5 Hal yang Kerap Terlupakan saat Memilih Lokasi Pernikahan

Memilih venue atau lokasi pernikahan adalah salah satu hal terpenting dalam proses persiapan pernikahan Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Jul 2017, 06:00 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2017, 06:00 WIB
Pernikahan Nikah Menikah
ilustrasi Foto Pernikahan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Memilih venue atau lokasi pernikahan merupakan salah satu hal terpenting dalam proses persiapan pernikahan Anda. Apakah Anda menginginkan lokasi di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor)? Seberapa besar area yang dibutuhkan? Apakah Anda memerlukan lokasi dengan tema tertentu?

Sebelum membayar uang muka, pastikan Anda mengetahui 5 hal berikut yang sering terlupakan calon pengantin saat memilih lokasi pernikahan:

1. Jumlah tamu
Sebelum menentukan pilihan venue pernikahan, pastikan Anda sudah memiliki setidaknya kisaran jumlah tamu yang akan diundang, tentu jumlah yang pasti akan lebih baik. Jangan memilih tempat yang ternyata tidak bisa menampung kapasitas sejumlah tamu Anda atau tempat yang terlalu luas untuk sebuah pesta kecil yang akan dihadiri 100 orang tamu saja.

2. Dekorasi dan interior venue pernikahan
Mungkin Anda sudah memiliki tema dan konsep impian untuk pesta pernikahan Anda, bahkan sudah mendiskusikannya dengan dekorator pernikahan. Tapi jangan sampai tema yang Anda pilih bertabrakan dengan dekorasi dan interior di dalam venue pilihan. Misalnya Anda menginginkan palet warna emas sedangkan interior venue pernikahan Anda dipenuhi warna perak. Selalu utamakan kondisi lokasi Anda sebelum memutuskan sebuah tema dan konsep dekorasi, karena Anda tentu dapat mengganti palet warna pilihan Anda, namun Anda tidak dapat mengganti warna karpet atau lampu gantung yang sudah ada di venue pernikahan Anda.

3. Suasana venue pernikahan
Jangan memaksakan atmosfer yang telah terbangun dalam venue pernikahan Anda. Misalnya, Anda tentu akan kesulitan dalam mewujudkan sebuah pesta pernikahan bertema piknik yang santai dan kasual jika memilih lokasi di sebuah ballroom hotel yang mewah dan glamor. Sama halnya jika Anda ingin memasukkan unsur elegan dan glamor di sebuah restoran atau kafe bergaya simpel modern. Jika dipaksakan, hal ini akan membuat keseluruhan acara menjadi tidak senada dan terlalu kontras.

4. Transportasi
Jika Anda mengadakan pemberkatan atau akad nikah di tempat yang berbeda dengan lokasi resepsi pernikahan, perhatikan jarak kedua tempat tersebut dan siapkan rencana transportasi yang matang untuk Anda dan para tamu. Perhatikan pula kondisi jalanan dan perhitungkan kemacetan di antara rute tersebut.

5. Cuaca
Lokasi outdoor memang menawarkan pemandangan indah untuk latar acara pernikahan Anda, namun jika Anda mengadakan pesta di musim hujan jangan lupa untuk menyiapkan tempat cadangan kalau-kalau terjadi hujan atau angin yang besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya