Presiden Haiti Jovenel Moise Dimakamkan 20 Juli 2021, Sudah 26 Orang Ditangkap

Haiti menyelenggarakan upacara pemakaman resmi untuk Presiden Jovenel Moise yang tewas dibunuh pada 7 Juli lalu.

oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com diperbarui 21 Jul 2021, 15:41 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2021, 15:32 WIB
Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh di kediamannya pada Rabu (7/7/2021) (AP)
Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh di kediamannya pada Rabu (7/7/2021) (AP)

Liputan6.com, Port-au-prince - Warga Haiti pada Selasa (20/7) menyelenggarakan upacara pemakaman resmi bagi Presiden Jovenel Moise yang tewas dibunuh beberapa waktu lalu.

Haiti kini juga sedang bersiap mengangkat pemimpin sementara yang baru dan menangkap sedikitnya tiga polisi yang terlibat dalam kasus pembunuhan itu, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (21/7/2021).

Dalam upacara pemakaman itu, terlihat kerumunan pejabat dari berbagai negara dan pejabat-pejabat Haiti yang duduk muram di bawah naungan bunga bugenvil merah muda dan putih untuk mengenang Moise - di halaman Nation Pantheon Museum di ibu kota Haiti, Port-au-Prince.

Sebuah potret berukuran besar mendiang Presiden Moise juga terlihat di tempat upacara pemakaman, yang tergantung di belakang Perdana Menteri Sementara Claude Joseph ketika ia berbicara kepada rakyat.

"Pembunuhan Presiden Jovenel Moise dengan cara pengecut dan kejam merupakan drama nasional yang nyata. Kita berkewajiban menilainya seperti itu," ujar Joseph.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PM Sementara Claude Joseph Serukan Warga Haiti Tetap Bersatu Pasca-Pembunuhan Presiden

Keseharian Warga Haiti Usai Pembunuhan Presiden Jovenel Moise
Seorang pria membeli bahan bakar dari sepeda motornya di sebuah jalan di Port-au-Prince, empat hari setelah pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise, Minggu (11/7/2021). Sebelumnya, Moise tewas dibunuh dalam serangan di kediaman pribadinya, pada Rabu 7 Juli 2021 dini hari. (AP Photo / Fernando Llano)

Joseph menuduh para oligarki dan penjahat telah membunuh karakter presiden, sebelum kemudian membunuh presiden itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta semua orang untuk menggunakan momentum ini sebagai cara untuk menemukan tujuan bersama, serta solusi yang layak dan tahan lama.

Pada 7 Juli lalu, Presiden Haiti Jovenel Moise tewas akibat serangan tembakan yang terjadi di kediamannya. Istri Moise, menderita luka serius akibat insiden itu.

Sedikitnya 26 orang terkait insiden tersebut telah ditahan, tetapi masih belum diketahui secara jelas pelaku sebenarnya yang berada di balik serangan itu.

Dalam perkembangan lainnya, Perdana Menteri Ariel Henry pada Selasa (21/7) dilantik untuk menggantikan Joseph, yang dengan dukungan polisi dan militer mengambilalih kepemimpinan di Haiti pasca pembunuhan Moise.

Kepala Kepolisian Haiti Leon Charles mengumumkan empat orang lagi berhasil ditangkap, termasuk tiga polisi, yang pangkatnya belum diumumkan. 


Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya