Deretan Hal yang Terjadi pada Industri Kripto di Indonesia Sepanjang 2022

Peluncuran outlook ini bertujuan untuk memperlihatkan pertumbuhan industri aset kripto di Indonesia.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 20 Des 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 06:00 WIB
Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Web3 Landscape dan Crypto Outlook 2022 resmi dirilis oleh Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I) dan Indonesia Crypto Network (ICN). Menurut laporan tersebut, ekosistem blockchain dan aset kripto dari tahun ke tahun semakin berkembang secara signifikan. 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan maupun proyek berbasis blockchain yang bermunculan di Indonesia. 

Peluncuran outlook ini bertujuan untuk memperlihatkan pertumbuhan industri aset kripto di Indonesia yang terdiri dari informasi mengenai total transaksi, jumlah pertumbuhan investor, hingga total daftar aset kripto yang diperdagangkan di Indonesia. 

Banyak Startup Blockchain Terdaftar

Dari data terakhir yang dihimpun dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, terdapat 569 perusahaan atau startup terdaftar di sistem Online Single Submission (OSS) yang masuk dalam kategori “Aktivitas Pengembangan Teknologi Blockchain” dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Industri (KBLI) 62014.

Jumlah Investor Kripto Bertambah

Adapun total investor aset kripto Indonesia terus berkembang yang saat ini sudah mencapai angka 16,42 juta menurut data dari Bappebti per Oktober 2022 yang jauh lebih besar dibanding total investor di pasar modal yang hanya mencapai 9,98 juta investor.

Chairwoman A-B-I, Asih Karnengsih mengatakan landscape ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara komprehensif tentang ekosistem industri blockchain dan aset kripto di Indonesia. 

“Landscape ini dapat membantu para pemain baru untuk terkoneksi dengan aktor industri yang tepat,” kata Asih dalam siaran pers, Senin (19/12/2022). 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transaksi Kripto Menurun

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Transaksi Kripto Menurun

Dalam laporan Indonesia Web3 Landscape dan Crypto Outlook 2022, Industri Blockchain dan aset kripto telah tumbuh secara eksponensial Indonesia selama 6 tahun. 

Total transaksi aset kripto turun signifikan menjadi Rp 279,8 triliun pada Januari hingga Oktober 2022 dibandingkan dengan Rp 717,99 Triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Total transaksi mengalami penurunan 61,03 persen. Sepanjang 2022, ada 25 bursa kripto dengan 383 aset kripto terdaftar di bappebti.

Bank Sentral Jajaki CBDC

Aset kripto juga menjadi alasan Bank Indonesia (BI), selaku bank sentral, menjajaki desain tingkat tinggi dan penerbitan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) yang disebut “Proyek Garuda”. 

Dengan Presidensi G20 Indonesia, tujuan bangsa telah mengarah pada realisasi yang membutuhkan dukungan dan masukan dari industri sebagai cara untuk mengembangkan CBDC inisiatif dan desain menjadi titik ideal.

 


Regulasi Kripto di Indonesia

Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Regulasi Kripto di Indonesia

Sepanjang 2022 ada beberapa aturan terkait kripto yang diterbitkan pemerintah Indonesia. Pertama, aturan terkait pajak untuk aset kripto. 

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.03/2022 tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas Transaksi Perdagangan Aset Kripto. Total penerimaan pajak aset kripto hingga Oktober 2022 sudah mencapai Rp 191,11 juta.

Bappebti merilis daftar Aset Kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia melalui Peraturan Bappebti Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto telah mengubah daftar 299 sebelumnya menjadi 383.

Bappebti juga menerbitkan peraturan baru (Perba) tentang Perdagangan Aset Kripto Bappebti/Bappebti baru-baru ini menerbitkan peraturan baru yaitu Peraturan Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Perdagangan Pasar Aset Kripto Fisik di Futures

Kemudian, DPR mengesahkan RUU baru tentang Penguatan dan Pengembangan DPR Sektor Keuangan (PPSK) yang dimulai pada tahun 2020 dan akan memasukkan aset kripto sebagai bagian dari Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) dengan pengaturan dan pengawasan di bawah OJK. 


Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay
Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya