Binance Bakal Tukar 750 Juta Pasangan Token demi Amankan Likuiditas

Langkah tersebut dilakukan di tengah pengawasan peraturan baru di bursa kripto oleh SEC.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 16 Jun 2023, 15:14 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 18:50 WIB
Binance Bakal Tukar 750 Juta Pasangan Token demi Amankan Likuiditas
Salah satu pertukaran kripto terbesar di dunia, Binace mengatakan dalam sebuah pengumuman di Twitter akan menukar 750 juta pasangan token tether (USDT) dan tron (TRX) (Photo: Kanchanara/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pertukaran kripto terbesar di dunia, Binace mengatakan dalam sebuah pengumuman di Twitter pada Senin, 12 Juni 2023, akan menukar 750 juta pasangan token tether (USDT) dan tron (TRX) dengan tether (USDT) dan ether (ETH) dalam upaya untuk menjaga likuiditas stablecoin.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (15/6/2023), langkah tersebut dilakukan di tengah pengawasan peraturan baru di bursa cryptocurrency terbesar di dunia dan akan membantu meredam beberapa dampak dari pukulan baru-baru ini, termasuk Binance yang digugat oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Tether adalah stablecoin terbesar yang bertujuan untuk mempertahankan pasak 1 banding 1 dengan dolar AS. Tron adalah cryptocurrency terbesar kesembilan dengan nilai pasar USD 6,3 miliar atau setara Rp 93,9 triliun (asumsi kurs Rp 14.916 per dolar AS). Sedangkan Ether adalah yang terbesar setelah bitcoin, dengan kapitalisasi pasar USD 210 miliar atau setara Rp 3.132 triliun.

Minggu lalu, SEC menggugat Binance, CEO dan pendirinya Changpeng Zhao, dan operasi Binance US dalam 13 tuduhan Binance telah terlibat dalam jaring penipuan, volume perdagangan yang digelembungkan secara artifisial dan mengalihkan dana pelanggan.

Binance dan Zhao juga dituduh diam-diam mengendalikan entitas AS sambil secara terbuka mengklaim itu independen. Akibat tuntutan ini, SEC juga meminta Binance untuk membekukan aset selama tuntutan berjalan.

 


SEC dan Binance Hanya Punya Waktu hingga 15 Juni Rembukan soal Pembekuan Aset

Dok: Binance
Dok: Binance

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, Binance hampir selesai berkompromi atas permintaan darurat oleh regulator untuk membekukan aset entitas AS Binance.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (14/6/2023), seorang hakim federal memberi para pihak waktu hingga Kamis, 15 Juni 2023 untuk menyusun rincian akhir. Hakim telah menunjuk hakim magistrate untuk bertindak sebagai mediator dalam negosiasi. 

SEC pada Selasa mengusulkan agar aset yang dipegang oleh afiliasi Binance AS, BAM Trading Services, yang menjalankan Binance US, dan Manajemen BAM dibekukan sementara di tengah gugatan hukum dari SEC dimainkan di pengadilan. Dengan begitu, mereka akan berada di luar kendali pendiri Binance, Changpeng Zhao.

SEC mengklaim dalam gugatan yang diajukan minggu lalu Binance dan Zhao secara ilegal menggabungkan aset pelanggan, menyesatkan pelanggan tentang kemampuan perusahaan untuk mendeteksi manipulasi pasar, mengizinkan pelanggan AS untuk berdagang di bursa kripto asing, dan gagal mendaftar sebagai pialang, clearing house, bursa, atau penjual sekuritas.

Beberapa hari setelah pengaduannya, SEC meminta perintah darurat untuk membekukan aset perusahaan, mengatakan itu perlu untuk melindungi dana milik pelanggan AS dan di bawah kendali entitas.

Binance berargumen dalam dokumen pengadilan terpisah pembekuan aset akan secara efektif menutup bisnisnya di AS dan menimbulkan "dampak yang jauh" pada publik dan pelaku pasar kripto.

Dalam permintaannya untuk perintah darurat, SEC mengatakan ingin memastikan keamanan aset pelanggan AS dan mencegah hilangnya aset tersebut jika ada keputusan yang menentangnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Babak Baru Sengketa Binance vs SEC yang Rugi Tetap Pelanggan

Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya, Binance US mendesak Hakim Federal Amerika Serikat (AS) untuk menolak permintaan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk membekukan aset hingga miliaran dolar AS di bursa cryptocurrency selama pertarungan hukum dengan regulator. Binance US menyebut langkah pembekuan aset ini akan melumpuhkan bisnis dan merugikan pelanggan.

"Operasi akan segera terhenti tanpa kemampuan untuk membayar karyawan, vendor, pemasok, dan profesional atau mempertahankan platform perdagangan,” kata pengacara Binance US, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (13/6/2023).

Pengacara Binance menambahkan, dengan pembekuan semua aset, mitra perbankan kemungkinan besar akan berhenti memenuhi permintaan untuk mentransfer dana untuk tujuan apa pun, termasuk layanan penukaran pelanggan.

SEC akan membekukan aset setelah menggugat Binance US, Binance Holdings Ltd. dan pendirinya Changpeng Zhao minggu lalu, dengan tuduhan pengabaian terang-terangan terhadap undang-undang sekuritas AS dan perilaku pelanggaran selama bertahun-tahun yang membahayakan dana pelanggan.

Pengacara pembela berpendapat dalam pengajuan pengadilan mereka aset pelanggan AS aman. Menurut gugatan yang disampaikan pada 5 Juni2023, pelanggaran tersebut termasuk kesalahan penanganan dana nasabah dan menyesatkan investor dan regulator. 

SEC mengajukan permohonan tindakan darurat untuk perintah penahanan sementara untuk membekukan aset Binance US dalam upaya melindungi dana pelanggan, termasuk melalui repatriasi investasi klien yang disimpan di luar negeri. Binance telah membantah tuduhan tersebut.

Sejak gugatan tersebut, salah satu mitra perbankan bursa telah memberi tahu Binance US mereka tidak akan lagi memegang asetnya mulai 14 Juni, menurut pengajuan tersebut. Mitra yang sama membekukan semua aktivitas di akun perusahaan sampai setelah pengadilan memutuskan mosi SEC.

 


SEC Ajukan Mosi Membekukan Aset Binance

Dok: Binance
Dok: Binance

Sebelumnya, sehari setelah SEC mengajukan 13 tuntutan terhadap Binance dan CEO Changpeng Zhao, serta BAM Trading dan Manajemen BAM, SEC meminta perintah penahanan sementara untuk membekukan aset bagi semua pihak yang terlibat.

Perintah tersebut diperlukan untuk mempertahankan status quo, memastikan keamanan dan ketersediaan aset yang dimiliki dan mencegah hilangnya atau pengalihan aset tersebut dari yurisdiksi pengadilan dalam kasus tersebut, yang diajukan ke Distrik AS.

Permintaan berlaku untuk BAM Trading dan Bam Management, program staking as a service, dan platform Binance US. Masing-masing pihak memiliki waktu antara lima dan 10 hari untuk memindahkan aset kripto yang terlibat dalam perintah penahanan ke BAM. 

Dalam 30 hari ke depan, para tergugat harus mentransfer semua aset kripto pelanggan ke dompet baru dengan kunci privat baru, termasuk kunci administratif baru. 

Kunci, bersama dengan aset kripto dan aset staking, akan berada dalam kendali penuh karyawan BAM Trading yang berbasis di AS dan tidak akan diberikan dengan Binance atau entitas Binance mana pun.

Berdasarkan kasus per kasus, BAM Trading dapat mentransfer hak asuh aset kripto pelanggan ke kustodian pihak ketiga seperti BitGo atau Aegis, menurut pengajuan.

Awal pekan ini, SEC menggugat Binance dan pihak terkait pelanggaran sekuritas, termasuk perincian tentang beberapa token kripto yang dianggap sebagai sekuritas, dan bagaimana tim Binance bekerja untuk menghindari undang-undang sekuritas AS dan pengawasan peraturan.

 


Tidak Daftar

Founder & CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance
Founder & CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance

Binance dan BAM Trading berada di bawah kepemimpinan dan kendali Zhao dan beroperasi tanpa mendaftar ke SEC. 

“Zhao dan Binance menciptakan BAM Management dan BAM Trading di Amerika Serikat dan mengklaim secara terbuka bahwa entitas ini secara independen mengendalikan pengoperasian platform Binance.US,” kata gugatan SEC, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (7/6/2023).

Namun, di balik layar, menurut gugatan tersebut, Zhao dan Binance diduga terlibat secara intim dalam mengarahkan operasi bisnis entitas perdagangan dan menyediakan layanan terkait kripto ke platform Binance US, yang mengklaimnya sebagai pertukaran independen.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya