Serunya Rafting di Arus Deras Sungai Magelang

Kegiatan apa yang bisa meningkatkan jiwa petualang kita? Rafting di Sungai Elo.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Des 2013, 12:51 WIB
Diterbitkan 21 Des 2013, 12:51 WIB
131221brafting.jpg
Citizen6, Semarang: Kegiatan apa yang bisa meningkatkan jiwa petualang kita? Pada 2014 mendatang akan banyak sekali masyarakat terutama keluarga yang mencari-cari kegiatan yang beda dari sebelumnya untuk menghabiskan waktu libur serta menyambut tahun baru 2014. Terkadang banyak keluarga yang menyempatkan berlibur di kota lain atau mungkin hanya mencari spot indah dan menarik di kota mereka tinggal.

Tetapi ada juga keluarga yang pergi ke sebuah kota untuk mencari keindahan alam yang asri. Salah satunya dengan melakukan kegiatan rafting yang cukup berbahaya, penuh tantangan, dan membutuhkan mental yang lebih untuk menaklukan arus sungai yang deras.

Di magelang banyak sekali tempat-tempat wisata yang menawarkan paket rafting bagi keluarga. Tetapi, paket yang dikhususkan bagi keluarga ini sudah dijamin aman dan ditujukan bagi para pemula rafting. Karena paket ini sudah dilengkapi pemadu handal dan dapat mengatasi segala insiden yang mungkin terjadi. Jalur sungai yang ditujukan bagi pemula pun jauh lebih mudah dan tidak berbahaya.

Bagi mereka yang suka rafting atau arung jeram mengatakan kegiatan ini cukup memberikan pengalaman baru, sedangkan sebagian lagi mengatakan dapat mengobati kejenuhan beraktivitas sehari-hari. Beberapa orang beranggapan bahwa arung jeram merupakan unjuk keberanian diri dalam menghadapi tantangan. Dengan mengarungi sungai kita akan menikmati sudut pandang yang lain dari keindahan alam.

Arung Jeram di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Masyarakat tradisional Kalimantan dengan alamnya yang menantang disertai sungainya yang lebar dan sebagian berjeram telah menjadikan arung jeram bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Transportasi yang tersedia hanya melalui sungai yang notabene berjeram, memaksa masyarakat dayak untuk mengarungi jeram demi jalannya aktivitas mereka.

Untuk di magelang banyak sekali biro jasa pariwisata yang menawarkan berwisata arung jeram contohnya, Elo Rafting Trip adalah paket kegiatan wisata arung jeram di Sungai Elo yang teletak di Borobudur Kabupaten Magelang. Sungai Elo terletak di kawasan Borobudur Magelang berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Sungai ini juga sangat ideal untuk wisata arung jeram, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil, sehingga relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau maupun hujan. Lintasan pengarungan yang dipilih memiliki tingkat kesulitan (grade) maksimum III+ dan cocok digunakan untuk wisata keluarga dan corporate gathering. Lintasan tersebut memiliki panjang sekitar 12,5 km dan ditempuh dalam 2,5 – 3 jam pengarungan.

Tidak dibutuhkan kemampuan berenang dalam trip ini. Tiap peserta diwajibkan untuk mengenakan perlengkapan yang memenuhi standar olah raga arus deras, seperti pelampung dengan daya apung hingga 150 kg, helm, dan dayung. Peserta arung jeram akan didampingi oleh minimal 1 orang river guide atau pemandu tiap boat yang akan bertanggung jawab terhadap keselamatan seluruh peserta pengarungan.

Kemudian ada pula progo adventure yang salah satunya juga menawarkan paket untuk rafting. Tetapi sungai yang digunakan untuk rafting relatif memiliki arus sungai yang kuat serta bebatuan yang cukup menggoncang mental. Karena progo memang lebih ditujukan kepada orang-orang yang sudah pernah mencoba rafting dan ingin menikmati rafting kembali dengan tantangan yang lebih besar. Bagaimana? Apakah Anda sudah memikirkan liburan yang berbeda untuk menyambut 2014? Mungkin rafting bisa menjadi salah satu pilihan keluarga Anda untuk berlibur dan resolusi  2014 Anda jauh lebih mengasikkan dan menantang serta menjadikan pengalaman baru. (mar)

Penulis:
Brahmastra Nandiwardhana
Semarang, brahmastranandiwardhxxx@gmail.com

Baca juga:
Sri Gethuk, Air Terjun (Masih) Alami di Jogja
Pantai Tanjung Setia, Surga Bagi Peselancar
Pesona Rumah di Atas Air


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si enulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya