Cara Atasi Minyak Goreng Agar Tidak Cepat Menghitam

Tips agar minyak goreng tidak cepat menghitam saat digunakan, hemat dan efektif ala Rizky.

oleh Agung Budi diperbarui 28 Agu 2024, 11:45 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 11:45 WIB
Ilustrasi Minyak Goreng
Ilustrasi minyak goreng. (dok. Unsplash.com/@suicide_chewbacca)

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri, gorengan selalu menjadi bintang di meja makan. Beragam jenis hidangan goreng, seperti pisang goreng, bakwan, tahu isi, hingga onde-onde dan tahu krispi, selalu menggoda selera. Gorengan bisa dinikmati sebagai lauk maupun camilan, menjadikannya salah satu makanan yang paling digemari. Dengan kemajuan teknologi, kini ada alat seperti air fryer yang diklaim mampu menggoreng tanpa minyak, namun banyak orang masih setia menggunakan minyak goreng tradisional.

Menggoreng menggunakan minyak memang lebih familiar bagi banyak orang, namun ada satu masalah yang sering muncul, yaitu minyak yang cepat menghitam setelah digunakan beberapa kali. Masalah ini biasanya terjadi saat menggoreng dalam jumlah banyak atau ketika memasak bahan seperti ayam atau telur. Rizky, seorang warganet yang aktif berbagi tips memasak, memberikan solusinya. Alasan kenapa minyak cepat hitam, karena kita menggoreng dengan jumlah yang banyak dan yang digoreng makanan seperti ayam atau telur. Minyak harus selalu bening itu nggak ada, tapi bisa diatasi agar nggak cepat hitam, jelasnya.

Berikut adalah trik yang dirangkum pada Rabu (28/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trik Sederhana untuk Minyak Goreng yang Lebih Awet

minyak goreng
ilustrasi minyak goreng/copyright by Shutterstock

Rizky, melalui channel YouTube-nya yang populer, Rizky Sempolan, pada Rabu (21/12), membagikan trik praktis untuk menjaga agar minyak goreng tidak cepat berubah warna. Dalam video tersebut, Rizky menjelaskan bahwa ketika minyak mulai berwarna kecokelatan setelah sekali pakai, ia memiliki solusi sederhana: mencampurnya dengan minyak goreng yang masih baru. Menurut Rizky, metode ini sangat efektif untuk memperpanjang usia pakai minyak dan mencegahnya cepat menghitam, yang juga lebih ekonomis. Dengan mencampurkan minyak baru, kita bisa menggunakan minyak lebih efisien, ungkapnya dengan yakin.


Pentingnya Mengatur Suhu Api Saat Menggoreng

Ilustrasi Kompor Gas
Ilustrasi kompor gas (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Selain mencampurkan berbagai jenis minyak, Rizky juga menekankan pentingnya mengatur suhu api saat menggoreng. Disarankan untuk tidak menggunakan api yang terlalu besar agar makanan tidak mudah gosong dan minyak tidak cepat berubah menjadi hitam, katanya. Ia juga menjelaskan bahwa ia tidak mematikan api kompor hingga semua masakan selesai dimasak, karena menyalakan api berulang kali dapat mempercepat perubahan warna minyak menjadi hitam. Ini sejalan dengan informasi dari ift.org.com yang menyebutkan bahwa semakin sering minyak dipanaskan dan semakin tinggi suhunya, semakin cepat pula minyak berubah warna.


Respon Positif dari Warganet

Berhati-hati dalam Menyebarluaskan Berita
Ilustrasi Menjadi Warganet Cerdas Credit: pexels.com/cottonbro

Trik yang dibagikan oleh Rizky ini ternyata mendapatkan sambutan hangat dari banyak warganet. Sejak diunggah pada bulan Oktober lalu, video ini telah ditonton ribuan kali dan menerima banyak komentar positif yang mengapresiasi tips yang diberikan. Terima kasih banyak, mas. Sangat bermanfaat, tulis Rivi H2 channel, salah satu pengguna YouTube. Pengguna lainnya, Penikmat Tanduran, juga menambahkan, Terima kasih, kawan, sudah berbagi pengalaman tentang cara mengatasi minyak goreng agar tidak cepat menghitam. Trik ini sangat layak dicoba bagi siapa saja yang sering menggoreng dalam jumlah banyak agar minyak tetap awet dan tidak mudah menghitam.


Netizen Juga Bertanya Seputar Minyak Goreng yang Menghitam


Apa penyebab utama minyak goreng menghitam?

Penyebab utama adalah sisa makanan yang terbakar, penggunaan suhu terlalu tinggi, dan pencampuran bahan yang berbeda.


Apakah penggunaan minyak goreng berulang aman?

Penggunaan minyak goreng berulang bisa berisiko jika sudah menghitam karena dapat menghasilkan zat berbahaya.


Bagaimana cara menyimpan minyak goreng yang sudah dipakai?

Simpan dalam wadah tertutup rapat dan jauhkan dari sinar matahari untuk menjaga kualitasnya.


Apa tanda-tanda minyak goreng tidak layak pakai?

Warna yang pekat, bau tengik, dan tekstur yang berubah adalah tanda-tanda minyak goreng tidak layak digunakan.


Apakah minyak goreng yang menghitam bisa digunakan untuk hal lain?

Minyak goreng yang menghitam dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel atau diolah untuk keperluan non-kuliner lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya