Coba 5 Bahan Ini untuk Atasi Kulit Tangan Kering Agar Kembali Lembab

Berikut beberapa bahan ini patut dicoba untuk mengatasi kulit tangan yang kering.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Agu 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Kulit Tangan Kering | Istockphoto/ipopba
Ilustrasi Kulit Tangan Kering | Istockphoto/ipopba

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas seperti mencuci pakaian, piring, mengepel lantai dan lainnya terkadang membuat tangan menjadi kasar dan kering. Apalagi saat pandemi COVID-19, mencuci tangan adalah sebuah keharusan untuk mencegah penularan virus.

Pemakaian sabun yang berlebihan juga bisa mengiritasi kulit. Untuk itu perlu adanya pelembab agar tangan tetap lembut dan mengurangi iritasi yang berlebih.

Dilansir dari Bright Side pada Sabtu (14/8/2021), beberapa cara agar tangan terasa lebih lembab dan halus setelah tangan mengalami iritasi kulit, antara lain:

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Minyak Biji Bunga Matahari

Makanlah Kuaci dan Dapatkan 7 Manfaat Ini
Kuaci dari biji bunga matahari

Rendam tangan Anda dalam gandum dengan minyak biji bunga matahari.

Minyak biji bunga matahari telah terbukti melembabkan dan meremajakan kulit kering dan lecet. Di sisi lain, oat memiliki kemampuan yang sangat mirip dan kombinasi keduanya dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Anda cukup mencampurkan oat matang atau mentah dengan beberapa tetes minyak biji bunga matahari dan mengoleskannya pada kulit. Jangan asal mencoba sembarang minyak. Misalnya Anda mengganti minyak zaitun yang justru membuat tangan menjadi kering.


2. Krim Khusus Kulit Pecah-Pecah

Krim Tangan
Buat sendiri krim tangan di rumah

Oleskan sedikit krim khusus untuk kulit yang pecah-pecah.

Mungkin terdengar berbahaya, tetapi menurut ahli kulit memakai krim khusus lebih efektif menghilangkan luka dan kulit yang pecah-pecah. Yang terpenting adalah tidak terlalu sering mengaplikasikannya. Anda cukup mengoleskan sedikit saja.


3. Madu Murni

Menggunakan Masker Madufi
Ilustrasi Madu Credit: unsplash.com/Alexander

Madu manuka memiliki banyak sifat antibakteri dan antioksidan serta dipercaya dapat mengobati luka bakar. Selain dikonsumsi dengan cara tradisional, kita juga bisa mengoleskannya pada kulit yang kering dan pecah-pecah untuk meregenerasi kulit. Sebelum mencoba, bersihkan dahulu area yang kering.


4. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly
Ternyata petroleum jelly tak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit saja, cek manfaat untuk kecantikan lainnya di sini

Oleskan petroleum jelly secukupnya pada tangan yang kering di malam hari dan pakailah sepasang sarung tangan katun. Hal ini untuk memastikan petroleum jelly tidak terserap oleh selimut Anda.


5. Masker Alpukat

Masker Alpukat
Ilustrasi alpukat (Sumber: pixabay)

Alpukat memiliki kemampuan melembapkan yang hebat dan mengandung banyak vitamin. Mencampurkan setengah alpukat matang dengan satu sendok teh minyak kelapa, satu sendok teh minyak jojoba dan setengah sendok teh jus lemon mampu mengatasi tangan yang kering.

Untuk memaksimalkan, Anda bisa menambahkan beberapa oat ke dalam masker alpukat.

Lalu oleskan masker di tangan Anda selama 10-15 menit dan tutup dengan kertas foil agar lebih cepat menyerap. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan oleskan losion pada tangan.

Itu dia cara mengatasi kulit yang kering, Anda bisa mencobanya jika tidak terdapat alergi pada bahan tersebut.

 

Reporter: Bunga Ruth

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya