Ada Varian Omicron, AS Akan Donasi Vaksin COVID-19 Terbaru?

Perusahaan vaksin di AS sedang membuat vaksin COVID-19 untuk melawan varian Omicron.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 30 Nov 2021, 12:02 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2021, 12:02 WIB
Inggris Terapkan Lagi Aturan Wajib Bermasker
Orang-orang berdiri memegang tas belanja di Regent Street di London, Senin (29/11/2021). Di Inggris, kewajiban mengenakan masker akan berlaku lagi di toko-toko dan transportasi umum mulai Selasa menyusul temuan Covid-19 varian Omicron. (AP Photo/Matt Dunham)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan vaksin di Amerika Serikat, Pfizer, sedang membuat vaksin COVID-19 terbaru untuk melawan varian Omicron. Ini artinya ada potensi vaksinasi kembali. 

Amerika Serikat (AS) telah menyumbang banyak vaksin COVID-19 ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tetapi, diplomat top AS belum bisa memastikan donasi vaksin terbaru untuk melawan varian Omicron. AS kini masih memonitor situasi. 

"Saya pikir kita melihat apa yang Presiden Biden telah katakan, apa yang Wapres Harris katakan, apa yang Dr. Fauci katakan, bahwa kita harus memonitor situasi ini dengan hati-hati," ujar Daniel Kritenbrink, US Assistant Secretary Bureau of East Asian and Pacific Affairs di Kedutaan Besar AS Jakarta, Selasa (30/11/2021). 

Ia juga berkata bahwa para pemimpin dunia dan kesehatan sedang melakukan hal serupa dan berkomunikasi dengan satu sama lain terkait varian baru COVID-19 ini.

Mantan dubes Vietnam itu juga menjelaskan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui dampak dari varian Omicron. 

"Sederhananya, masih terlalu dini untuk mengetahui tepatnya betapa signifikannya varian ini dan tantangan-tantangannya," ujar Kritenbrink.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.-

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertemu Menkes Budi

Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)
Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19. (Foto: jabarprov.go.id)

Sebelumnya, Kritenbrink juga sudah sempat menemui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia turut menyentuh isu varian ini. 

Akan tetapi, fokus pembicaraan mereka adalah presidensi G20 Indonesia, serta masalah-masalah kesehatan yang akan disorot pada acara tersebut. 

Kritenbrink mengaku terkesan dengan kebijakan dari Menkes Budi. Ia pun berjanji bahwa akan ada vaksin-vaksin susulan dari AS yang masuk ke Indonesia, meski ia tak spesifik menyebut apakah vaksin itu jenis terbaru untuk melawan Omicron.

"Apa yang saya percayai adalah AS-Indonesia akan terus bermitra secara erat untuk melawan COVID-19," tegasnya.


Infografis COVID-19:

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya