Akumulasi Bitcoin Meningkat di Tengah Pasokan Sentuh Titik Terendah

Laporan tersebut menunjukkan pasokan Bitcoin yang tidak likuid dan pemegang jangka panjang sedang meningkat,

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Nov 2023, 19:59 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2023, 19:59 WIB
Akumulasi Bitcoin Meningkat di Tengah Pasokan Sentuh Titik Terendah
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan bitcoin yang tersedia di dunia telah mencapai titik terendah dalam sejarah, menunjukkan pola akumulasi, menurut data terbaru dari Glassnode. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (9/11/2023), laporan tersebut menunjukkan pasokan Bitcoin yang tidak likuid dan pemegang jangka panjang sedang meningkat, mengakibatkan pengetatan pasokan dan peningkatan sentimen bullish.

Menurut data Glassnode, entitas induk jangka panjang yang lebih kecil secara aktif membeli pasokan BTC yang tersedia, yang mencakup 92 persen dari Bitcoin yang baru diproduksi. 

Pola akumulasi terlihat di seluruh kelompok investor, dengan kepemilikan jangka panjang yang mengungguli pemegang jangka pendek. Pembatasan pasokan ini membantu Bitcoin mempertahankan harganya di atas USD 34.000 atau setara Rp 531 juta (asumsi kurs Rp 15.619 per dolar AS), memberikan dukungan kuat di atas USD 30.000 atau setara Rp 468,5 juta.

Meningkatnya kepercayaan terhadap Bitcoin tidak terbatas pada entitas yang lebih kecil. Hampir semua investor telah meningkatkan kepemilikan Bitcoin mereka tahun ini. Pola ini menunjukkan sikap pasar yang optimistis dan menunjukkan prospek bullish jangka panjang.

Indikator positif lainnya adalah akumulasi Bitcoin tidak likuid yang jumlahnya terbatas. Arus masuk bulanan ke dalam pasokan Bitcoin yang tidak likuid terus berlanjut, dengan keuntungan bersih sebesar 71,000 BTC per bulan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Microstrategy Kembali Serok 5.912 Bitcoin pada Kuartal III 2023

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Microstrategy (Nasdaq: MSTR) dalam pengumuman pers yang dirilis pada Rabu, 2 November 2023 mengatakan telah mengakuisisi sekitar 158.400 bitcoin hingga saat ini sebagai bagian dari strategi investasi kripto.

Perusahaan menambahkan 5.912 bitcoin pada kuartal tiga 2023, sehingga total kepemilikannya untuk kuartal tersebut menjadi 158.245 bitcoin yang diperoleh dengan harga pembelian agregat USD 4,68 miliar atau setara Rp 74,1 triliun asumsi kurs Rp 15.852 per dolar AS).

Microstrategy membeli Bitcoin biaya rata-rata USD 29.582 atau setara Rp 468,9 juta per bitcoin. Perusahaan kemudian akan menambahkan 155 koin lagi ke tumpukannya, setelah kuartal tiga.

Meskipun kerugian penurunan nilai kumulatif hingga saat ini, Microstrategy mengatakan pihaknya tetap berkomitmen pada tesis investasi bitcoinnya.

Kepala keuangan Microstrategy, Andrew Kang mengatakan semakin meningkatkan total kepemilikan bitcoin menjadi 158.400 bitcoin, menambahkan 6.067 bitcoin sejak akhir kuartal kedua.

“Komitmen kami untuk memperoleh dan mempertahankan bitcoin tetap kuat, terutama dengan latar belakang potensi peningkatan adopsi institusional yang menjanjikan,” kata Kang, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (3/11/2023).

Hasil keuangan Microstrategy untuk kuartal ketiga telah diumumkan di tengah kegembiraan dan antisipasi besar seputar potensi otorisasi dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF). 

Banyak lembaga keuangan, termasuk Blackrock, Fidelity, Valkyrie, dan Vaneck, telah mengajukan permohonan mereka ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), dengan sabar menunggu persetujuan dari badan pengawas.


SEC Tangani 10 Pengajuan Produk ETF Bitcoin

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler mengungkapkan SEC tengah menangani 8 hingga 10 pengajuan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan mendapat izin.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

Hingga saat ini, SEC hanya menyetujui ETF yang terkait dengan kontrak berjangka bitcoin. Mata uang kripto terbesar di dunia ini terakhir turun 1,6 persen pada USD 33.958 atau setara Rp 540,8 juta (asumsi kurs Rp 15.927 per dolar AS), setelah naik hampir 14 persen sepanjang minggu ini.

“Mereka berpotensi datang ke komisi yang beranggotakan lima orang. Saya tidak akan berprasangka buruk terhadap mereka, tetapi saya tidak punya kepastian waktu. Mereka semua memiliki tanggal pengajuan yang berbeda-beda,” kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (27/10/2023). 

Aplikasi ARK Invest milik Cathie Wood berada di garis depan. Periode komentar SEC selama 240 hari untuk permohonan tersebut berakhir pada 10 Januari 2024; regulator harus menolak atau menyetujuinya pada tanggal tersebut.

BlackRock, Bitwise, WisdomTree, Fidelity, dan Invesco adalah beberapa perusahaan lain dengan permohonan dana bitcoin yang tertunda di AS.

Antisipasi terhadap ETF Bitcoin telah meningkat setelah SEC memilih untuk tidak mengajukan banding atas keputusan pengadilan bahwa menolak permohonan dari Grayscale Investments untuk mengubah kepercayaan bitcoin yang ada menjadi ETF bitcoin spot adalah tindakan yang salah.

 

 


Harga Bitcoin Melambung, Dana Arus Masuk ke BTC Sentuh Rp 907,8 Miliar

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya, dana kripto global yang diperdagangkan secara publik mengalami peningkatan signifikan dalam modal segar lebih dari USD 61 juta atau setara Rp 971,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.927 per dolar AS), sebanding dengan lebih dari 10 persen setoran bersih tahun ini ke dalam dana tersebut.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (27/10/2023), mayoritas aset, sekitar USD 57 juta atau setara Rp 907,8 miliar, disalurkan untuk investasi Bitcoin (BTC), didorong oleh meningkatnya permintaan investor terhadap ETF spot Bitcoin di Amerika Serikat.

Ini terjadi ketika Bitcoin melonjak melewati USD 35.000 atau setara Rp 557,4 juta untuk pertama kalinya sejak Mei tahun lalu. Kegembiraan seputar potensi persetujuan ETF kemungkinan besar memicu lonjakan tersebut, dengan ticker Bitcoin iShares BlackRock dilaporkan terdaftar di Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC).

Sumber terbesar arus masuk ini adalah Jerman dan Kanada, dengan ETC Group Jerman menerima USD 24,3 juta atau setara Rp 387 miliar dan Purpose Investments Kanada menerima USD 10,9 juta atau setara Rp 173,6 miliar.

Selain itu, 21Shares AG mengambil sekitar USD 11,8 juta atau setara Rp 187,9 miliar. Sementara itu, Pengadilan Banding Amerika Serikat telah mengarahkan SEC untuk mempertimbangkan kembali penerapan ETF Bitcoin Grayscale, sehingga meningkatkan persaingan di antara perusahaan-perusahaan terkemuka yang berharap untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya