Selain Mike Pence, Lalat Saat Debat Juga Hinggapi Hillary Clinton hingga Obama

Selain Mike Pence, berikut sejumlah anggota eksekutif AS yang pernah berurusan dengan momen terkait lalat saat disorot televisi atau publik.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 09 Okt 2020, 17:36 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2020, 16:01 WIB
Lalat saat debat. (Twitter)
Lalat saat debat. (Twitter)

Liputan6.com, Washington DC - Debat wakil presiden pada Pemilu 2020 akan selamanya dikenang akibat kemunculan lalat, saat warga Amerika menyaksikan serangga itu mendarat di atas kepala Wakil Presiden Mike Pence dan hinggap selama sekitar dua menit.

Pence tampaknya tidak menyadari fakta serangga itu sedang bersantai di kepalanya, sementara pemirsa justru sebaliknya. Sepenuhnya terganggu momen konyol yang sejak saat itu melahirkan meme, lelucon yang tak ada habisnya.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (9/10/2020), selama sekitar 122 detik pada Rabu 7 Oktober malam, debat wakil presiden bak dibajak oleh lalat. Mencuri perhatian!

Apa yang tampak seperti lalat biasa muncul di dalam Kingsbury Hall Universitas Utah, dan seperti seorang musafir yang lelah, beristirahat selama lebih dari dua menit di atas rambut putih Wakil Presiden Mike Pence yang dibelah rapi.

Lalat di kepala Calon Wakil Presiden AS Mike Pence saat debat 7 Oktober 2020. (AFP)

Selain Mike Pence, berikut sejumlah anggota eksekutif AS yang pernah berurusan dengan momen terkait lalat saat disorot televisi atau publik, Liputan6.com rangkum dari beragam sumber:

1. Barack Obama

Barack Obama punya kebiasaan unik sebelum tidur. (AP Photo/Themba Hadebe/Henry)

Seperti dikutip dari News Week, momen lalat Mike Pence akhirnya mengingatkan warga internet tentang bagaimana mantan Presiden Barack Obama pernah juga berurusan dengan serangag serupa saat tampil disorot televisi — dan ini sama sekali berbeda dari reaksi Pence.

Seorang pengguna Twitter mengatakan: "Menduduki Gedung Putih membutuhkan kesadaran situasional. Obama vs lalat. Jangan pernah lupa ..."

Dalam video yang beredar, Obama terlihat menepuk lalat yang berterbangan di sekitarnya. Bahkan menujukkan bukti serangga itu yang terjatuh di lantai kemudian.

Presiden AS saat itu menunjukkan beberapa koordinasi tangan-mata yang mengesankan ketika perhatiannya terganggu oleh lalat yang berdengung di sekitar kepalanya. Dia kemudian menyaksikan lalat itu dalam diam saat mendarat di atas tangannya sebelum menepuknya dan dengan cepat membunuhnya dengan tangan satunya.

Setelah membunuh lalat itu, dia menyatakan: "Itu sangat mengesankan, bukan? Saya mendapatkan serangganya."

Momen wawancara Obama kala itu dengan John Harwood dari CNBC pada tahun 2009. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Ini:


2. Hillary Clinton Juga Pernah

[Bintang] Hillary Clinton dan Bill Clinton
Hillary Clinton dan Bill Clinton saat pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 (AFP/Bintang.com)

Empat tahun sebelum lalat hitam mencuri perhatian di debat wakil presiden dengan mendarat di kepala berambut putih Mike Pence pada Rabu 7 Oktober malam waktu setempat, Hillary Clinton juga pernah bersinggungan dengan satu orang di panggung debat.

Dalam debat presiden kedua pada pemilu 2016, serangga serupa mendarat di dahi Hillary Clinton, tepat di tengah matanya.

Seperti dikutip dari New York Post, ia terlihat tidak terpengaruh oleh makhluk itu. Hillary Clinton tidak memukul atau memukul si lalat dan terus berbicara ke mikrofon saat berjalan di atas panggung.

Pence mengambil satu halaman dari buku Clinton Rabu malam, bertindak sangat normal seperti lalat duduk di atas kepalanya selama sekitar dua menit saat dia berdebat dengan Senator Kamala Harris dalam debat wakil presiden di Utah.


3. Mike Bloomberg

Cara Mengusir Lalat di Rumah
Cara Mengusir Lalat di Rumah (sumber: iStock)

Awal tahun 2020 ini, lalat lain mencuri pertunjukan pidato mantan Walikota Mike Bloomberg di Konvensi Nasional Partai Demokrat, berdengung sebelum mendarat di wajahnya selama pidatonya.

“Saya akan memilih lalat di wajah Mike Bloomberg,” tulis salah satu pengguna Twitter pada saat itu.


4. Donald Trump

20160927 Begini Gaya Debat Capres Hillary Clinton dan Donald Trump
Ekspresi Capres dari Partai Republik Donald Trump saat mendengarkan debat Capres dari Partai Demokrat, Hillary Clinton pada debat pertama pemilu Amerika Serikat di Hofstra University, Hempstead, New York, Senin (26/09). (AP Photo/David Goldman)

Presiden Trump juga memiliki momen viral di jalur kampanye pada tahun 2016 yang terkait lalat.

Kala itu, seekor lalat mendarat di atas rambut khas Donald Trump selama salah satu rapat umum kepresidenannya. Serangga itu berdiam di kepala calon presiden AS tersebut untuk beberapa saat sebelum terbang.

Trump sepertinya tidak menyadari keberadaannya di sana.

 


COVID-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya