5 Manfaat Mangga Muda Bagi Kesehatan, Bantu Mencegah Asam Lambung

Tahukah kamu bahwa mangga muda, yang seringkali diabaikan, juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang tidak kalah penting?

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 19 Agu 2024, 13:12 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2024, 13:12 WIB
5 Manfaat Mangga Muda Bagi Kesehatan, Bantu Mencegah Asam Lambung
5 Manfaat Mangga Muda Bagi Kesehatan, Bantu Mencegah Asam Lambung/https://unsplash.com/Jametlene Reskp

Liputan6.com, Jakarta - Mangga sering dianggap sebagai salah satu buah yang paling lezat dan bergizi. Buah musiman ini memiliki berbagai jenis, masing-masing dengan rasa, aroma, dan manfaat kesehatan yang unik.

Biasanya, kita lebih sering menikmati mangga yang sudah matang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Namun, tahukah kamu bahwa mangga muda, yang seringkali diabaikan, juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang tidak kalah penting?

Mangga muda ternyata sangat kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, serta magnesium dan kalsium dalam jumlah yang signifikan.

Faktanya, mangga muda dapat memenuhi lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium dan kalsium harian kita. Nutrisi ini lebih baik diserap ketika mangga dimakan dalam keadaan mentah, karena proses pemasakan atau pengolahan dapat mengurangi kandungan vitamin dan mineralnya.

Berikut beberapa manfaat mangga muda untuk kesehatan, seperti melansir dari Boldsky, Senin (19/8/2024).

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mangga muda merupakan sumber niacin, atau yang sering disebut sebagai vitamin B3, yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Niacin bekerja dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu, konsumsi niacin yang cukup dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan serangan jantung.

Jadi, dengan menambahkan mangga muda ke dalam pola makan harianmu, kamu dapat mendukung kesehatan jantung secara lebih efektif dan menjaga sistem kardiovaskular tetap dalam kondisi optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mencegah asam lambung

Asam Lambung
Ilustrasi Asam Lambung Credit: pexels.com/Ariana

Mangga muda merupakan buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino, yang semuanya berperan dalam menetralkan asam lambung.

Kombinasi nutrisi ini membantu mengurangi refluks asam dan menurunkan tingkat keasaman dalam sistem pencernaan. Jika kamu mengalami masalah dengan asam lambung, cobalah mengunyah sepotong mangga mentah. Ini bisa menjadi solusi alami untuk meredakan gejala dan menjaga keseimbangan pH di lambung. 


3. Mengobati penyakit kudis

Contoh ilustrasi kulit tangan yang kering karena kondisi medis
Salah satu penyebab kulit tangan tidak lembut adalah karena kondisi medis seperti penyakit eksim yang membuat tangan menjadi kering (Foto: Unsplash.com/Inna Kapturevska Ua)

Penyakit kudis adalah kondisi yang timbul akibat kekurangan vitamin C, dan ditandai dengan gejala seperti pendarahan gusi, ruam kulit, memar, serta kelemahan dan kelelahan.

Untungnya, mangga, terutama yang masih mentah, kaya akan vitamin C dan dapat membantu mengatasi masalah ini. Konsumsi mangga muda dapat memperbaiki kekurangan vitamin C dalam tubuh, membantu mengurangi gejala kudis, dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, mangga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Vitamin C yang terkandung dalam mangga membantu mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi, sehingga mendukung kebersihan mulut secara keseluruhan.


4. Menurunkan berat badan

berat badan
ilustrasi orang yang sudah memiliki berat badan ideal. (Foto: Unsplash/ i yunmai)

Mangga muda adalah pilihan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika kamu kehilangan kalori. Buah ini tidak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi juga mendukung pembakaran kalori yang lebih efisien.

Selain itu, mangga muda memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dan mengandung sedikit gula dibandingkan dengan mangga matang.

Dengan memakan mangga muda, kamu bisa memenuhi kebutuhan energi tanpa khawatir tentang asupan kalori berlebih atau kadar gula yang tinggi. Ini menjadikannya camilan yang ideal untuk menjaga keseimbangan kalori dan mendukung proses metabolisme tubuhmu.


5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ilustrasi badan, tubuh sehat kuat
Ilustrasi badan, tubuh sehat kuat. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Mangga muda merupakan sumber yang kaya akan vitamin C dan vitamin A, serta nutrisi penting lainnya yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C membantu melawan infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh, sementara vitamin A mendukung kesehatan kulit dan membran mukosa yang merupakan barisan pertahanan pertama melawan patogen.

Dengan mengonsumsi mangga dalam keadaan mentah, kamu bisa memaksimalkan manfaat nutrisinya. Proses memasak atau pengolahan dapat mengurangi kandungan vitamin dan zat-zat penting lainnya dalam buah ini.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya