Selain Mencegah Penyakit Jantung, Ketahui 5 Keuntungan Lain dari Membaca Berita Positif

Membaca berita positif membantu mengatasi resiko penyakit jantung dan memperluas pandangan serta komunitas.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 08 Sep 2024, 12:26 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 12:26 WIB
Ilustrasi membaca koran, berita
Ilustrasi membaca koran, berita. (Photo by bruce mars on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu adalah seorang yang senang membaca, maka kamu akan memperoleh banyak manfaat baik secara pengetahuan maupun secara fisik. Membaca dapat mempengaruhi suasana hatimu.

Ketika kamu membaca berita atau informasi positif maka suasana hatimu akan terasa menyenangkan. Begitu pun sebaliknya, ketika kamu membaca hal-hal negatif maka suasana hatimu akan terasa sedih, cemas bahkan gelisah.

Selain menyenangkan hati, ada beberapa keuntungan lainnya jika kamu senang membaca berita positif seperti yang dilansir dari Good Good Good News, Jumat (09/02/2024) berikut ini

1. Memiliki Pandangan yang Luas

Jika kamu gemar membaca terutama tentang hal-hal positif, maka kamu akan memiliki pandangan yang luas. Bukan hanya sekadar mengetahui apa yang sedang terjadi sepeti konflik, korupsi dan masalah lainnya. Kamu juga akan memiliki pandangan tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah di hidup ini.

Ketika kamu membaca hal-hal baik, perasaan hati kamu akan merasa senang. Hal baik yang kamu baca menuntut dirimu untuk berpikir realistis dan tetap dapat bertahan hidup. Pada dasarnya otak kita dirancang untuk berpikir negatif, tetapi pengaruh dari membaca hal-hal yang positif membuat dirimu dapat berpikir realistis dan berpandangan luas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Update Informasi

Menilik Pengertian Deskripsi
Ilustrasi Membaca Buku Credit: unsplash.com/Thought

Gemar membaca membuat kamu terus ikut arus informasi yang sedang ramai diperbincangkan. Kamu akan terhubung dengan orang lain yang mendapatkan informasi yang sama tentang peristiwa terkini. Selain itu, dengan pemahaman informasi dan situasi membuat kamu lebih update dan aware dengan apa yang sedang terjadi.

Hal semacam ini menunjukan bahwa kamu tidak hanya menjadi pembaca yang pasif. Namun, kamu dapat terlibat dan menjadi penggerak agar informasi tersebar luas. Kamu dapat menjadi penyebar dari informasi tersebut kepada orang – orang yang belum mengetahui informasi tersebut.


3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi membaca, buku, kumpulan pantun
Ilustrasi membaca, buku, kumpulan pantun. (Photo by Amy Benton Blake on Unsplash)

Mengatasi sakit jantung tidak hanya dilakukan dengn cara olahraga teratur atau melakukan diet saja. Kamu juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan membaca hal-hal positif. Hal ini berpengaruh untuk mengatasi stress. Berdasarkan penelitian Laura Kubzansky, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan mengatakan kesejahteraan psikolog berpegaruh terhadap kesehatan kardiovakular.

Orang – orang yang gemar membaca hal positif biasanya memiliki gaya hidup yang sehat. Mereka akan memperhitungkan aspirasi atau perasaan untuk kesehatannya. Seperti memperhatikan makanan yang bergizi dan melakukan olahraga secara teratur. Sehingga, dengan membaca kamu telah mengurangi resiko terkena sakit jantung.


4. Membangun Komunitas

Komunitas
Ilustrasi komunitas (Photo by John Schnobrich on Unsplash)

Informasi atau berita akan membawa kamu untuk saling terhubung dan beriteraksi dengan orang lain. Ketika kamu membaca hal yang positif akan lebih mudah diterima secara bersama. Informasi atau berita yang dapat dibahas tentang fenomena budaya populer atau tentang kemacetan dan sebagainya.

Hal ini yang mendorong satu sama lain saling terhubung dan dapat memberikan respons atau pandangannya tentang masalah yang sedang dibahas. Bahkan tak menutup kemungkinan ke depannya akan terbentuk komunitas. Sehingga, hubungan dan pembahasan sifanya berlanjut.


5. Mengurangi Stress dan Cemas

Ilustrasi wanita, membaca, buku
Ilustrasi wanita, membaca, buku. (Photo by Isaac Y. Takeu on Unsplash)

Ketika kamu memperoleh infomasi atau berita baik, maka kecil kemungkinan kamu akan mengalami stress dan cemas. Pola pikirmu akan selalu tearah ke hal-hal yang positif. Dengan membaca berita positif saat dihadapkan pada perasaan cemas atau stress, kamu akan tau bagaimana cara mengatasinya dengan baik.

Seperti mencoba untuk berpikir dan tidak langsung bertindak, memahami permasalahan dan mencari solusi. Berbeda dengan ketika kamu membaca hal-hal yang bersifat negatif, suasana hatimu akan terasa sedih dan cemas. Hal ini yang akan membuat dirimu merasa stress.

Infografis Journal
Infografis Journal Apa Kabar Perpustakaan Keliling? Pandai Membaca tapi Literasi Rendah (Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya