Imlek 2023: Cek Kepribadian dan Orang Terkenal di Tahun Kelinci Air

Sebentar lagi tahun Harimau Air akan berakhir dan digantikan shio Kelinci.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 06 Jan 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 10:30 WIB
Berwisata Gratis di Taman Kelinci Bambu Apus
Warga saat berkunjung ke Taman Kelinci Bambu Apus, Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak), Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (30/6/2022). Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta membuka kembali Taman Kelinci Bampu Apus usai ditutup selama 2 tahun akibat pandemi covid-19. (Liputan6.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun harimau air akan segera berakhir pada Januari 2023. Dalam mitologi China, harimau merupakan salah satu hewan pertama yang diangkat menjadi shio oleh Kaisar Langit.

Berkat kekuatan dan kecepatannya, harimau meraih posisi kedua dalam perlombaan yang digelar Kaisar Langit, dan berhasil menjadi zodiak.

Sosok harimau yang kuat bagai menandakan kebangkitan dunia pada tahun 2022. Sejumlah negara mulai pulih dari COVID-19, pariwisata kembali ramai, dan ekonomi secara bertahap kembali berjalan normal.

Pada Imlek 2023, kalender China akan masuk ke tahun kelinci air. Transisi itu tentu menarik karena kelinci merupakan hewan yang lucu ketimbang China yang tangguh. 

Meski kelinci adalah hewan yang lembut, aktor laga Jet Li dan miliarder Jeff Bezos juga lahir di tahun kelinci air.

Berdasarkan situs China Highlights, Jumat (6/1/2023), tahun ini diprediksi menjadi tahun harapan. Kelinci merupakan simbol dari perdamaian, panjang umur, dan kemakmuran. 

Karakter kelinci adalah halus, tenang, elegan, baik, sabar, tetapi juga sangat bertanggung jawab. Kelinci merupakan tipe yang suka memiliki angan-angan sendiri, tetapi orangnya setia. 

Para laki-laki Kelinci selalu sopan dan halus sehingga selalu dipandang tulus. Meski ada kesulitan, kelinci tidak gampang menyerah. Tak heran jika kelinci berhasil hewan ketiga yang diangkat menjadi zodiak oleh Kaisar Langit.

Sementara, para perempuan kelinci dikenal memiliki kecantikan luar-dalam. Mereka disebut memiliki hati yang murni. 

Tiap hewan elemen zodiak memiliki karakteristiknya masing-masing. Kelinci air disebut halus, bersahabat, dan siap beradaptasi. Kekurangannya, prinsip mereka bisa agak lemah.

Berikut daftar orang terkenal dengan shio kelinci air

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosok Kelinci Air

Johnny Depp 14 Juli 2020 di Pengadilan Tinggi Inggris. (AP Photo/Matt Dunham, file)
Johnny Depp lahir di tahun kelinci air. (AP Photo/Matt Dunham, file)

Terakhir kali ada tahun kelinci air adalah 25 Januari 1963 hingga 12 February 1964. Berikut tokoh-tokoh dunia dengan shio kelinci air.

- Jose Mourinho (pelatih klub sepak bola Roma)

- Vanessa Williams (Miss America pertama)

- Jet Li (aktor kelahiran Tiongkok)

- James LaBrie (vokalis Dream Theater)

- Viktor Orban (Perdana Menteri Hungaria)

- Jason Isaacs (aktor Inggris)

- Johnny Depp (aktor Amerika Serikat)

- Helen Hunt (aktris Amerika Serikat)

- Liu Cixin (penulis The Three-Body Problem, China)

- Yann Martel (penulis The Life of Pi, Kanada)

- George Michael (penyanyi Inggris)

- Farukh Ruzimatov (penari balet Rusia)

- Anne-Sophie Mutter (pemain violin Jerman)

- Rupert Graves (aktor Inggris)

- Brigitte Nielsen (aktris Denmark)

- Giant Silva (atlet basket Brazil)

- Donnie Yen (aktor Hong Kong)

- Lisa Kudrow (aktris Amerika Serikat)

- Whitney Houstin (penyanyi Amerika Serikat)

- Mohammed VI (Raja Maroko)

- Maria Ressa (jurnalis Filipina, pemenang Nobel Perdamaian)

- Iriana (Ibu Negara RI)

- Brad Pitt (aktor Amerika Serikat)

- Michelle Obama (Ibu Negara AS)

- Jeff Bezos (pendiri Amazon)


Emas Edisi Kelinci

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi meluncurkan emas batangan seri spesial Imlek 2023
PT Aneka Tambang Tbk (Antam) resmi meluncurkan emas batangan seri spesial Imlek 2023 (dok: Arief)

PT Aneka Tambang Tbk atau Antam resmi merilis emas batangan edisi khusus Imlek 2023 bertema Year of The Rabbit. Ada 2 kategori emas, yakni emas batangan 8 gram dan emas gift series seberat 0,5 gram dan 1 gram.

Antam sendiri hanya akan memproduksi total sebanyak 7.000 keping emas edisi khusus ini. Rinciannya, emas 8 gram akan diproduksi sebanyak 2.000 keping, dan emas 0,5 gram dan 1 gram diproduksi masing-masing 2.500 keping.

Senior Manager Sales and Marketing PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia, Yudi Hermansyah menerangkan kalau harga jualnya akan mengikuti dinamika harga emas Antam setiap harinya.

"Harganya akan mengikuti harga resmi di website www.logammulia.com, artinya akan berubah setiap hari," kata dia dalam momen peluncuran emas Antam Imlek 2023, di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Mengacu pada harga jual di laman resmi UBPP Logam Mulia, emas Antam Imlek 2023 seberat 8 gram dibanderol Rp 8.968.000 per keping nya. Sementara, mengacu pada harga emas Antam per 5 Januari 2023, harga jual emas Antam 0,5 gram dibanderol 565.500, dan emas 1 gram dibanderol Rp 1.031.000.

Informasi, Sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Dan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Repubik Indonesia No. 30/PMK.03/2014 tentang PPN atas Penyerahan Emas Perhiasan menerangkan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 20 persen dari harga emas perhiasan (DPP Nilai lain) dan sesuai pada Undang Undang No. 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan tarif PPN sebesar 11 persen, sehingga tarif efektif PPN emas perhiasan sebesar 2,2 persen.


Rekomendasi Twibbon

Kilau Cahaya Festival Lentera Jelang Tahun kelinci di Korea Selatan
Seorang pengunjung mengambil foto lentera raksasa saat perayaan Tahun Kelinci 2023 mendatang di Lapangan Gwanghwamun, Seoul, Korea Selatan, Senin (19/12/2022). Festival Lentera ini akan berlangsung dari 19-31 Desember 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Berikut ini Tekno Liputan6.com berikan rekomendasi Twibbon Tahun Baru Imlek 2023. Kamu bisa mengaksesnya dengan menyalin link atau tautan di bawah ini ke browser-mu.

 -https://www.twibbonize.com/twibbontahunbaruimlek2023

https://www.twibbonize.com/twibonimlek2023

https://www.twibbonize.com/gongxifacai2023

https://www.twibbonize.com/twbtahunbaruimlek2023

https://www.twibbonize.com/uvershimapl

https://www.twibbonize.com/chineseenewyear2023

https://www.twibbonize.com/chinesenewwyear2023

 

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya