan bawang putih dan Parmesan.

 


8. Jamur

Jamur Merang
Ilustrasi Jamur Merang / Freepik by 8photo

1 cangkir: 4 g protein, menurut USDA

Rasa daging jamur membedakannya dari sayuran lainnya. Tidak hanya lezat dan beraroma, jamur ini juga mengandung lebih banyak protein daripada beberapa sayuran—1 cangkir jamur yang dimasak menyediakan sekitar 4 g protein!

Selain itu, jamur mengandung banyak vitamin B. Jamur yang tumbuh di bawah sinar UV juga mengandung vitamin D, yang merupakan nutrisi yang tidak banyak didapatkan orang.

9. Kangkung

1 cangkir: 3,5 g protein, menurut USDA

Kangkung mendapatkan reputasi sebagai sumber nutrisi yang sangat baik, dan profil nutrisinya yang mengesankan mendukung klaim tersebut. Kangkung penuh dengan antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. Untuk menikmati sayuran yang sangat bergizi ini yang menyediakan hampir 4 g protein per 1 cangkir sajian yang dimasak, tambahkan ke sup dan salad, buat keripik kangkung, atau cobalah resep lainya.

 


10. Kentang

kentang-kezo
ilustrasi manfaat kentan/unsplash

1 cangkir: 3 g protein, menurut USDA

Kentang memiliki reputasi buruk sebagai sayuran tinggi karbohidrat. Padahal, kentang merupakan sumber nutrisi yang baik—1 cangkir kentang yang dimasak mengandung 20% ​​kebutuhan kalium harian dan 25% kebutuhan vitamin C.

Kentang juga merupakan pilihan yang mengenyangkan untuk sayuran bertepung, karena mengandung 3 gram protein per cangkir kentang yang dimasak. Jika Anda ingin menambahnya sedikit, makanlah kentang panggang berukuran sedang beserta kulitnya yang mengandung hampir 4 gram protein, menurut USDA.

Kesimpulan

Kecuali jika fokus Anda sudah pada pola makan nabati, Anda mungkin tidak akan beralih ke sayuran untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Namun, ada beberapa sayuran yang mengandung banyak protein yang pasti akan menambah kebutuhan protein Anda.

Sebaiknya makan berbagai sayuran untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk berbagai asam amino. Cobalah resep baru yang menonjolkan sayuran agar makanan tetap menarik dan beraroma.

Infografis Ragam Program Makan Siang Gratis Anak Sekolah di 8 Negara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Program Makan Siang Gratis Anak Sekolah di 8 Negara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya