Disabilitas Tak Menghalangi Pemuda India untuk Berlatih Hoki

Seorang penyandang disabilitas di India yang berkeinginan kuat untuk bermain hoki. Meskipun memiliki keterbatasan, namun hal ini bukan dijadikan halangan bagi Neeraj Kumar untuk melakukan olahraga hoki.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Mar 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Permainan Hoki/ Unsplash
Ilustrasi Permainan Hoki (Photo by gerhard crous on Unsplash).

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penyandang disabilitas di India berkeinginan kuat bermain hoki. Meskipun memiliki keterbatasan, namun disabilitas bukan pengahalang bagi Neeraj Kumar untuk bergabung dengan Akademi Hoki Surjit.

Seperti dikutip The Tribune, Neeraj dilantik langsung oleh Sekretaris Jendral Masyarakat Hoki Surjit, Iqbal Singh Sandhu, menjadi anggota Akademi Hoki Surjit.

Siswa kelas enam sekolah dasar negeri di Kabir Nagar ini, telah kehilangan fungsi salah satu tangannya sejak masa kanak-kanak. Keadaan ekonomi yang minim, bukan penghalang bagi bocah lelaki itu untuk melakukan keinginannya bermain hoki.

Ketua Pelatih Olimpiade Akademi Hoki Surjit, Rajinder Singh dan Direktur Akademi Surinder, Singh Bhapa, menyambut Neeraj Kumar dengan baik. Mereka memberikan perlengkapan olahraga, termasuk hoki baru, baju olahraga, dan peralatan lainnya untuk mendukung latihan Neeraj.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini


Berawal dari Kesenangannya Menonton Permainan Hoki

Neeraj sudah beberapa kali terus menonton permainan hoki di Akademi Hoki Surjit. Hal ini disadari oleh Iqbal Singh Sandhu.

“Anak laki-laki itu terus mengawasi pemain yang sedang berlatih dan mendatangi saya. Dia mengatakan padaku alasan datang kesini untuk memijat lengan saya. Ketika melihatnya bermain, saya merasa ia ingin bergabung dengan pemain hoki lainnya,” ujar Sandhu.

Shandu juga mengungkapkan, bahwa Neeraj tampak bersemangat. Neeraj juga dapat menjadi sumber inspirasi pemain hoki lainnya ketika sesi latihan diwaktu mendatang. Selain bertujuan mencetak pemain hoki yang hebat, tetapi juga turut membantu menyediakan kesetaraan bagi mereka yang kurang mampu.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti


Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya