Wajib! Ganti Pembalut 4 Jam Sekali

Pembalut yang diedarkan di pasaran telah menjadi kebutuhan pokok untuk kalangan wanita.

oleh Liputan6 diperbarui 22 Nov 2013, 15:06 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2013, 15:06 WIB
131122bpmbalut.jpg
Citizen6, Semarang: Pembalut yang diedarkan di pasaran dan bahkan menjadi kebutuhan pokok untuk kalangan wanita.

Tahukah Anda bahwa setiap 4 jam sekali pembalut harus di ganti? Hampir semua wanita yang pada umunya memakai pembalut jarang untuk mengganti pembalutnya setiap 4 jam sekali. Itu di karenakan mereka tidak menganggap penting arti tentang kesehatan. Karena bagi mereka, mengeluarkan uang lebih dianggap hal yang merepotkan.

Tapi, tahukah akibatnya apabila kita tidak mengganti pembalut 4 jam sekali? Akibat yang pertama, akan menimbulkan penumpukkan bakteri yang akan mengakibatkan infeksi leher rahim dan akibat yang kedua akan menimbulakan gejala kanker serviks. Demikian yang disampaikan oleh dr. Amalia Nuggetsaiana, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/11/2013).

"idealnya mengganti pembalut 4-6 jam sekali. Dan apabila sudah terasa lembab atau basah, maka otomatis harus di ganti pembalutnya," ujarnya.

Selain pentingnya kita mengganti pembalut, kita juga harus memperhatikan pembalut itu sendiri. Apakah pembalut yang kita gunakan termasuk pembalut yang bagus? Mungkin di antara kita tidak begitu mementingkan kualitas pembalut yang kita gunakan.

Berikut tips untuk menguji seberapa baguskah pembalut. Pertama ambil kapas pada pembalut, lalu dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air. Lihat perubahan warnanya. Jika air berubah menjadi keruh, maka pembalut termasuk tidak bagus dan mengandung khlorin/pemutih. Setelah itu lakukan pengecekkan, apakah isi pembalut berupa kertas atau kapas. Karena tidak semua isi pembalut itu isinya kapas, ada juga yang dari kertas daur ulang.

Jadi, bagi Anda para kaum wanita, sering-seringlah mengganti pembalut 4 jam sekali dan perhatikanlah kualitas pembalut yang Anda gunakan. (Citra Hayati Nainggolan/mar)

Citra Hayati Nainggolan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @citraNGLII

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya